Jakarta Direndam Banjir Lagi, Sekda DKI: `Dinikmati saja`

Penulis Isfatu Fadhilatul | Ditayangkan 29 Feb 2020

Jakarta Direndam Banjir Lagi, Sekda DKI: `Dinikmati saja`

Banjir Jakarta - Image from katadata.co.id

Berpikirlah sebelum berbicara.

Jangan sampai apa yang keluar dari mulut Anda menjadi bumerang untuk diri Anda sendiri.

Jika sedang terburu-buru atau dalam keadaan yang tidak memungkinkan, lebih baik diam daripada asal ceplos.Sudah terhitung 4 kali banjir melanda Ibu Kota DKI Jakarta dalam kurun waktu 2 bulan terakhir ini. Kasus terbaru, banjir setinggi hampir 1 meter terjadi pada Selasa (24/2) kemarin. Masih disuruh menikmati?

Sontak, warga pun berbondong-bondong memprotes Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan atas kejadian ini, mulai dari tagar di media sosial, spanduk, hingga aksi unjuk rasa di depan Balai Kota. 

Menanggapi hal tersebut, Sekretaris Daerah (Sekda) DKI, Saefullah, angkat bicara. Ia malah meminta agar warga menikmati saja bencana banjir yang melanda kawasannya itu, karena menurutnya banjir hanyalah soal manajemen air.

Tidak diketahui apa yang mendasari Saefullah memberikan statement menggelikan sekaligus mengundang banyak amarah netizen tersebut.

Sebelumnya, Saefullah meminta seluruh pihak untuk memberikan kesempatan Anies berusaha dua tahun lagi. Karena menurutnya, memang tidak ada satupun gubernur Jakarta yang tak luput dari permasalahan banjir.

"Kerja baru dua tahun. Kemarin, ah, sudah lah. Kasih terus kesempatan sampai masanya dua tahun ini. Kemarin juga disampaikan oleh Bang Yos (Sutiyoso) juga, tidak ada satupun gubernur yang luput di masanya dari banjir. Artinya setiap tahun musim banjir, pasti banjir," kata Saefullah di Balai Kota, Jakarta, Rabu (26/2).

"Jadi dinikmati saja. Itu kan soal manajemen air. Tubuh kita dua per tiga persen air. Sering keluar air. Kan banyak. Bisa dari kepala, bisa dari mana. Air mata saja harus pake manajemen. Tergantung situasi," imbuhnya.

Yang jelas, lanjut Saefullah, Anies beserta jajarannya terus berusaha mengatasi banjir hingga mencari solusi untuk mengantisipasi bencana yang kerap menjadi langganan Ibukota tersebut.

Saefullah pun juga menyebut Anies tidak sendiri. Banyak gubernur yang sedang melewati masa sulit dalam hal mengatasi banjir.

"Itu pasti (antisipasi). Pulau Jawa ini kan mulai dari Banten dengan Tangerangnya, Jakarta, Bogor, Jawa barat di berbagai kotanya, Jawa tengah di berbagai kotanya, Jawa timur di berbagai kotanya juga banjir. Ada banjir," kata Saefullah. 

Baca Juga: Benarkah Ibu Hamil yang Tewas Ditabrak Emak-emak Belajar Nyetir, Mati Syahid?

Statement kontroversial Saefullah mengundang pro kontra netizen

Statement Saefullah yang malah meminta agar banjir dinikmati saja, sontak mengundang banyak komentar dari warga +62, sebutan untuk netizen Indonesia.

Netizen dengan kreativitasnya masing-masing, merespon pernyataan kontroversial tersebut.

"Heran kenapa pejabat² pada suka memberi pernyataan yg bodoh. Pdhl gue yakin dia gk sebodoh itu" tulis salah seorang netizen dengan username Twitter @SafetyMatch.

Jakarta Direndam Banjir Lagi, Sekda DKI: `Dinikmati saja`

Reaksi netizen terkait perkataan sekda - Image from twitter.com

Ada pula yang menanggapinya dengan sudut matematis,

Simak komentar-komentar netizen yang mengocok perut lainnya.

Baca Juga: Ternyata ini Fakta Sebenarnya dari Video Guru Lempar Sendal ke Siswa yang Viral

Jadikan hal ini sebagai pelajaran ya, siapapun Anda, jangan pernah berkata sembarangan! 

Artikel Terkait
viral minggu ini

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa
share fb