12 Persiapan Sebelum Mengadakan Acara Ulang Tahun Anak

17 Jan 2020  Isfatu Fadhilatul

12 Persiapan Sebelum Mengadakan Acara Ulang Tahun Anak

Ulang tahun anak - Image from uprint.id

Persiapan Sebelum Mengadakan Acara Ulang Tahun Anak - Apa saja yang harus dipersiapkan untuk acara ulang tahun anak? Berikut penjelasannya.
Mungkin bagi anak-anak, acara ulang tahun hanya sekedar menerima kado, tiup lilin, memotong kue, dan dicium Ayah Bunda. Namun bagi orangtua, ulang tahun anak merupakan momen yang sangat penting. Nah, berikut ini hal-hal yang harus disiapkan sebelum mengadakan acara ulang tahun anak.

Baca Juga :
1. 7 Doa Ulang Tahun Anak dalam Islam yang Baik Meminta Rezeki dan Kesehatan
2. Ucapan Selamat Ulang Tahun dan Selamat Wisuda Islami
3. Mengapa Barakallah Fii Umrik Harus Diucapkan Sebagai Ucapan Ultah Islami?

Ide Ulang Tahun Anak Anak

Sebagai orangtua kita pasti berpikir "Duh, ulang tahun anakku sebentar lagi, ngadain acara apa ya?"
Nah Bunda, alih-alih merayakan ulang tahun anak di mcd atau pun restoran lain, Bunda bisa mengadakannya di rumah. Memang sih, mengadakan acara ulang tahun anak di kfc dan restoran cepat saji lainnya merupakan tren akhir-akhir ini, tapi suasana rumah yang homie bisa bikin anak makin nyaman lho Bun..
Berikut ini poin-poin yang harus Bunda dan Ayah siapkan ketika ingin mengadakan ulang tahun anak sederhana di rumah.
1. Berapa jumlah tamu yang diundang ? Buat daftar undangan

12 Persiapan Sebelum Mengadakan Acara Ulang Tahun Anak

Ilustrasi list undangan - Image from www.hipwee.com

Siapa saja yang akan diundang ke acara ulang tahun anak? Buatlah daftar dan jumlahnya secara komplit. Misalnya begini, saudara di wilayah X ada 5 keluarga yang diundang, masing-masing terdiri dari 3 orang, maka di daftar Bunda harus menulis 15 orang. Tujuannya agar Bunda bisa menghitung total tamu dan bisa membuat rencana anggaran yang sesuai.
2. Merencanakan anggaran atau biaya

12 Persiapan Sebelum Mengadakan Acara Ulang Tahun Anak

Merencanakan anggaran atau biaya - Image from www.pengadaanbarang.co.id

Tulislah semua kebutuhan dan perkiraan budget secara rinci, sehingga Bunda dapat menghitung total kebutuhannya. Jika lebih dari yang ditargetkan, maka kurangi bagian yang dapat di skip atau dihemat.
Pada tahap inilah yang menentukan apakah acara ulang tahun anak jadi dirayakan atau tidak. Karena sering kita temui dalam kebanyakan kasus, orangtua terpaksa menyederhanakan acara ataupun mengurangi undangan agar bisa masuk ke target anggaran.
Contohnya begini, pada acara ulang tahun anak 1 tahun, Bunda berencana mendatangkan badut dengan biaya Rp. 500 ribu. Nah, jika Bunda telah menghitung jumlah tamu undangan, dan ternyata budget tidak mencukupi, maka Bunda bisa men-skip penyewaan badut. Hal ini karena acara ultah anak 1 tahun tidak terlalu membutuhkan hiburan seperti badut.
3. Memilih waktu yang tepat

12 Persiapan Sebelum Mengadakan Acara Ulang Tahun Anak

Memilih waktu yang tepat - Image from www.rumahtanahdepok.id

Acara perayaan belum tentu pas dengan hari ulang tahun anak. Misalnya begini, jika ultah si Kecil jatuh pada hari Jum'at, maka Bunda bisa saja melakukan acara ulang tahun di hari Minggu. Tujuannya adalah, agar lebih banyak kerabat yang bisa hadir. Jangan lupa, tentukan pula jamnya. Waktu terbaik adalah sore hari sekitar pukul 3 hingga 5 sore.
4. Menentukan tema

12 Persiapan Sebelum Mengadakan Acara Ulang Tahun Anak

Tema ultah - Image from id.pinterest.com

Ayo Bunda, gali kreativitas dalam merencanakan tema! Cara yang paling sederhana adalah tema warna, misalnya seperti ini, jika ulang tahun anak perempuan, maka Bunda bisa menentukan tema warna pink atau biru muda.
Nah, jika ingin lebih menarik lagi, Bunda bisa mengkombinasikan dengan tema yang lebih dalam, misalnya tema mermaid dengan warna biru, tema bunga-bunga dengan warna pink, ataupun tema tokoh kartun spongebob dengan warna kuning. Seru banget kan Bun?

5. Pesan atau pilih kue ulang tahun

12 Persiapan Sebelum Mengadakan Acara Ulang Tahun Anak

Birthday cake - Image from www.tokopedia.com

Pesanlah kue atau jika Bunda ingin menghemat budget, Bunda bisa membuatnya sendiri, tapi ingat ya Bun, kue ultah harus sesuai dengan tema acara.
Pertimbangkan pula jumlah tamu yang diundang, sehingga ukuran kue tidak kurang atau berlebihan. Bunda bisa memilih kue tart atau cupcake susun yang sedang tren.
6. Menentukan konsumsi

12 Persiapan Sebelum Mengadakan Acara Ulang Tahun Anak

Konsumsi - Image from buchefoods.com

Tentukanlah apakah Bunda akan memasak sendiri atau membeli makanan dari luar untuk konsumsi para tamu? Prasmanan atau makanan dalam box? Sebaiknya sih, Bunda  masak sendiri, karena setidaknya bisa melebihkan sekitar 10% hingga 30% agar tidak kekurangan makanan.
7. Merancang jadwal dan susunan acara 

12 Persiapan Sebelum Mengadakan Acara Ulang Tahun Anak

Merancang jadwal dan susunan acara - Image from kinibisa.com

Bunda harus merancang bagaimana bentuk acaranya, dan siapa yang akan memandu acara? Sebisa mungkin, acara juga berkaitan dengan tema ya Bun. Kalau Bunda punya saudara yang jago memandu acara, sepertinya tidak perlu lagi menyewa MC dari luar, kalau ada yang gratis, mengapa harus bayar?
Nah, hal yang tak kalah penting adalah apa saja permainannya? Hal ini bertujuan agar dapat melibatkan interaksi setiap tamu. Sebisa mungkin, nama permainan dibuat sesuai dengan tema, meskipun isi permainan pada prinsipnya sama dengan permainan yang biasa dilakukan oleh anak-anak.
Misalnya begini, tema ulang tahun anak2 adalah laut, Bunda bisa menciptakan permainan bernama tangkap putri duyung. Cara memainkannya yaitu dengan memberikan anak-anak kertas bertuliskan putri duyung dan bukan putri duyung. Nah, tugas mereka adalah menebak siapa yang jadi putri duyung.
Kemudian, lagu apa saja yang akan dinyanyikan, dan bagaimana susunan acaranya? Tulislah dengan rinci, lengkap dengan waktunya dari menit ke menit. Daftar yang sudah fix itu kemudian di-print out beberapa kali, karena akan menjadi panduan untuk MC dan panitia pada hari H.
8. Menyiapkan dekorasi

12 Persiapan Sebelum Mengadakan Acara Ulang Tahun Anak

Dekorasi ultah anak - Image from temonggo.com

Bunda ingin mendekorasi rumah seperti apa ketika pesta ulang tahun anak? Trik yang paling mudah yaitu menggunakan balon-balon. Meskipun idenya sederhana, balon dapat diatur sedemikian rupa hingga menciptakan desain yang menarik. Jangan lupa ya Bun, aturlah warna balon agar sesuai dengan tema.
9. Menyiapkan pakaian untuk keluarga 

12 Persiapan Sebelum Mengadakan Acara Ulang Tahun Anak

Pakaian untuk keluarga - Image from www.idothemovie.com

Pakaian yang dikenakan pada saat pesta tidak harus baru. Yang penting adalah si Kecil tampil menarik. Sebaiknya pikirkan juga pakaian untuk Ayah, Ibu, dan saudara kandung si Kecil supaya terlihat cocok saat difoto bersama. Cara yang paling mudah adalah semua anggota keluarga menggunakan pakaian dengan warna yang sama.
10. Siapkan Goodie Bag / Souvenir

12 Persiapan Sebelum Mengadakan Acara Ulang Tahun Anak

Goodie Bag untuk ultah anak - Image from cupcakesjakarta.com

Anak-anak pasti akan sangat senang membawa pulang souvenir atau goodie bag ketika selesai dari acara ulang tahun. Bunda harus merencanakan apa saja isinya, ingin membuat sendiri atau pesan dari orang lain? Nah, contoh yang paling sederhana adalah goodie bag berisi snack dan kue tart mini dengan desain kartun.
11. Menyiapkan dan membagi undangan

12 Persiapan Sebelum Mengadakan Acara Ulang Tahun Anak

Undangan ultah anak - Image from www.kimo-giftshop.com

Sekarang Bunda tidak perlu lagi repot-repot menyiapkan undangan, karena sudah banyak undangan yang dapat dibeli bebas. Mulai dari undangan dengan ukuran besar hingga undangan ukuran mini.
12. Membentuk panitia

12 Persiapan Sebelum Mengadakan Acara Ulang Tahun Anak

Panitia ultah anak - Image from review.bukalapak.com

Inilah saat yang tepat untuk melatih kerja sama dan rasa tanggung jawab seluruh anggota keluarga. Untuk anak yang lebih besar atau si Sulung, Bunda bisa memberikannya tugas untuk membagikan goodie bag, atau bertugas menyambut tamu, dll.
Bunda juga harus menunjuk anggota keluarga yang bertugas sebagai time keeper untuk mengingatkan agar semua sesi bisa berjalan sesuai jadwal yang ditentukan. Jadi, jika MC terlalu asyik dengan satu sesi dan melewati batas waktu yang sudah ditentukan, time keeper bertugas untuk mengingatkannya. Tentunya kita tidak mau kan, tamu bosan dan pulang terlambat hanya karena acara yang terlalu panjang?
Persiapan Sebelum Mengadakan Acara Ulang Tahun Anak nah, itulah tips-tips sebelum mengadakan acara ulang tahun anak, semoga acaranya meriah ya Bun...

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa