Ucapan Selamat Ulang Tahun dan Selamat Wisuda Islami

 05 Nov 2019  Isfatu Fadhilatul

Ucapan Selamat Ulang Tahun dan Selamat Wisuda Islami

Ucapan selamat - Image from lifestyle.okezone.com

Berikut kumpulan contoh ucapan selamat kepada teman atau sahabat dalam berbagai acara, misalnya seperti wisuda dan ulang tahun.

Ketika ada teman atau saudara yang sedang berbahagia, misalnya ketika ulang tahun atau wisuda, kita pasti ikut merayakannya dengan cara mengucap selamat. Namun akan lebih baik lagi jika ucapan selamat tersebut menggunakan bahasa Arab, karena di dalamnya terdapat doa-doa yang dikhususkan untuk orang yang sedang berbahagia tersebut.

Lalu bagaimana ucapan selamat ulang tahun dan wisuda dalam bahasa Arab itu? Berikut dalam artikel kali ini kita akan membahas tentang ucapan selamat ulang tahun islami.

Ucapan Selamat Ulang Tahun Islami

Biasanya ucapan selamat ulang tahun dalam bahasa Arab diucapkan dengan kata 'selamat milad'. Milad sendiri adalah kata dari bahasa Arab yang mempunyai arti lahir. Jadi selamat milad dapat diartikan sebagai ucapan selamat hari kelahiran.

Selain milad, ucapan selamat ulang tahun islami lainnya adalah 'barakallah fii umrik" yang mempunyai arti 'semoga Allah memberikan berkah atas umurmu'. Baca selengkapnya disini : Mengapa Barakallah Fii Umrik Harus Diucapkan Sebagai Ucapan Ultah Islami?

Dan berikut beberapa contoh ucapan selamat ulang tahun untuk teman dan sahabat dalam bahasa Arab.

Sebelum mengucap ucapan selamat, lebih baik kita mendoakan terlebih dahulu dengan doa ulang tahun memohon keselamatan dan kesejahteraan. Karena ketika sahabat atau teman kita berulang tahun, dibanding mengucap 'happy birthday', akan lebih bijak jika kita mendoakannya. Berikut lafadz doa ulang tahun memohon keselamatan dan kesejahteraan.

اَللهُمَّ اِنَّا نَسْأَلُكَ سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ

ALLOHUMMA INNAA NAS-ALUKA, SALAAMATAN FID DIINI, WA ‘AAFIYATAN FIL JASADI, WA ZIYAADATAN FIL ‘ILMI, WA BAROKATAN FIR RIZQI, WA TAUBATAN QOBLAL MAUTI, WA ROHMATAN ‘INDAL MAUT,I WA MAGHFIROTAN BA’DAL MAUTI.

Artinya : “Ya Allah, kami memohon kepadaMu, keselamatan dalam agama, dan kesejahteraan/kesegaran pada tubuh dan penambahan ilmu, dan keberkahan rizki, serta taubat sebelum mati dan rahmat di waktu mati, dan ampunan sesudah mati.”

Kemudian selesai mendoakan, kita mengucap ucapan selamat ulang tahun islami, contohnya seperti :

1. “Selamat milad ya sahabatku, semoga tetap menjadi pribadi yang baik dan selalu bertakwa kepada Allah Ta'ala, amiin…”

2. “Barakallah fii umrik ya akhi (saudara laki-laki), semoga kamu selalu diberkahi kesehatan, diberi umur yang panjang, dan diberi perlindungan oleh Allah Ta'ala dimanapun kamu berada, amiin..”

3. “Selamat ulang tahun ya teman, semoga Allah senantiasa memberimu umur yang barakah, dan selalu memberimu kebahagiaaan baik di dunia maupun di akhirat, amiin..”

4. "Milad mubarak ya saudaraku, semoga kamu berbahagia selalu dan bertambah ketakwaan kepada Allah SWT, semoga Allah selalu menjaga kamu, amiin."

5. "Barakallah Fii Umrik, sobatku. Tetaplah kuat untuk melanjutkan dakwah di jalan Allah yang lurus."

6. "Barakallah Fii Umrik, teman. Semoga kamu semakin Istiqomah di setiap melakukan hal yang baik, semoga Allah senantiasa bersamamu, amiin."

7. "Milad mubarak. Barakallah Fii Umrik ya saudaraku . Semoga sehat selalu, sukses, dan bertambah berkah, amiin."

Baca Juga :
1. Kumpulan Ucapan Ulang Tahun Untuk Ayah
2. Ucapan Selamat Ulang Tahun Untuk Ibu

Ucapan Selamat Wisuda

Wisuda merupakan suatu proses pelantikan kelulusan mahasiswa yang telah menempuh masa belajar di suatu universitas. Ketika ada saudara atau teman kita yang wisuda, sudah sepatutnya kita mendoakan dan memberi ucapan selamat wisuda kepada mereka.

Baca Juga : 7 Keutamaan Menuntut Ilmu Dalam Islam

Sebelum mengucapkan selamat, lebih baik kita mendoakan orang tersebut dengan doa wisuda berikut :

للَّهُمَّ انْفَعْناَ بِـمَا عَلَّمْتَناَ وَعَلِّمْنَا مَا يَنْفَعُنَا، وَزِدْنَا عِلْمًا

Allahummanfa’naa bimaa ‘allamtanaa wa alimnaa maa yanfa’unaa wa zidnaa ilmaa.

Artinya : “Ya Allah, berikanlah kemanfaaatan atas semua hal yang telah Engkau ajarkan kepada kami. Dan ajarkanlah kami semua hal yang memberi manfaat kepada kami, dan tambahlah kami ilmu.”

Kemudian dilanjutkan dengan ucapan selamat wisuda islami berikut :

1. “Selamat wisuda kawan, barakallah. Aku turut berbahagia atas keberhasilan dan pencapaianmu sampai pada titik ini. Semoga kelak ilmu yang telah kamu dapatkan bisa berguna bagi siapa saja, amiin ya rabbal 'alamin.”

2. “Barakallah, selamat ya teman telah menjalani wisuda hari ini. Semoga ilmu yang kamu dapatkan selama ini dapat menjadi berkah dan juga manfaat bagi orang lain, amiin.”

3. “Selamat berbahagia di hari wisudamu teman, tetaplah semangat karena wisuda bukan akhir dari perjuanganmu, namun adalah titik awal bagi kamu untuk meraih kesuksesan kelak, barakallah.”

4. “Barakallah, selamat wisuda ya sahabatku, semoga menjadi awal yang baik untuk perjalanan karir dan kesuksesanmu kelak. Tetap semangat untuk meraih impian ya..”

5. “Barakallah, semoga sukses selalu kawan. Dengan wisuda ini, aku berharap agar kamu tetap rendah hati dengan gelar yang kamu dapatkan. Selamat berjuang untuk meraih apa yang sudah kamu cita-citakan.”

Baca Juga : Doa Menuntut Ilmu Agar Mempermudah Belajar

6. “Barakallah, selamat datang di jalan yang baru sahabat, semoga semua ilmu dan pelajaran yang telah kamu dapatkan hari ini bisa menjadi penyemangat untuk karirmu selanjutnya, amiin.”

7. “Aku turut bersyukur melihatmu menjalani wisuda. Semoga ilmu yang telah kamu dapatkan selama ini dapat menjadi hal terbaik untuk kedepannya. Selamat mengamalkan ilmu, semoga selalu sukses dan jaya sahabatku, barakallah.”

Demikianlah artikel tentang ucapan selamat ulang tahun dan selamat wisuda islami ini, semoga bermanfaat.