Kocak, Kaesang Sindir Ustaz yang Sebut Orang Bikin Tumpeng Berarti Beragama Hindu

Penulis Dian Editor | Ditayangkan 03 Dec 2020

Kocak, Kaesang Sindir Ustaz yang Sebut Orang Bikin Tumpeng Berarti Beragama Hindu

Kaesang Pangarep - Image from merdeka.com

Kaesang unggah foto tumpeng unik 

Alih-alih berbentuk segitiga, yang disebut ustaz seperti halnya ajaran Hindu, Kaesang malah mengunggah tumpeng bentuk kartun. Melihat unggahan tersebut, warganet pun terhibur dan ngakak. 

Kaesang Pangarep, putra bungsu Presiden Joko Widodo, dikenal sering melontarkan celetukan kocak dan menohok. 

Baru-baru ini, Kaesang menyoroti soal dakwah dari Ustadz Abdul Aziz, perihal tumpeng yang disamakan dengan segitiga yang melambangkan Trimurti. 

Ustaz Abdul Aziz menjelaskan bahwa Trimurti merupakan tiga manifesti yang terdiri dari tiga dewa yang dipercaya umat Hindu. 

Tak hanya itu, Ustadz Abdul Aziz juga menyebut kalau orang yang membuat tumpeng itu berarti sudah beragama Hindur. 

"Maka di dalam Widyasastra dikatakan cukup membikin tumpeng. Tumpeng itu bentuknya adalah segitiga. Segitiga yang dimaksud di sini adalah Trimurti. Tiga manifesti yakni Dewa Brahma, Wisnu, dan Dewa Shiva. Dan umat Hindu mengatakan barang siapa yang sudah membikin tumpeng berarti dia sudah beragama Hindu," jelas Ustadz Abdul Aziz. 

Ustaz Abdul Aziz juga menambahkan sebuah hadist perihal menyerupai suatu kaum, yang berbunyi sebagai berikut, "Rasulullah SAW bersabda bahwa barang siapa yang menyerupai suatu kaum maka dia termasuk golongannya."

Sang Ustadz juga sempat memberikan solusi bagi masyarakat yang tetap ingin menggelar syukuran. Ia menyarankan agar bentuk nasi diratakan dan tidak perlu dibentuk segitiga. 

"Tidak usah bikin tumpeng tapi anda ratakan saja. Bisa anda taruh di piring, bisa anda taruh di kotak makan," jelas Ustadz Abdul Aziz.

Kesal dengan isi ceramah tersebut, warganet juga sempat membahas dan menyindir video ceramah tersebut di Twitter. 

"Ini serius, Ustad? Aduhh, saya, ibu saya, istri saya dan brp juta org islam sdh jadi Hindu ini!? Islam yang mudah, dipersulit olehnya," kata seorang warganet. 


Reaksi Kocak Kaesang Soal Tumpeng

Ternyata unggahan warganet juga membuat Kaesang bereaksi. Ia mengunggah foto nasi kuning, namun alih-alih dengan bentuk nasi tumpeng seperti biasanya, Kaesang malah mengunggah nasi berbentuk kartun hello kitty. 

"Kalo tumpengnya helo kiti gimana?" seru Kaesang.

Candaan tersebut pun sontak menggegerkan media sosial sekaligus menghibur netizen. Sebagian juga turut menyindir ceramah Ustaz tentang nasi tumpeng tersebut. 

"Apakah tumpeng itu bentuknya segitiga ya? Setau saya tumpeng itu berbentuk kerucut," jelas warganet. 

"Auto hindu jalur tumpeng gitu kah?" ujar warganet lainnya. 

"Ustadnya gak bisa bedain segitiga dan kerucut" seru yang lainnya.


Waduh ada-ada saja, hal sepele semacam membuat tumpeng apalagi dengan tujuan yang baik malah dianggap sebagai penyelewengan akidah. 

Bagaimana dong nasib umat Islam yang pernah bikin tumpeng untuk selametan? Apakah otomatis beragama Hindu? Kalau menurutmu gimana guys?

SHARE ARTIKEL