Kisah Umar bin Khattab Balas Bertanya Saat Ditanyai Malaikat Munkar Nakir

Penulis Dian Editor | Ditayangkan 23 Dec 2020

Kisah Umar bin Khattab Balas Bertanya Saat Ditanyai Malaikat Munkar Nakir

Ilustrasi Umar bin Khattab - Image from hot.liputan6.com

Umar dikenal sebagai sosok pemberani 

Bahkan setan pun lari terbirit-birit walau hanya melihat sandal Umar bin Khattab. Oleh sebab itu saat Nabi Muhammad menceritakan betapa mengerikannya munkar nakir, tak sedikitpun muncul rasa takut dalam diri Umar.

Setiap Umat Islam wajib memercayai bahwa kelak di alam kubur akan ada pertanyaan dari dua malaikat, yakni malaikat Munkar dan Nakir kepada setiap orang yang meninggal dunia.

Kedua malaikat ini sering kali digambarkan dengan wajah bengis, seram dan menakutkan. 

Tak ayal, ada orang yang bertanya-tanya pada diri sendiri, mampukah ia kelak menjawab pertanyaan kedua malaikat kubur itu. Apalagi saat melihat fisik keduanya yang begitu menakutkan. 

Namun berbeda halnya dengan Sayyidina Umar bin Khattab. Saat Rasulullah menjelaskan bagaimana wujud fisik menyeramkan malaikat Munkar dan Nakir, sahabat yang ditakuti setan ini justru akan melawannya. 

Imam Jalaludin As-Suyuthi dalam kitabnya Al-Hâwî lil Fatâwî menuliskan sebuah riwayat dari Al-Jazuli dalam kitab Syarhur Risâlah, bahwa satu saat Rasulullah berbicara kepada para sahabat perihal malaikat Munkar dan Nakir. 

Beliau menggambarkan bahwa malaikat Munkar dan Nakir akan mendatangi seorang mayit di kuburan dalam bentuk yang begitu menyeramkan. 

Nabi menggambarkan keduanya sebagai sosok yang berkulit hitam, bengis, keras, dan sifat-sifat buruk dan menakutkan lainnya. 

Lalu kedua malaikat itu akan mendatangi dan memberikan pertanyaan kepada mayit. Mendengar penuturan Rasulullah itu, Umar bertanya, “Rasul, apakah saat di kuburan nanti aku sebagaimana sekarang ini?”

“Ya,” jawab Rasul. 

“Kalau begitu,” timpal Umar kemudian, “demi Allah akan aku lawan kedua malaikat itu!” 

Konon, saat Umar bin Khattab meninggal dunia putra beliau yang bernama Abdullah pernah bermimpi bertemu dengannya. 

Dalam mimpi tersebut Abdullah menanyakan perihal kondisi bapaknya di alam kubur. Oleh Umar pertanyaan anaknya itu dijawab, 

“Aku didatangi dua malaikat. Keduanya bertanya kepadaku, siapa Tuhanmu, siapa nabimu? Aku jawab, Tuhanku Allah dan nabiku Muhammad. Lalu kepadanya aku tanyakan, kalian berdua, siapa Tuhanmu? Mendapat pertanyaan seperti itu kedua malaikat itu saling berpandangan. Salah satunya berkata, ini Umar bin Khattab. Lalu keduanya pergi meninggalkanku.” 

Begitulah sikap Umar bin Khattab yang dikenal sebagai sosok pemberani dan tidak takut apapun kecuali pada Allah SWT. 

Hal ini beliau tunjukkan tak hanya berani di dunia saja, tapi juga di alam kubur.

Kisah Sama Lainnya 

Kisah tentang orang-orang yang menjawab pertanyaan Munkar dan Nakir sebagaimana jawaban Umar di atas juga tak sedikit. 

Banyak ulama dalam berbagai kitabnya yang meriwayatkan kisah-kisah yang sama. 

Seperti Yazid bin Harun yang ketika ditanya kedua malaikat perihal siapa Tuhan dan nabinya, beliau menjawab, 

“Pertanyaan seperti ini diajukan kepadaku? Sementara delapan puluh tahun lamanya aku mengajarkan jawabannya kepada banyak orang.” 

Mendengar jawaban tersebut, kedua malaikat itu pergi meninggalkannya. 

As-Suyuthi dalam kitabnya di atas menjelaskan bahwa ada segolongan orang yang kelak di alam kuburnya sama sekali tak ditanya oleh kedua malaikat Munkar dan Nakir, seperti halnya para syuhada, shidiqin, dan lainnya. 

Wallahu a’lam.

SHARE ARTIKEL