Mendebarkan, Inilah Proses Saat Manusia Ditanya di Alam Kubur

Penulis Dian Editor | Ditayangkan 06 Nov 2020

Ilustrasi kuburan - Image from kompasiana.com

Siapkan dirimu untuk menghadapinya. 

Hanya ada dua hal yang ditanyakan malaikat di alam kubur. Inilah perbedaan kondisi orang yang beriman dan orang yang kafir saat ditanya malaikat di alam kubur. Semoga kita tergolong orang-orang yang beriman.

Kematian bukanlah akhir dari kehidupan, pasalnya kematian justru pintu dan kesempatan bagi kita menuju sebuah kehidupan yang kekal, yakni kehidupan akhirat. 

Sebagaimana ada istilah hidup di dunia itu hanya numpang minum. Istilah ini menunjukkan bahwa waktu hidup dunia itu sangat jauh lebih kecil dan terbatas dibandingkan dengan kehidupan di akhirat kelak. 

Untuk itu, sejatinya kehidupan dunia ini hanyalah persiapan bekal untuk menuju akhirat. Dan kematian adalah pintu gerbangnya. Bagi orang yang beriman, kematian adalah harapan. Namun bagi yang kafir, kematian adalah sebuah penyesalan. 

Inilah gambaran yang terjadi di alam kubur dan pertanyaan yang diberikan oleh malaikat. Saat berada di alam kubur, roh kita hanya akan ditanya perihal ibadah dan agama. 

Saat Orang Beriman Ditanya dalam Kubur

Dalam buku Azab dan Nikmat Kubur karya Syaikh Husain bin Audah al-Awaisyah, diriwayatkan dari Anas bin Malik Radhiyallahu Anhu, dia berkata bahwa Rasulullah bersabda, 

"Jika seorang mukmin telah diletakkan di dalam kubur, datang kepadanya malaikat yang bertanya, 'Apa yang dahulu kamu sembah?' 

Kemudian Allah SWT memberikan petunjuk kepadanya sehingga dia berkata: 'Dahulu aku menyembah Allah'. 

Lalu malaikat memberi pertanyaan lagi: 'Apa yang kamu katakan terhadap orang ini?' 

Dia menjawab: 'Dia adalah hamba Allah dan utusan-Nya'. Dia sama sekali tidak akan ditanya yang lain. 

Maka, dia pun dibawa ke rumahnya di dalam neraka, dikatakan kepadanya: 

'Ini adalah rumahmu jika kamu ada di dalam neraka, akan tetapi Allah SWT melindungi dan menyayangi engkau, oleh karena itu Dia menggantikannya dengan sebuah rumah di dalam Surga'.

Orang itu berkata: 'Biarkanlah aku pergi untuk memberikan kabar gembira kepada keluargaku'. Kemudian dikatakan kepadanya: 'Diamlah di tempatmu!'

Saat Orang Kafir Ditanya dalam Kubur

Sedangkan seorang kafir, jika diletakkan di dalam kuburnya, datanglah Malaikat kepadanya dengan membentaknya: 'Apa yang kamu sembah dahulu?' Dia kemudian menjawab: 'Aku tidak tahu'.

Kemudian malaikat bertanya kepadanya: 'Kamu tidak tahu dan tidak mau mengikuti yang tahu'.

Dia ditanya kembali: 'Apa yang kamu katakan terhadap orang ini?' 

Dia menjawab: 'Aku mengatakan seperti yang dikatakan orang lain'.

Setelah itu, diantara kedua kupingnya dipukul dengan palu dari besi, dia menjerit sehingga terdengar oleh semua makhluk kecuali jin dan manusia". (HR Ahmad dan Abu Dawud).

Naudzubillahi min dzalik. 

Semoga kita semua tergolong orang-orang yang beriman, diselamatkan Allah SWT dari siksa neraka dan mendapatkan tempat mulia di Surga kelak. Aamiin ya robbal alamiin. 

SHARE ARTIKEL