Keren, Pria ini Rela Berdiri Seharian Demi Cegah Orang Buang Sampah di Sungai

Penulis Dian Editor | Ditayangkan 09 Nov 2020

Sosok pria yang berdiri seharian untuk cegah buang sampah - Image from today.line.me

Rela berdiri seharian untuk cegah buang sampah di sungai 

Tak jarang ia juga dimarahi oleh orang-orang yang tak mau diperingatkan. Meski begitu ia tetap teguh pendirian dan melakukan hal ini pada mereka. Aksi ini kemudian difoto dan diviralkan di media sosial, agar mendorong kesadaran masyarakat.

Belakangan ini viral sebuah foto seorang pria yang tengah berdiri di atas jembatan bersama tumpukan sampah viral di media sosial.

Foto tersebut pertama kali dibagikan oleh warganet bernama Swetha Boddu melalui akun Twitter pribadinya @swethaboddu pada 31 Oktober 2020 lalu. Swetha membagikan dua foto yang berbeda.

Pertama foto ada seorang pria berkaus hijau tosca yang tengah berdiri, sedangkan foto kedua terlihat tumpukan sampah di atas sebuah jembatan.

Cuitan milik Swetha viral hingga Indonesia setelah diunggah ulang oleh akun Instagram @berbagisemangat dan juga diikuti oleh berbagai akun media sosial lainnya. 

Hingga Jumat (6/11/2020), sudah lebih dari 9 ribu warganet menyukai foto milik Swetha dan meramaikan kolom komentar dengan beragam tanggapan. 

"Yg kaya gini baru pantes masuk tv," tulis salah satu akun. 

"Harusnya yg kaya gini pantas jadi duta," tulis akun lainnya.

"MashaAllah Bapak…. Sangat menginspirasi… Semoga diberikna kesehatan yaa Pak, dan yang sering buang sampah di sungai semoga lekas sadar dan nggak buang sampah sembarangan lagi.." uajr akun lainnya.

Kisah Dibalik Foto Viral 

KepadaTribunnews, Swetha mengungkapkan bahwa foto miliknya yang viral diambil saat dirinya berada di Kota Nashik, Maharashtra.

Nashik sendiri merupakan kota yang terletak di sebelah barat India dengan jumlah penduduk sebanyak 5.200.000 jiwa.

"Sedangkan waktunya pada saat hari festival Dussehra," ungkapnya pada Jumat (6/11/2020).

Identitas Pria yang Berdiri 

Kemudian, Swetha melanjutkan ceritanya, pria yang ada di dalam foto merupakan seorang warga Nashik bernama Chandrakishor Patil. 

Bagi Swetha, Patil adalah warga negara yang bertanggung jawab atas kebersihan di lingkungannya.

Ini tidak lepas dari aksi Patil yang rela berdiri sejak pagi hingga malam demi mencegah warga lainnya untuk membuang sampah ke sungai.

"Dia berdiri di sana pada hari Dussehra dan tidak mengizinkan orang membuang sampah ke sungai. Kemudian dia mengumpulkan sampah dan memberikannya ke pemerintah kota untuk dibuang ke tempatnya," imbuh Swetha.

Cara Unik 

Swetha menyebut Patil memiliki cara unik untuk dalam melakukan aksinya.
Pria ini menggunakan peluit dalam memperingatkan warga saat ingin membuang sampah ke sungai itu.

"Dan dia memohon kepada mereka untuk tidak membuangnya dan memberikan nasehat dengan cara baik. Saat ada warga yang kasar, dia memberitahu jika sampah dapat mencemari sungai." kata Swetha.

Berdasarkan obrolan yang dilakukan Swetha dengan Patil, diketahui ia telah melakukan aksinya di perayaan festival Dussehra pada setiap tahun. 

Terhitung di tahun 2020 merupakan tahun kelima, Patil mencegah warga membuang sampah ke sungai dengan aksi berdiri seperti itu. 

Festival Dussehra sendiri berlangsung selama dua hari. Terakhir, Swetha berharap dengan ia mengunggah foto Patil dapat memunculkan kesadaran kepada warga. Mudah-mudahan aksi ini bisa menginspirasi setiap orang agar tak membuang sampah ke sungai.

"Bahwa anda tidak boleh membuang sampah ke sungai," tandasnya.

Tak hanya di India, semoga aksi ini juga bisa memberikan inspirasi bagi masyarakat Indonesia agar tak buang sampah sembarangan termasuk di sungai. 

SHARE ARTIKEL