Geger, Bocah Disunat Jin, Keluarga Langsung Gelar Selamatan

Penulis Dian Editor | Ditayangkan 16 Nov 2020

Bocah diduga disunat jin sedang duduk bersama nenek - Image from jatimnow.com

Beberapa waktu yang lalu si bocah sempat minta disunat 

Tak disangka, belum lama dari meminta disunat, ia malah sudah disunat jin. Hal ini pertama kali diketahui oleh sang nenek setelah cucunya mengeluh sakit saat buang air kecil. Ini kisah lengkapnya. 

Kisah menggegerkan datang dari Kecamatan Panekan, Kabupaten Magetan. Pasalnya tiba-tiba tersebar berita seorang bocah diduga disunat jin. 

Kulit kelamin AU (7), warga Desa Tanjungsari, ini terlihat telah terpotong meski belum pernah disunat sebelumnya.

Kedua orang tua AU, Halimik (40) dan Sutinah (35) mengungkapkan heran atas kejadian yang menimpa sang anak pada Kamis (12/11/2020).

"Kita kaget atas kejadian ini padahal sebelumnya memang anaknya minta ingin disunat kan," ujar Sutinah pada wartawan di rumahnya, Minggu (15/11/2020).

Sutinah kemudian mengaku keluarga yang lain juga kaget saat mengetahui kelamin anaknya tiba-tiba telah disunat. Kondisi disunat ini pertama kali diketahui sang nenek, setelah AU mengeluh sakit saat buang air kecil. 

"Yang pertama mengetahui kalau sudah dikhitan adalah neneknya. Pagi-pagi katanya perih setelah kencing. Setelah diperiksa oleh nenknya ternyata sudah disunat," katanya.

Sang Anak Memang Minta Disunat 

Kemudian Sutinah bercerita, sebelumnya si anak merengek minta disunat saat diantar pulang dari tempat, pada Kamis (12/11) pagi. 

Permintaan anaknya tersebut kemudian dijawab Sutinah dengan bapaknya masih mencari hari baik untuk khitan.

"Namun pada malam hari sebelumnya, anak saya katanya mengaku bermimpi jika dijemput mobil berwarna merah. Dari pengakuannya mobil tersebut tidak memiliki sopir alias jalan sendiri. Pengakuannya diantar oleh mobil tersebut ke tempat mantri bernama Sunarto dan kemudian dikhitan." paparnya.

Gelar Selamatan 

Atas kejadian bocah disunat jin, Sutinah mengaku banyak warga yang kemudian penasaran dan mendatangi rumahnya. 

Sutinah mengaku telah menggelar selamatan kecil sebagai bentuk rasa bersyukur sebab anaknya telah berkhitan meski dengan cara yang tidak seperti biasanya. 

"Kemarin kami selamatan, bersyukur jika anak saya sudah dikhitan," tandasnya.

Fenomena Disunat Jin Menurut Dokter 

Di Indonesia, fenomena anak disunat jin atau makhluk halus sudah sering terdengar. 

Kejadian ini terjadi di beberapa wilayah di Indonesia. Fenomena disunat jin ini diindikasi dengan alat kelamin sang anak berbentuk seperti sudah disunat, padahal belum pernah disunat secara medis. 

Menurut dokter spesialis bedah saraf dari Rumah Sunat dr Mahdian Nur Nasution, SpBS, anak disunat jin itu merupakan mitos yang berkembang di masyarat. Kejadian seperti ini disebut kondisi parafimosis.

"Itu penyakit yang disebut parafimosis, kulitnya ketarik ke belakang karena dimain-mainin, kan suka tuh anak main-mainin, ketarik eh nggak bisa balik lagi. Jadi dia kebuka terus ngunci, itu parafimosis," jelasnya ketika ditemui di kawasan Matraman, Jakarta Timur, Selasa (18/6/2019).

Pada kondisi seperti itu biasanya alat kelamin sang anak akan terasa sakit dan barulah orang tua melihat kondisi alat kelamin sang anak. Saat itu lah orang tua akan merasa heran karena bentuk alat kelamin anak seperti sudah disunat. 

"Orang tuanya heran kok sudah kebuka, jangan-jangan disunat nih. Orang kita kan suka mistik, jadi disunat jin nih," imbuh dr Mahdian.

Untuk itu, sebaiknya jika terjadi hal serupa segera periksakan kondisi anak kepada dokter. Hal ini dilakukan untuk mengantipasi kondisi yang tidak diinginkan seperti halnya penyakit parafimosis. 

SHARE ARTIKEL