Bacaan Doa Agar Mendapatkan Rezeki yang Lancar dan Berkah Dari Muda Hingga Tua

Penulis Dian Editor | Ditayangkan 02 Nov 2020

Bacaan Doa Agar Mendapatkan Rezeki yang Lancar dan Berkah Dari Muda Hingga Tua

Ilustrasi muslimah berdoa - Image from id.pinterest.com

Amalkan doa ini dengan istiqomah

Inshaallah, dengan doa ini, kita bisa mendapatkan rezeki yang lancar dan barokah dari usia muda hingga lanjut usia serta menutup mata. Jangan lupa untuk tetap bersyukur kepada Allah SWT dan tidak kufur atas nikmat-Nya.

Setiap orang tentu menginginkan rezeki yang lancar, baik saat muda ataupun tua. Selain dengan berusaha dan bekerja keras, Islam menganjurkan bagi setiap pencari rezeki untuk selalu berdoa kepada Allah agar senantiasa diberikan rezeki yang berkah.

Untuk itu dianjurkan untuk memanjatkan permohonan kepada Allah Maha Pemberi Rezeki. Ini sekaligus menunjukkan ketundukkan dan kepasrahan terhadap Allah SWT. 

Sayyid Muhammad bin Alwi al-Maliki dalam kitab Abwabul Faraj menyebut beberapa doa yang bisa dibaca untuk melancarkan rezeki ialah sebagai berikut:

اللَّهُمَّ اجْعَلْ رِزْقِكَ عَلَيَّ عِنْدَ كِبَرِ سِنِّي ، وَانْقِطَاعِ عُمُرِي

Allahummaj’al rizqika ‘alayya ‘inda kibari sinni wan qitha’i ‘umri

Artinya:

“Ya Allah, jadikanlah rezeki-Mu atasku di saat usia senjaku dan putusnya umurku” (HR: Al-Thabarani)

Sayyid Muhammad juga mengutip doa lain yang seringkali dipanjatkan Rasulullah setelah shalat Shubuh:

للّٰهُمَّ اِنِّى اَسْأَلُكَ عِلْمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طَيِّبًا وَعَمَلاً مُتَقَبَّلاً

Allahumma inni as`aluka ‘ilman nafi’an wa rizqan thayyiban wa ‘amalan mutaqabbala

Artinya:

“Ya Allah, sesungguhnya aku memohon kepada-Mu dari rezeki yang bagus, ilmu yang bermanfaat, dan amal yang diterima” (HR: Ibnu Majah)

Makna Bacaan Doa 

Melihat dari maknya, doa pertama lebih khusus dibandingkan dengan doa kedua. Doa pertama adalah permohonan untuk diberi rezeki lancar pada saat usia senja atau tua. Sedangkan yang kedua adalah doa secara umum, diberi rezeki lancar berkah di saat usia tersebut.

Kedua doa di atas merupakan di antara doa yang dianjurkan untuk diamalkan. Boleh dibaca kapanpun, utamanya setelah shalat karena termasuk waktu yang disunnahkan untuk berdoa. 

Selain memperbanyak doa rezeki lancar, tentu ini harus dibarengi juga dengan usaha yang keras. Sebab, Allah SWT tidak hanya menyuruh kita untuk berdoa, melainkan juga bekerja untuk mencari nafkah.

Sebagaimana firman Allah SWT dalam ayat berikut ini:

Sesungguhnya kami telah menempatkan kamu sekalian di muka bumi dan Kami adakan bagimu di muka bumi itu (sumber) penghidupan. Amat sedikitlah kamu bersyukur.” (QS: Al-A’raf:10)

“Dan Kami jadikan siang untuk mencari penghidupan.” (QS: An-Naba’:11)

Oleh sebab itu, imbangilah usaha dan kerja kerasmu mencari nafkah dengan berdoa kepada Allah SWT agar rezeki yang kamu peroleh tidak hanya berlimpah tapi juga berkah. 

Semoga Allah memberikan kepada kita limpahan rezeki yang berkah dan bagus. Aamiin ya robbal alamiin.

SHARE ARTIKEL