Orang Tua Perlu Sampaikan 7 Nasihat Luqman yang Diberikan untuk Anaknya

Penulis Dian Editor | Ditayangkan 20 Oct 2020

Ilustrasi anak dan orang tua - Image from parenting.dream.co.id

Nasehat yang sederhana tapi sangat penting

Nasihat ini seolah tak pernah kadaluwarsa dan selalu cocok meski berbeda jaman. Yuk para orang tua luangkan waktumu untuk memberikan 7 nasehat ini kepada anak. 

Diabadikan dalam Al Quran, kisah tentang seorang ayah bernama Luqman yang kehidupannya penuh dengan nasihat (hikmah). 

Bahkan surat tersebut dinamakan dengan namanya sendiri, yakni Luqman. Salah satu ayat dari surat Luqman adalah memperingatkan kita agar senantiasa bersyukur kepada Allah SWT: 

وَلَقَدْ آتَيْنَا لُقْمَانَ الْحِكْمَةَ أَنِ اشْكُرْ لِلَّهِ ۚ وَمَنْ يَشْكُرْ فَإِنَّمَا يَشْكُرُ لِنَفْسِهِ ۖ وَمَنْ كَفَرَ فَإِنَّ اللَّهَ غَنِيٌّ حَمِيدٌ 

"Dan sesungguhnya telah Kami berikan hikmat kepada Luqman, yaitu: "Bersyukurlah kepada Allah. Dan barangsiapa yang bersyukur (kepada Allah), maka sesungguhnya ia bersyukur untuk dirinya sendiri; dan barangsiapa yang tidak bersyukur, maka sesungguhnya Allah Mahakaya lagi Mahaterpuji". (QS Luqman: 12).

7 Nasehat Luqman

Berikut adalah tujuh nasihat Luqman kepada anak-anaknya. Nasihat-nasihat Luqman kepada anaknya itu diabadikan dalam QS Luqman ayat 13-19. 

Tujuh nasihat Luqman ini seolah tak pernah terlihat usang. Karena selalu relevan dengan setiap jaman dan tetap penting untuk menjadi pesan penting bagi setiap anak meski telah berbeda generasi berabad-abad silam. 

Nasehat-nasehat tersebut diantaranya ialah: 

  1. Jangan menyekutukan Allah
  2. Berbuat baik kepada orang tua
  3. Jangan mengikutinya (orang tua) jika untuk menyekutukan Allah
  4. Kebaikan dan keburukan meski sebesar biji sawi akan ada balasannya
  5. Dirikanlah sholat, zakat dan suruhlah manusia (berdakwah) kepada kebaikan, cegah jika mereka melakukan hal yang mungkar, bersabarlah ketika mengalami kesulitan dalam berdakwah itu
  6. Jangan memalingkan muka karena sombong dan jangan berjalan di muka bumi dengan angkuh
  7. Sederhanalah dalam berjalan dan jangan mengeraskan suara. 

Itulah 7 nasihat yang Luqman berikan kepada sang anak. Nasihat ini bisa jadi inspirasi bagi para orang tua untuk memberikan nasihat yang baik kepada anak. 

Semoga anak-anak kita menjadi anak-anak yang sholeh dan sholehah, berbakti kepada orang tua dan juga bermanfaat bagi banyak orang.