Haru, Ibu Angkat Lepas Anak ke Orang Tua Kandung, 'Ibu kandungmu lebih berhak atasmu'

Penulis Dian Aprilia | Ditayangkan 19 Oct 2020

Momen perpisahan ibu angkat dan anak angkat - Image from suara.com

Tak kuasa menahan tangis 

Ibu angkat merelakan kepergian sang anak angkat tyang telah dirawatnya selama 6 tahun itu. Dalam video tersebut tampak sang ibu beberapa kali memeluk anak angkatnya yang akan pergi tersebut.

Baru-baru ini, media sosial dibuat terharu dengan video momen perpisahan seorang ibu yang harus merelakan kepergian anak angkatnya kembali ke orang tua kandung. 

Sontak video tersebut jadi viral di media sosial. Momen mengharukan tersebut dibagikan oleh akun Facebook bernama Tuhfah Nazihah Tarmidi pada 13 Oktober 2020 lalu. 

BACA JUGA

Kisah dalam Video

Dalam video tersebut, Nazihah menampilkan detik-detik keluarganya melepas kepergian bocah bernama Zubaidi Amis Qusyairi tersebut. 

"Selamat tinggal Amir, sudah tiba masanya kau pergi. Bila besar nanti jangan lupa cari umi dan abah. Semoga ada kebaikan dalam perpisahan ini," kata Nazihah Minggu (18/10/2020).

Dalam video tersebut, tampak seluruh anggota keluarga bersedih melepas Amir kembali ke orang tua kandungnya. 

Ibu angkat Amir, Norlida tak mampu membendung kesedihannya yang teramat dalam. Berulang kali ia memeluk tubuh mungil Amir sebelum sang anak ditinggalkan kepada orang tua kandung. 

Si bocah pun tampak sedih, namun ia hanya bisa terdiam kaku saat dipeluk oleh ibu angkat yang merawatnya sejak bayi hingga usianya menginjak 6 tahun. 

Kisah Dibalik Video 

Nazihah menceritakan awal mula keluarganya menjaga Amir hingga sudah menganggapnya seperti anak sendiri.

Awalnya, keluarga Nazihah menawarkan kepada ibu kandung Amir untuk menjaga Amir hanya dua minggu saja. 

Sebab saat itu, ibu kandung Amir masih sekolah dan harus menyelesaikan studinya. Tawaran tersebut pun kemudian diiyakan oleh ibunda Amir. 

Namun, setelah dua pekan ibu kandung Amir tak kunjung datang untuk menjemput sang anak. Hingga kemudian enam tahun berlalu, ibu kandung Amir datang dan hendak membawa Amir kembali.

Meski berat hati melepas kepergian Amir, Norlida berbesar hati melepaskannya kepada orang tua kandungnya. Sebab ia percaya bahwa Amir lebih berhak atas dirinya.

Norlida melalui akun Facebook miliknya mengunggah beberapa foto Amir saat menghabiskan waktu makan bersama dengan Amir sebagai momen perpisahan. 

"Malam terakhir kami pergi bersama. Pergilah nak pada ibumu, ibu kandungmu lebih berhak atasmu. Umi hanya sekadar untuk kau menumpang kasih. 6 tahun kita bersama walaupun perih dengan perpisahan ini, umi perlu belajar untuk ridho," ungkapnya.

Kisah mengharukan tersebut jadi viral di media sosial. Banyak warganet memberikan dukungan untuk Nazihah dan Norlida agar kuat menghadapi perpisahan tersebut.

Itulah cuplikan momen mengharukan antara ibu angkat dan anak angkat saat hendak berpisah. 

Meski tak ada hubungan darah, keikhlasan dan ketulasan sang ibu angkat membuat hubungannya dengan sang anak seperti hubungan anak kandung. Semoga keduanya senantiasa diberikan kebahagiaan meski tak bersama.