Lama Tak Dipakai Karena Pandemi, Kelas Malah Jadi Sarang Ular Piton

Penulis Dian Editor | Ditayangkan 20 Oct 2020

Lama Tak Dipakai Karena Pandemi, Kelas Malah Jadi Sarang Ular Piton

Ular piton 6 meter bersarang di kelas - Image from today.line.me

Terlihat ular piton sepanjang 6 meter 

Ular tersebut berada di pojok ruang kelas, seolah sedang istirahat. Tiga pria dewasa yang akan menangkapnya sampai kewalahan karena ular agresif dan juga kuat. Begini aksi penangkapan ular di kelas tersebut. 

Sejak adanya pandemi Covid-19, berbagai kegiatan yang melibatkan tatap muka atau berpotensi melakukan kontak langsung kini dihindari. 

Salah satunya adalah kegiatan pembelajaran di sekolah. Akibatnya, sekolah maupun kampus terpaksa membuat kelas online agar pelajar tidak perlu datang ke sekolah. 

Hal ini dilakukan demi keselamatan bersama, serta upaya untuk mencegah penyebaran virus yang lebih luas dan juga memutus rantai Covid-19. 

Untuk sebagian masyarakat hal ini akan mempersulit kegiatan belajar karena faktor ekonomi, kelas online dipilih karena paling aman dibandingkan pilihan lainnya. 

Meski terbilang paling aman, kebijakan dari pemerintah membuat pembelajaran jarak jauh atau daring dari rumah ternyata memiliki konsekuensi lain.

Ular Melingkar di Pojok Kelas 

Salah satu contohnya adalah viralnya sebuah video yang menunjukkan seekor ular sedang memasuki salah satu kelas yang ada di sekolah.

Kejadian tersebut disebabkan sekolah tidak dipakai selama berbulan-bulan karena diganti menjadi daring hingga waktu yang belum diketahui. Terlihat beberapa orang berusaha untuk menangkap dan mengamankan ular tersebut. 

Diketahui lokasi tersebut berada di wilayah Kusan Hulu Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan. Ular piton dengan panjang hampir 6 meter tersebut diunggah oleh akun @ndorobeii di Instagram yang direpost dari akun Kalseltoday. 

Ular piton tersebut mulanya tampak beristirahat melingkar di pojok ruang kelas. Setelah orang-orang menghampiri untuk mengamankannya, ular tersebut terlihat agresif sebab merasa terusik. 

"Kelamaan libur sekolah, ruang kelas jadi sarang ular? Menurut informasi telah diamankan seekor ular di dalam ruang kelas di salah satu sekolahan Wil. Kusan Hulu Tanah Bumbu," tulis @ndorobeii di caption, pada Minggu (18/10) lalu

Beberapa orang tersebut berusaha memasukan ular piton 6 meter itu ke dalam karung. Namun pergerakan ular yang agresif tampak membuat orang-orang tersebut kesulitan. 

Bahkan saking besar dan kuatnya ular tersebut, sampai terpaksa harus dipegang oleh minimal tiga orang. 




Video berdurasi 40 detik itu pun seketika viral. Kini, video tersebut sudah ditonton oleh sebanyak 76,8 ribu warganet. Unggahan tersebut juga menuai beragam komentar dari warganet, baik yang nyeleneh ataupun bijak. 

"Ular nya males zoom, mending kesekolah bair dapet duit wkwkwk," tulis @nurulistik.

"Jgn dibiarin kelamaan di kelas pak ularnya. Nnti pinter..," tulis @ade_fhaisal_muazhir.

"Gede bgt..," tulis @mahdahanik.

"Kalo asumsi saya mungkin karena semakin berkurangnya tempat habitat mereka seperti hutan yg habis di babad untuk kepentingan infrastruktur. Tapi ngga tau deh daerah sana apa masih aman kah tempat habitat mereka?" tulis @r_putra012.

Wih ngeri juga ya, kasus ini bisa jadi peringatan juga bagi para guru dan kepala sekolah agar tetap mengecek kondisi kelas yang sudah lama tak terpakai. Hal ini juga demi meminimalisir kejadian yang tak diinginkan.

SHARE ARTIKEL