Fakta Menunjukkan Air Zam zam Bisa Tenggelamkan Bumi, Bukti Kebesaran Allah SWT

Penulis Dian Editor | Ditayangkan 26 Oct 2020

Fakta Menunjukkan Air Zam zam Bisa Tenggelamkan Bumi, Bukti Kebesaran Allah SWT

Sumur air zam zam - Image from kupang.tribunnews.com

Air zam zam tak pernah kering, terus mengalir tiada henti

Bahkan ilmuwan memperkirakan, jika air zam zam dialirkan secara terus menerus ke bumi, bumi bisa tenggelam saking banyaknya air yang menggenangi. Berikut bukti kebesaran dan kekuasaan Allah SWT pada air zam zam.

Sebagai umat Islam kita pasti sudah mengenal tentang sumur Zam zam. Tapi tahukah kamu bahwa meski sumur zam zam mengeluarkan puluhan juta liter air pada satu musim haji. Sumur tersebut tanpa pernah kering satu kali pun. 

Air Zam zam memiliki kesan dan pelajaran yang luar biasa bagi setiap umat Islam. 

Bagaimana tidak, sumur yang terletak di kawasan Masjidil Haram dan dekat dengan Ka'bah ini sudah ada sejak masa Nabi Ibrahim AS. 

Kondisi sumur zam zam pun tetap terjaga dengan baik meski sudah ribuan tahun tercipta.



Diketahui, sumur zam zam menghasilkan air dengan kualitas terbaik di muka bumi. Tidak heran, jika ribuan orang dari berbagai belahan dunia selalu membawa air zam zam sebagai oleh-oleh dari perjalanan ke rumah Allah tersebut. 

Meski begitu, air ini tidak pernah habis walau dipompa hingga 690 juta liter setiap hari.

Kuasa Allah SWT begitu terpampang nyata dari kehadiran sumur zam zam ini. Fakta berikut menunjukkan jika Dia memberikan kontrol pada sumur Zam zam.

Karena jika tidak, niscaya dunia bisa tenggelam dengan luapan air yang terus mengalir tiada henti ini. Seperti apa faktanya? 

Sejarah Munculnya Air Zam-zam 

Sebelum melihat fakta, mari kita mengetahui bagaimana sejarah sumur ini diciptakan oleh Allah SWT. 

Semua bermula saat Nabi Ibrahim AS diperintahkan meninggalkan istrinya yang bernama Siti Hajar di sebuah gurun pasir yang tandus bersama bayi mungilnya, Nabi Ismail AS.

Hal ini tentu menjadi hal yang sangat berat bagi Nabi Ibrahim, tapi karena ini merupakan perintah Allah, maka keduanya ikhlas dengan kondisi yang sedang dihadapinya. 

Setelah ditinggal pergi, Siti Hajar mulai kehabisan persediaan air minum dan kehausan di tengah padang pasir tandus tersebut. 

Ismail kecil juga tidak henti menangis karena kehausan. Hal ini membuat sang Ibu begitu panik luar biasa. 

Siti Hajar kemudia berlari-lari ke Bukit Shafa dan Marwah untuk mencari tau ketersediaan air diantara keduanya. Namun ia tak menemukan barang setetes air pun. 

Tiba-tiba Siti Hajar mendengar suara. Ia kemudian berkata “Saya mendengar suaramu, tolonglah aku jika engkau punya kebaikan.”

Ternyata suara tersebut adalah suara dari Malaikat Jibril, yang kemudian melalui hentakan kaki Nabi Ismail keluarlah air. 

Air yang keluar tersebut sangan banyak dan melimpah ruah, sehingga Siti Hajar mencoba membendungnya. Ia kemudian berkata "Zam, Zam, Zam” yang berarti ‘Stop, stop, stop’.

Itulah sepenggal sejarah terbentuknya air zam-zam. Sebagaimana diketahui, mata air zam-zam merupakan mata air abadi di muka bumi. Bagaimana tidak, sejak ribuan tahun lalu, sumur ini tak henti-hentinya mengeluarkan air. 

Fakta Air Zam-zam Bisa Tenggelamkan Bumi 

Kondisi ini begitu terasa pada saat musim haji. Dimana setiap orang pasti akan mengonsumsi minuman ini. Jumlah mereka mencapai jutaan dan setiap hari harus minum. Namun faktanya, sumur zam-zam tak pernah sekalipun kering atau bahkan habis. 

Mata air zam-zam memiliki kedalaman sepanjang 42 meter dan berada di sebelah tenggara bangunan Kabbah. Permukaan air Zam zam adalah sekitar 10.6 kaki di bawah permukaan tanah. 

Setiap detiknya sumur zam-zam dipompa dan menghasilkan 8 ribu liter/detik. Bisa dibayangkan bagaimana volume air yang dihasilkan selama satu hari. 

  • 8 ribu liter/detik
  • Berarti 8,000 x 60 = 480,000 liter/menit
  • Berarti 480,000 x 60 = 28.8 juta liter/jam
  • Berarti 28,800,000 x 24 = 691.2 juta liter/hari

Jadi ada 690 juta liter air zam-zam dipompa dalam waktu 24 jam tetapi sumurnya terisi kembali hanya dalam waktu 11 menit. 

Bagaimana jika hitungannya minggu, bulan dan tahun? Masya Allah sungguh luar biasanya kuasa dan kebesaran Allah SWT. 

Dari kondisi ini terlihat ada peran yang melebihi kehebatan mesin. Ada campur tangan Allah SWT yang sangat besar atas sumur zam-zam ini. 

Proses dimana sumur Zam-zam bisa dengan cepat terisi kembali dan proses kontrol sehingga airnya tidak ‘luber’ sehingga tak mubazir. Karena jika dihitung-hitung, bisa saja bumi tenggelam karena air zamzam yang pancaran airnya begitu deras dan tak bisa kering. 

Inilah Zam Zam salah satu bukti otentik kebesaran Allah SWT. Demikianlah Allah SWT menunjukkan salah satu kuasa-Nya terhadap umat manusia. 

Meski sudah melimpah ruah bukti kekuasaan dan kebesaran Allah SWT, mengapa masih banyak jiwa-jiwa lemah seperti manusia yang mengabaikan segala perintah-Nya. 

Semoga kita semua tergolong orang-orang yang beriman, bertaqwa, dan juga senantiasa mendapatkan perlindungan dan pertolongan Allah SWT.

SHARE ARTIKEL