Doa Minum Air Zam-zam Beserta Keutamaannya

 17 Feb 2019  Wahyu Fajar
Doa Minum Air Zam-zam Beserta Keutamaannya

Image Source: alfajrumroh.com

Doa Minum Air Zam-zam - Air zam-zam yang dalam bahasa arab memiliki arti banyak atau melimpah. Letak dari mata air zam-zam yaitu di kawasan Masjidil Haram sebelah tenggara Ka’bah dengan kedalaman 42 meter. Adanya air zam-zam tak terlepas dari sejarah di masa lalu saat Siti Hajar ibunda Nabi Ismail AS berlari bolak-balik antara bukit Shafa dan bukit Marwah untuk mencari air. Ketika Nabi Ismail AS sedang kehausan di tengah padang pasir. Dan dengan izin Allah Swt keluarlah sebuah mata air dari hentakan kaki Nabi Ismail AS dan sampai sekarang mata air tersebut adalah sumber dari mata air zam-zam.

Apa doa minum air zam zam? Ada hadits shahih dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bahwa beliau pernah minum air zam-zam sambil berdiri. Sebagaimana diriwayatkan dari Ibnu Abbas bin ‘Abdul Muthollib dalam riwayat Bukhari,

سقيت رسول الله صلى الله عليه وسلم ‏من زمزم وهو قائم

“Aku pernah memberikan minum air zam-zam pada Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan beliau meminumnya sambil berdiri.”
Begitu pula diriwayatkan dari Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bahwa khasiat air zam-zam iti tergantung pada maksud orang yang meminumnya. Dari sini para ulama menarik kesimpulan bahwa doa yang dibaca setelah meminum air zam-zam adalah doa yang mustajab.

Ketika minum air zam-zam apakah dianjurkan untuk berdoa? Pertanyaan tersebut sering kita dengar dikalangan masyarakat, karena sebagian masyarakat meyakini ada doa ketika minum air zam-zam, dan ternyata ada juga yang belum mengetahui lafadz doa minum air zam zam sesuai sunnah tersebut.

Bahwa ada sebuah riwayat dari Ad Daruquthniy (namun ini bukan perkataan Rasulullah Saw), hanya bacaan doa minum air zam zam yang dipraktekkan oleh Ibnu Abbas. Ia berdoa ketika minum air zam-zam. Dan doa inilah yang sampai sekarang diamalkan oleh sebagian orang ketika meminum air zamzam.

Baca Juga: 

Doa Sebelum Minum Air Zam-zam

Berikut ini doa minum air zam zam dan artinya.

اَللّٰهُمَّ إِنِّيْ أْسْأَلُكَ عِلْمً نَافِعًا وَرِزْقًا وَاسِعًا وَشِفَآءً مِنْ كُلِّ دَآءٍ وَسَقَمٍ بِرَحْمَتِكَ يَآ أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

Allahumma Innii As Aluka ‘ilman Naafi’an Wa Rizqan Waasi’an Wasyifaa An Min Kulli Daa In Wasaqamin Birahmatika Yaa Arhamarraahimiin

Artinya:

"Ya Allah, aku mohon kepadaMu ilmu pengetahuan yang bermanfaat, rizki yang luas dan sembuh dari segala sakit dan penyakit pikun dengan rahmatMu ya Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang."

Dalam riwayat lain, dari Rasulullah Saw bahwa khasiat air zam-zam itu tergantung pada maksud orang yang meminumnya. Dari sini para ulama menarik kesimpulan bahwa doa yang dibaca setelah meminum air zam-zam adalah doa yang mustajab.

Diriwayatkan oleh Ahmad, Al Hakim dan Ad Daruquthniy dari Ibnu ‘Abbas, juga diriwayatkan oleh Ahmad dari Jabir, Rasulullah SAW bersabda,

ماء زمزم لما شرب له

Artinya :

“Air zam-zam tergantung orang yang meminumnya.”

Telah diriwayatkan oleh Ibnul Jauzi dalam kitabnya Al Adzkiya‘ bahwa Sufyan bin ‘Uyainah ditanya tentang hadits di atas, lalu beliau menilai bahwa hadits tersebut shahih.

Dari beberapa penjelasan diatas, dapat kita simpulkan bahwa tidak ada doa-doa khusus ketika minum air zam-zam yang dianjurkan oleh Rasulullah Saw, tetapi kita dianjurkan untuk berniat dengan keniatan yang baik ketika minum air zam-zam serta berdoa setelah meminum air zam-zam, karena doanya mustajab sebagaimana para ulama menyimpulkan riwayat Nabi Saw seperti yang sudah dijelaskan diatas.

Keutamaan minum air zam-zam

للهِ صَلَّى الله ُعَلَيْهِ وَسَلَّمَ دَعَا بِسِجِلٍّ مِنْ مَاءِ زَمْزَمَ فَشَرِبَ مِنْهُ وَتَوَضَّأَ) رواه أحمد

“Dari Usamah, bahwasanya Rasulullah meminta untuk didatangkan segantang air Zam-Zam, kemudian beliau meminumnya dan berwudhu dengannya” [HR Ahmad]

Sebagaimana yang dilakukan Rasulullah, meminum air zam-zam dipercaya dapat mendatangkan berbagai manfaat. Air zam-zam sendiri mengandung 30 unsur dan air ini tidak berbau, berwarna dan bebas dari kuman dan bakteri. Senyawa bermanfaat yang terkandung dalam air zam-zam antara lain adalah sodium, kalsium, potasium dan magnesium yang masing-masing memiliki manfaat bagi tubuh.

Untuk mengetahui seberapa besar manfaat air zam-zam yang terkenal. Berikut keutamaan minum air zam-zam bagi tubuh. Simak selengkapnya.

1. Mengobati penyakit

Doa minum air zam zam untuk obat dari Ibnu ‘Abbas, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

”Sebaik-baik air yang terdapat di muka bumi adalah zam-zam. Di dalamnya terdapat makanan yang mengenyangkan dan penawar penyakit.”
Sebagaimana hadist diatas, telah dinyatakan secara jelas bahwa mengkonsumsi air zam-zam dipercaya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Inilah yang kemudian menyebabkan mereka yang nelaksanakan ibadan haji atau umrah selalu membawa oleh-oleh air zam-zam.

2. Meregenerasi sel kulit mati

Di bidang kecantikan air zam–zam dapat membantun regenerasi sel–sel kulit mati kemudian di ganti dengan sel–sel kulit baru. Pergantian sel kulit mati bertujuan untuk mencerahkan kulit wajah dan menjadikan kulit wajah kenyal seperti bayi. Regenerasi dengan menggunakan air zam-zam ini cukup dengan membasuk wajah dengan air zam–zam. Jika memungkinkan Anda dapat melakukan wudhu dengan menggunakan air zam–zam. Sehingga semua lapisan sel kulit mati pada bagian tubuh yang terkena air zam–zam dapat di angkat. Secara alami sel kulit mati akan meregenerasi sendiri yaitu dengan rentang waktu 28 hari sekali.

3. Melancarkan metabolisme tubuh

Metabolisme tubuh berperan untuk mengubah lemak menjadi tenaga dalam menjalankan aktifitas sehari–hari. Proses pembakarannya itulah yang disebut dengan metabolisme. Metabolisme yang lancar mempercepat pergerakkan dan mencegah munculnya timbunan lemak pada bagian tubuh terutama lengan, paha dan perut. Penimbunan lemak pada bagian itu bisa disebabkan karena metabolisme tubuh yang berjalan lambat. Minum air zam–zam merupakan salah satu cara untuk melancarkan metabolisme pada tubuh. Disamping itu cara untuk melancarkan metabolisme dalam tubuh adalah dengan berolahraga dan beraktifitas fisik dalam kehidupan sehari–hari.

4. Memberi energi pada ibu hamil

Banyak ibu hamil yang mengalami kekurangan energi terutama pada masa awal kehamilan. Morning sickness yang cukup parah menyebabkan ibu mengalami kehilangan energi yang cukup banyak. Untuk mengantikan energi yang hilang tersebut dapat dilakukan dengan mengonsumsi air zam-zam. Karena air ini tidak berbau maka si ibu tidak akan mengalami mual-mual.

5. Mempermudah mendapat keturunan

Ada beberapa kepercayaan yang menyatakan bahwa doa minum air zam zam agar cepat hamil. Tentunya meskipun belum terdapat penelitian yang lebih lanjut. Namun, pada faktanya banyak mereka yang kemudian berhasil memiliki kerurunan usau mengkonsumsi air zam-zam tentunya atas izin Allah Swt.

KOMENTAR