Detik-detik Puting Beliung Hantam Desa di Bekasi, Puluhan Rumah Hancur

Penulis Dian Editor | Ditayangkan 24 Oct 2020

Detik-detik Puting Beliung Hantam Desa di Bekasi, Puluhan Rumah Hancur

Tangkapan layar video puting beliung sapu bekasi - Image from gridmotor.motorplus-online.com

Terlihat gerobak, rumah, dan sepeda motor ambruk 

Puting Beliung yang menyapu desa Babelan Bekasi memporak porandakan puluhan rumah di 6 RT desa tersebut. Terlihat ada pedagang yang menahan gerobak dari terjangan puting beliung tapi gagal, gerobak tetap roboh dan rusak parah.

Kemarin, Jumat (23/10) sekitar pukul 13.10 WIB, Angin puting beliung menerjang Desa Babelan Kota, Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi. 

"Telah terjadi kejadian puting beliung yang menyebabkan kerusakan pada beberapa rumah warga," kata Koordinator Unit Reaksi Cepat BPBD Kabupaten Bekasi, Budi Sutrisno dalam keterangannya, Jumat (23/10).

Tercatat ada puluhan rumah warga yang rusak karena terjangan puting beliung. Diantaranya adalah 12 rumah di RT 05 RW 05; 10 rumah di RT 07 RW 05; 8 rumah di RT 06 RW 05; 8 rumah di RT 021 RW 02; 10 rumah di RT 08 RW 06; dan 10 rumah di RT 09 RW 06.

Dijelaskan oleh Budi, puting beliung terjadi saat hujan deras mengguyur di wilayah tersebut.

"Angin kencang dari arah barat daya di sekitar wilayah Desa Babelan Kota dan menyebabkan beberapa rumah warga mengalami kerusakan atap dan bangunan," tutur Budi.

Peristiwa puting beliung itu terekam dalam sebuah video yang beredar di media sosial. Salah satunya yang diunggah akun Instagram @wajibbacacom. 

BACA JUGA

Dalam video tersebut terlihat puting beliung menyebabkan sejumlah sepeda motor dan gerobak ambruk dan bahkan terseret angin.

Beberapa orang berupaya untuk menjaga gerobak namun hantaman angin yang terlalu kencang membuat gerobak roboh dan para pedagang tak kuasa untuk menahannya. 

Orang-orang yang sedang berada di tenda-tenda makan pun bergegas berlindung ke area depan sebuah gedung. Terlihat pohon-pohon besar sampai bergoyang karena hantaman angin yang sangat luar biasa. 

Kardus dan beberapa sampah plastik turut bertebangan kesana kemari digoyang dengan angin puting beling yang sangat kencang. 

"Terjangan angin kencang di Kawasan Marakas Babelan Bekasi, mengakibatkan Gerobak, hingga motor ambruk, Jumat, 23/10/20," demikian keterangan dalam unggahan itu.


Innalillahi wa inna illaihi rojiun. Semoga kita semua dilindungi oleh Allah SWT dari segala musibah dan bala. Aamiin ya robbal alamiin. 

SHARE ARTIKEL