Amalan Ringan Agar Rezeki Berlimpah dan Berkah Serta Dipanjangkan Umurnya

Penulis Dian Editor | Ditayangkan 20 Oct 2020

Ilustrasi silahturahim - Image from www.rumahkeluargaindonesia.com

Tidak perlu waktu lama untuk mengamalkannya 

Amalan ini adalah amalan yang ringan, sehingga mudah dilaksanakan. Namun ganjarannya sungguh luar biasa. Meski ringan, terkadang kita juga pernah mengabaikannya. Lantas apa amalan yang bisa mendatangkan rezeki yang berlimpah dan berkah serta umur panjang?

Setiap orang tentu ingin mendaapatkan rezeki yang berlimpah lagi berkah. Serta memiliki umur panjang sehingga punya kesempatan lebih besar untuk beramal dan mohon ampunan atas dosa-dosa yang telah lalu. 

Lantas apakah amalan untuk mencapai kedua harapan itu?

Selain menjalin hubungan dengan Allah SWT, kita juga harus memperkuat hubungan persaudaraan dan persahabatan antar sesama manusia. 

Salah satu caranya adalah dengan menjalin tali silaturahim dan jangan sampai memutusnya. Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk memperkuat tali silaturahim tersebut. 

Diantaranya adalah berbagai makanan, saling mengunjungi, saling sapa, dan lain-lain.

Dalam banyak hadist, Rasulullah SAW juga mengingatkan umat Islam untuk selalu menjaga tali silaturahim. Sebab umat Islam yang satu dengan lainnya ibarat bangunan, untuk itu perlu saling menjaga dan saling melengkapi. 

Bahkan, Rasulullah SAW mengancam orang yang memutus tali silaturahim dengan ancaman tak akan mendapat surga. Rasulullah SAW bersabda, “Tidak akan masuk surga orang yang memutus silaturahim” (HR: Bukhari-Muslim)

Selain memperkuat hubungan persaudaraan dan persahabatan, silaturahim juga memberikan berbagai kebaikan dan manfaat bagi yang melakukannya. Di antaranya rezekinya terbuka luas dan umurnya akan dipanjangkan. Rasulullah SAW bersabda:

من سره أن يبسط له رزقه وأن ينسأله في أثره فليصل رحمه

Artinya:

“Barang siapa yang mengingankan dilapangkan rezekinya, dipanjangkan umurnya, maka bersilaturahimlah” (HR: Bukhari)

Kita semuanya tentu menginginkan umurnya dipanjangkan dan rezekinya dilapangkan. Panjang umur di sini maksudnya bukan sekedar diberi waktu hidup yang lama, tapi juga dilimpahi keberkahan. 

Apa artinya panjang umur, kalau hidupnya tidak berkah. Begitu pula, apa arti rezeki yang berlimpah jika tak berkah. 

Semoga dengan memperbanyak silaturahim, mengunjungi sahabat dan karib-kerabat, berbagi makanan dengan mereka, Allah SWT akan melapangkan rezeki kita dan memanjangkan umur kita. Sekaligus memberikan rahmat dan ridho-Nya pada kita.