Mengenang Kebaikan Captain Afwan, Sering Ajak Sholat hingga Rajin Sedekah

Penulis Dian Editor | Ditayangkan 11 Jan 2021

Mengenang Kebaikan Captain Afwan, Sering Ajak Sholat hingga Rajin Sedekah

Captain Afwan dan profil picturenya yang terakhir - Image from instagram.com/ariekuntung

Masyaallah, begitu banyak kebaikan dari Capt. Afwan 

Sahabat, rekan kerja, hingga adik kelas banyak yang mengungkapkan kebaikan-kebaikan Capt Afwan selama di dunia. Mulai dari sering mengajak sholat, rajin sedekah hingga syiar dalam foto profil WA-nya yang terakhir.

Kisah kebaikan Captain Afwan, pilot pesawat Sriwijaya Air SJ 182 yang jatuh jadi viral di media sosial.

Novrizka Rizkiano atau disapa Rizki adalah salah satu rekan yang pernah bekerja sama dengan Captain Afwan. 

Ia mengungkapkan kebaikan yang sering dilakukan Captain Afwan.

Rizki mengenal Captain Afwan sebagai pilot yang baik dan juga sabar. Captain Afwan juga dikenal sebagai pribadi tidak pernah marah saat bekerja.

"Beliau sosok pilot yang baik dan penyabar. Saat pesawat terkendala pun beliau tidak pernah marah, selalu disambut dengan senyuman," ungkap Rizki dikutip dari Tribunnews, pada Minggu (10/1/2021).

Pengalaman Kerja bersama Captain Afwan 

Diketahui, Rizki adalah teknisi pesawat Sriwijaya Air. Ia pernah bekerja bersama pilot Sriwajaya Air SJ 182 tersebut, sekitar tahun 2017 sampai 2019.

Saat bekerja, Captain Afwan identik dengan peci berwarna putih yang sering kali dipakainya. 

Rizki bertemu dengan Captain Afwan setiap kali melakukan pendaratan di Kota Surabaya, Jawa Timur.

Menurutnya, Captain Afwan selalu berbagi rezeki jika tidak sempat menunaikan ibadah salat Jumat.

"Saya ingat betul setiap hari Jumat kalau landing surabaya, misalkan beliau tidak sempat shalat Jumat selalu berbagi rezeki ke sekitar," ujarnya. 

Sering Mengajak Sholat, Rajin Sedekah dan Baik 

Sementara itu, Captain Afwan juga dikenal kerap mengajak rekan lainnya untuk shalat berjamaah. Ia bahkan menyempatkan turun dari pesawat jika waktu shalat tiba. 

"Saat landing pun, kalau shalat 5 waktu, beliau menyempatkan turun dari pesawat untuk salat. Kadang mengajak teman-teman untuk shalat jemaah," ujar Rizki.

Melalui unggahan akunTwitter-nya, @Eattillbadegg, Rizki mengungkap sosok pilot Captain Afwan di matanya.

Lewat cuitannya tersebut, menurut Rizki, captai Afwan merupakan salah satu pilot terbaik yang pernah ia kenal. 

"Capt. Afwan salah satu captain terbaik yang pernah saya kenal. Tidak pernah rewel walaupun pesawat ada rusak dia bilang ke teknik dengan baik dan sabar, dermawan banget lagi orangnya dan selalu identik dengan kopyah putihnya," tulis Rizki, pada Sabtu (9/1/2021).

Selain itu, ia juga mengunggah video rekamannya, saat berada di ruang cockpit bersama Captain Afwan di sebuah penerbangan. 

Mengenang Kebaikan Captain Afwan, Sering Ajak Sholat hingga Rajin Sedekah

Sosok yang Ramah 

Sementara itu, dikutip dari Tribunnews Bogor, ketua RT kediaman Captain Afwan menyebut, sang pilot dikenal sebagai orang yang baik dan juga ramah. 

Hal ini disampaikan oleh ketua RT tempat tinggal sang Captain, yakni Agus Pamudio, Sabtu (9/1/2021).

"Orangnya baik ramah banget, kalau naik mobil lihat ada warga, berhenti, nyapa, kalau pas lagi jalan habis dari masjid juga nyapa warga ngobrol biasa," ujarnya. 

Agus mengaku mendapat kabar mengenai pesawat Sriwijaya Air SJ 182 dari warga sekitar dan juga berbagai pemberitaan di media sosial. 

Ia pun belum mengetahui pasti terkait insiden jatuhnya pesawat Sriwijaya Air SJ 128 tersebut. Agus terakhir bertemu dengan Captain Afwan beberapa waktu lalu, saat ada acara aqiqah di wilayahnya.

Status WA jadi Syiar 

Tak hanya itu, Arie Untung juga sempat mengungkapkan kebaikan-kebaikan Captain Afwan yang ternyata adalah seniornya saat di SMA Negeri 38 Jakarta. Hal itu ia sampaikan melalui unggahannya di akun instagram pada Minggu (10/01/2020)

“Pilot #sj182 Capt H Afwan ternyata adalah kakak kelasku di @sman38.jakarta angkatan 85, beda jauh angkatannya belum sempat ketemu tapi banyak kisah baik mengenai beliau,” tulis Arie. 

Arie menyebutkan berbagai kebaikan Captain Afwan, mulai dari kesabarannya hingga kebiasaannya yang tidak ingin bersentuhan dengan bukan muhrim karena sedang menjaga wudhu. 

“Orangnya sabar banget, selalu memakai kopiah putih, selalu mengajak orang lain salat, anaknya pun disekolahkan di sebuah SDIT di Cibinong. Kalau mau terbang lari dulu ke musala untuk salat. Enggak bersentuhan sama yang bukan mahrom karena sedang menjaga wudhu. Sering sedekah ke karyawan porter,” ungkapnya.

Selain itu, dalam unggahannya ia juga sempat melampirkan foto status WA terakhir dari almarhum yang menjadi syiar atau dakwahnya pada banyak orang. 

“Status terakhir WA-nya adalah sebuah pengingat buat banyak orang. Terlihat beliau sudah mempersiapkan banyak hal untuk pertemuannya dengan Allah,” lanjutnya. 

Mengenang Kebaikan Captain Afwan, Sering Ajak Sholat hingga Rajin Sedekah

Masyaallah, sungguh begitu banyak kebaikan yang telah dilakukan Capt. Afwan. Semoga beliau meninggal dalam keadaan husnul khotimah dan inshaallah mendapatkan tempat yang mulia di sisi Allah SWT.

SHARE ARTIKEL