Sudah 7 Kali Kasus Corona Bertambah Hingga 3.000-an/Hari, Satgas Ungkap Penyebabnya

Penulis Dian Aprilia | Ditayangkan 07 Sep 2020

Sudah 7 Kali Kasus Corona Bertambah Hingga 3.000-an/Hari, Satgas Ungkap Penyebabnya

Juru Bicara Satgas COVID-19, Wiku Adisasmito - Image from detik.com

Lima kali berturut-turut 

Kasus harian kian melonjak, bahkan sudah lima kali berturut-turut mencapai angka 3000-an kasus. Satgas mengungkap penyebab kenaikan angka yang cukup fantastis itu. Ia juga menjelaskan apa yang akan dilakukan pemerintah.

Kasus positif virus Corona (COVID-19) di Indonesia tercatat sudah sebanyak tujuh kali melampaui angka 3 ribuan kasus dalam sehari. Lima di antaranya terjadi dalam lima hari terakhir secara berturut-turut. 

Penyebab Jumlah Kasus Corona Melonjak Tinggi 

Juru bicara Satgas COVID-19, Wiku Adisasmito, menjelaskan bahwa angka tersebut didapat karena adanya peningkatan aktivitas masyarakat. 

Menurutnya, meningkatnya mobilitas masyarakat tak disertai dengan kesadaran untuk patuh pada protokol kesehatan. 

"Itu menunjukkan penularan yang meningkat karena kedisiplinan masyarakat menjalankan protokol kesehatan yang belum optimal," kata Wiku kepada wartawan, Minggu (6/9/2020).

Wiku menyebut, meski ada peningkatan kasus positif, pemerintah akan melakukan segala upaya untuk bisa membuat masyarakat tertib dan patuh dengana protokol kesehatan. 

Menurut Wiku, pelibatan aparat TNI-Polri hingga tokoh masyarakat atau tokoh agama akan semakin gencar untuk menyosialisasikan protokol kesehatan. 

"Ada berbagai upaya yang dilakukan oleh pemerintah. Polisi melakukan penegakan disiplin berbasis komunitas, Satpol PP mengaktifkan penegakan kedisiplinan di fasilitas umum. Selain itu, Satgas menggerakkan tokoh masyarakat dan tokoh agama dalam kampanye protokol kesehatan," ucap Wiku.

Sebagaimana diketahui, pemerintah terus melaporkan perkembangan kasus virus Corona (COVID-19) di Tanah Air. Hari ini dilaporkan ada penambahan kasus positif COVID-19 sebanyak 3.444.

Berdasarkan data di situs Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Minggu (6/9), total kasus COVID-19 di Indonesia mencapai 194.109. Data ini dihimpun tiap hari per pukul 12.00 WIB.

7 Hari Kasus Baru Positif Covid-19 Mencapai 3.000-an 

Pada Sabtu (5/9), kasus virus Corona di Indonesia bertambah sebanyak 3.128. Jumlah kasus terkonfirmasi positif COVID-19 hingga hari ini totalnya sebanyak 190.665.

Sedangkan pada Jumat (4/9), pemerintah melaporkan ada 3.269 orang terkonfirmasi positif, sehingga total kasus positif Corona di Tanah Air menjadi 187.537 kasus.

Pada Kamis (3/9), mencatatakan rekor jumlah kasus terbanyak sejak Indonesia pertama kali umumkan ada kasus corona, yakni sebanyak 3.622 kasus positif Corona.

Adapun pada Rabu (2/9) tercatat ada tambahan sebanyak 3.075 kasus. Jumlah tersebut dihasilkan dari 31.001 spesimen yang diperiksa.

Kemudian, pada Selasa (28/8), ada 3.003 kasus positif dalam sehari. Angka 3.003 kasus positif dalam sehari saat itu dihasilkan dari pemeriksaan 33.082 spesimen.

Sehari berselang, Rabu (29/8) tercatat sebanyak 3.308 kasus positif Corona dilaporkan pada hari itu dari 28.905 spesimen yang diperiksa.

Itulah 7 hari yang mencatatkan kasus tambahan corona mencapai 3000-an per hari. Untuk itu masyarakat perlu sadar tentang pentingnya patuh protokol kesehatan demi menghindari penularan virus corona. 

Jangan sampai setelah keluarga terdekat mengidap covid-19 baru percaya dan patuh protokol kesehatan. Padahal saat itu semuanya sudah terlambat, orang di sekitar bisa saja sudah terpapar dan juga kehilangan orang-orang yang dicintai. 

Yuk, patuh pada protokol kesehatan dengan rajin mencuci tangan, makan makanan yang sehat, rajin berolahraga dan istirahat yang cukup.

SHARE ARTIKEL