Kagum dengan Acara TV di Jepang, Jerome Polin Bandingkan dengan Indonesia

Penulis Dian Aprilia | Ditayangkan 09 Sep 2020

Tangkapan layar kanal Youtube 'Bisik-bisik' - Image from Youtube.com/bisik-bisik

"Pantes orang Jepang pinter-pinter"

Jerome ngaku kaget sekaligus kagum saat tahu tontonan yang laris manis di Jepang. Bukan sinetron, drama, ataupun acara lawakan. Dengan melihat tayangan tersebut, ia menjelaskan tak hanya menghibur melainkan juga mengedukasi.

Mahasiswa Indonesia yang kuliah di Jepang mengaku kaget dan kagum dengan acara TV di Jepang yang berbeda jauh dengan Indonesia. 

Saat ditanya temannya 'bagaimana acara TV di Indonesia', ia kikuk. 

Jerome Polin ungkap kekaguman saat menonton acara TV Jepang, sang YouTuber mendadak bingung kala ditanya balik oleh teman-temannya. 

YouTuber Jerome Polin dikenal sebagai mahasiswa yang berkuliah di Jepang dan sering memberikan cara-cara mudah untuk selesaikan soal matematika. 

Tak sekadar mengedukasi, pria yang kuliah di Jepang ini juga sering menghibur dengan tingkah kocaknya. 

Acara Kuis dan Tebak-tebakan 

Belum lama ini, Jerome Polin kagum dengan salah satu acara televisi Jepang yang banyak ditonton oleh masyarakatnya. 

Acara tersebut berhubungan dengan kuis dan tebak-tebakan pengetahuan umum.

Menariknya, pemilik nama Jerome Polin Sijabat langsung mendadak bingung saat ditanya oleh rekan-rekan dari Negeri Sakura. 

Hal itu diketahui dari unggahan Instagram Story @jeromepolin, yang diunggah pada Senin (7/9/2020). 

“Acara TV Jepang banyak banget yang quiz, battle pengetahuan umum gitu lah. Mantep banget sih. Biasanya keluarga nonton bareng anak2 sambil makan. Hmm keren," tulis Jerome dalam unggahan Instastory-nya. 

Ketika mengungkapkan kekaguman atas acara TV di Jepang, pria 22 tahun ini mendadak bingung saat mendapat pertanyaan balik dari rekan-rekannya. 

Ternyata pertanyaan tersebut mengenai acara TV di Indonesia sendiri. 

BACA JUGA

Bingung Saat Ditanya Acara TV Indonesia

"Aku bilang "wah keren banget ya, bisa nambah pengetahuan sambil dapet hiburan. Terus temen2ku tanya "lah emang Indonesia acara tv nya kaya gimana? Aku bingung jawab apa wkwkwk,” jelasnya

Dari acara kuis tersebut, Jerome kian sadar jika orang-orang Jepang memang sudah dilatih untuk mengasah otaknya sedari kecil. 

“Aku jadi paham kenapa orang Jepang banyak yang pinter2 dan suka belajar. Dari kecil tontonannya udah acara quiz2, battle pengetahuan umum..dll gitu wkwkwk,” terangnya.

Lebih lanjut, Jerome pun mengabarkan jika acara kuis tersebut sangat laris di Jepang. 

Bahkan tayang di waktu 'prime time' dan setiap hari. 

"Temen-temenku bilang "acara quiz tuh kebanyakan, tiap hari dari jam 7-9 malem gitu pasti quiz. Artinya di Jepang, acara quiz ini laku banget kan yah kalo sampe tiap hari... hmm mantap jiwa," tulis Jerome. 

Pandangan tentang Acara TV Indonesia

Pria berdarah Batak ini pun memberikan pandangannya mengenai acara di tanah air. 

“Menurutku, ini kalo mau diperbaiki, harus dari 2 sisi. Dari sisi TV, buat acara yang seru dan ada edukasinya. Dari sisi penonton, harus mendukung. Hasilnya, selera mayoritas penonton meningkat, jalan deh." jelasnya. 

Namun ia sadar bahwa konsep yang ditawarkan tak mudah dalam prakteknya. 

Sebab butuh berbagai rencana strategis lainnya untuk mendukung konsep itu.

Jerome sendiri menekankan jika hal tersebut berkaitan dengan selera dari masyarakat dan program yang akan ditayangkan. 

“Kata kuncinya sih "selera masyarakat" dan "acara TV" 2 hal ini saling berhubungan kuat," pungkas Jerome Polin. 

Menarik juga ya, jika acara TV di Indonesia juga ditingkatkan kualitasnya. Selain menghibur, acara TV juga bisa menjadi media edukasi kepada masyarakat. 

Sehingga saaat menonton TV bukannya terkesan membuang waktu, malah justru jadi media anak untuk belajar.

viral minggu ini

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa
share fb