Seringkali Dihindari, Mandi Malam Ternyata Punya Segudang Manfaat Kesehatan

Penulis Dian Aprilia | Ditayangkan 05 Aug 2020

Ilustrasi mandi malam hari - Image from beritasatu.com

Lebih baik jika dijadikan rutinitas 

Mandi malam seringkali dihubung-hubungan dengan penyakit rematik. Nyatanya hal tersebut hanyalah mitos lho. Justru mandi malam bisa memberikan manfaat untuk kesehatan asal dilakukan dengan cara yang benar. Begini kiat dan deretan manfaatnya. 

Tahukah Anda, biasanya saat malam hari seringkali kita menghindari mandi malam karena alasan kesehatan. Padahal alasan tersebut hanyalah mitos saja, lho!

Mengkait-kaitkan mandi malam dengan rematik adalah mitos yang paling sering dipercaya oleh masyarakat Indonesia. Padahal faktanya, mandi malam hari tidak ada hubungannya sama sekali dengan penyakit rematik. 

Faktanya, mandi di malam hari justru memiliki segudang manfaat kesehatan yang jarang kita ketahui. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari mandi malam hari berikut ini.

Mandi di Malam Hari

Dikutip dari Nakita.id, menurut dr R. Sutomo Slamet Iman Santoso, ahli penyakit dalam, sebenarnya waktu yang optimal untuk bekerja adalah delapan jam sehari agar tidak mengganggu kesehatan. 

Tentu tidak ada larangan jika kamu bekerja lebih dari delapan jam. Seiring bertambahnya umur ketahanan badan akan menurun perlahan-lahan.

Terkait mandi malam, sebenarnya hal tersebut tidak menjadi masalah jika orang tersebut dalam kondisi sehat dan fit. 

Cara mandi malam yang relatif aman untuk tubuh, misalnya.

1. Tidak mandi malam dengan air dingin dan dalam keadaan badan gerah sekali 

Sebab jika mandi dalam kondisi tersebut akan membahayakan kesehatanmu. Saat air mulai diguyur dengan air, sebab jantung akan merasa berdebar-debar. 

2. Jika ingin mandi malam, keadaan badan harus fit, tidak terlalu letih

3. Siramkan air dari bak ke tubuh secara bertahap

Sehingga badan akan menyesuaikan diri dengan air dingin tersebut perlahan-lahan. Jadi tubuh tidak kaget dengan perubahan suhu. 

Tetapi kalau sudah sangat letih dan gerah, sebaiknya Anda istirahat terlebih dahulu untuk mendinginkan badan agar tidak kaget saat mandi. Tiga hal diatas harus dipastikan terpenuhi sebelum dan saat mandi malam hari. 

Manfaat Mandi Malam Hari 

Berikut adalah sederet manfaat yang didapatkan jika mandi di malam hari: 

1. Rileks

Mandi malam hari boleh boleh saja dilakukan asal menggunakan suhu air yang tepat. Lalu, hindari mandi dengan air yang terlalu panas karena akan membuat tubuh tidak rileks saat tidur. 

Mandilah dengan suhu yang tepat dengan keadaan malam itu, jangan terlalu panas dan dingin sehingga badan bisa rileks saat tidur. 

2. Membuat kulit menjadi sehat

Menurut Mona Gohara, M.D., Associate Professor klinis dermatologi di Yale School of Medicine, mandi di malam hari adalah cara yang tepat untuk menghilangkan semua bekas riasan wajah dan kotoran yang terkumpul seharian. 

Sehingga mandi malam hari dapat membuat kulit menjadi lebih sehat dan sel-sel kulit mati terangkat.

3. Mandi dua jam sebelum tidur

Waktu terbaik untuk mandi di malam hari adalah dua jam sebelum kamu memutuskan untuk tidur. 

Menurut The American Journal of Biology, mandi dengan suhu hangat dua jam sebelum tidur akan membuat kita merasakan lebih banyak manfaat mandi di malam hari.

Perubahan suhu setelah mandi secara perlahan bisa menjadi pemicu alami agar bisa tidur nyenyak.

4. Mengurangi bau badan

Mandi sebelum tidur bisa membuat sprai dan tempat tidur jadi lebih bersih, sehingga bisa mengurangi bau badan.

Tidur dengan badan yang bersih serta alat tidur yang bersih akan mengurangi bau badan dan jerawat karena mengurangi kotoran dan minyak yang menempel pada kulit. 

5. Membuat tidur lebih lelap

Mandi malam hari bisa mengatur suhu tubuh sehingga bisa membuat tidur lebih lelap.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mandi di malam hari dan setidaknya dua jam sebelum tidur akan membiarkan tubuh memanas dan mendinginkan diri sehingga menjadi waktu yang tepat untuk tidur nyenyak.

Selain itu, mandi bekerja sebagai pereda stres karena mengurangi kadar kortisol dalam tubuh  Kortisol adalah hormon steroid yang diproduksi oleh kelenjar adrenal yang membantu tubuh merenspons stres, mengatur gula darah dan melawan infeksi.

Itulah kiat dan manfaat mandi malam hari. Tak perlu khawatir lagi ya jika ingin mandi saat malam hari. Bahkan bila perlu, jadikan mandi malam hari sebagai rutinitas sehingga kamu bisa mendapatkan manfaat untuk kesehatan tubuh. Selamat mencoba!

viral minggu ini

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa
share fb