Kisah Sedih Kakek Mengenakan Seragam SMA untuk Salat Id Bikin Terenyuh

Penulis Dian Aprilia | Ditayangkan 04 Aug 2020

Kakek mengenakan seragam SMA - Image from m.tribunnews.com

Tidak malu ataupun risih dengan baju yang dikenakannya

Kakek itu datang salat Id dengan mengenakan seragam SMA, tidak hanya celana saja, tapi juga bajunya. Sontak hal ini menarik perhatian orang yang melihatnya. Setelah diajak ngobrol ternyata kondisi kakek ini bikin trenyuh. 

Di tengah semaraknya hari raya Idul Adha, seorang kakek di Bone, Sulawesi Selatan menyita perhatian warganet. Kekek itu datang menunaikan shalat Id dengan mengenakan seragam SMA.

Penampilan kakek itu menarik perhatian pemilik akun TikTok @andisalsaa_s atau Caca. Ia lantas mengabadikan momen saat si kakek itu datang ke lapangan mengenakan seragam SMA dengan membawa peci dan sajadahnya. 

"Kemarin aku lebaran di kampung. Terus lihat bapak ini yang memakai baju SMA ke lapangan buat salat," tulisnya seraya mencantumkan emotikon menangis.

Dalam video yang dibuatnya, tampak kakek bernama Sakka itu datang sendirian dengan berjalan kaki. Seragam SMA yang ia gunakan masih putih, rapi dan terlihat bersih. 

BACA JUGA

Diduga seragam SMA itu adalah baju terbaik yang ia miliki untuk dikenakan ketika ibadah salat Idul Adha.

Begitu salat Id di lapangan selesai, kakek itu berjalan menuju ke arah jalan raya. Kemudian, ia berdiri di pinggir jalan sambil merentangkan salah satu tangannya ke arah mobil yang beberapa kali melintas. 

"Dia berusaha gitu buat cari mobil untuk tumpangan dia pulang," jelas si pembuat video.

Namun, kakek itu tak kunjung mendapatkan tumpangan karena tidak ada kendaraan yang searah dengan rumahnya. Caca yang mengamati dari jauh kemudian memutuskan untuk menghampiri sang kakek.

Ia kemudian mengajak kakek itu untuk mampir ke rumah neneknya yang tidak jauh dari tempat salat Id. Caca menawari kakek itu makan di sana dan memberii sejumlah bantuan kepada si Kakek Sakka.

Dalam rangkaian videonya, Caca kemudian memberikan baju batik untuk si Kakek. Namun kakek itu tetap menolak melepas seragam SMA yang dikenakannya. Alhasil, baju batik itu ia dobelkan di luar seragam SMA.


Kondisi Rumah Kakek

Beberapa hari kemudian, keluarga Caca bertandang ke kediaman Kakek Sakka. Caca mengaku tidak tega melihat kondisi rumah kakek itu.

Kakek Sakka tinggal di sepetak ruangan yang berdinding kayu. Hanya ada satu tempat tidur yang dipenuhi kain dan beberapa perkakas dapur yang digunakan makan sehari-hari. 

Video itu kemudian diunggah ke akun Tiktok-nya, @andisalsaa_s, dan kemudian menjadi viral di sosial media. Sebuah akun Instagram @makassar_iinfo juga membagikan video tersebut. 

Kontan para warganet pun menjadi tersentuh hatinya melihat video kakek yang mengenakan seragam SMA itu.

Mereka terharu dengan semangat Kekek itu tetap melaksanakan ibadah di kala pandemi, meski dengan memakai seragam SMA. 

"Sedih lihatnya, penampilan nomor sekian salatnya yang utama nggih kek, semoga sehat selalu," komentar seorang warganet.

"Mungkin itu sindiran buat anak-anak muda yang masih SMA, yang sehat jasmani tapi enggak mau salat Id kali, positif thinking aja," warganet lain menambahkan komentar.

"Semoga sehat selalu kek," kata beberapa warganet mendoakan.



Tak sampai di situ, warganet pun meminta agar Caca membuka donasi untuk membantu Kakek Sakka. Keluarga Caca kemudian membuka donasi bagi siapapun yang ingin membantu kakek itu. Semoga dengan bantuan yang diberikan bisa membantu kakek untuk hidup layak. 

Bagi kamu yang masih memiliki kakek, sayangilah ia dengan sepenuh hati. Dan jangan lupa untuk merawat dan menjaga hingga akhir hayatnya. Semoga mereka dikaruniai oleh Allah SWT umur yang membawa berkah.

loading...