Beredar Uang Pecahan 75 Ribu, Sudah Bisa Dipesan, Begini Caranya

Penulis Dian Aprilia | Ditayangkan 18 Aug 2020

Tampilan depan uang edisi khusus 75 ribu - Image from makassar.tribunnews.com

Segera bisa ditukarkan di berbagai bank umum, ini daftarnya

Dalam rangka merayakan HUT RI yang ke-75, Bank Indonesia akan mencetak uang pecahan baru. Uang ini sudah bisa dipesan di berbagai perwakilan daerah. Jangan sampai tertipu, ini ciri-ciri uang yang asli. 

Bank Indonesia mengeluarkan uang pecahan baru Rp 75.000 bertepatan dengan HUT Ke-75 Republik Indonesia, pada Senin (17/8/2020).

Uang baru Rp 75.000 ini sudah dapat dipesan di Bank Indonesia dan berbagai perwakilan di daerah. Sementara untuk bank umum akan mulai bisa melayani penukaran sejak Oktober mendatang. 

Agar masyarakat lebih mengenal uang baru Rp 75.000 tersebut, BI memberikan penjelasan terkait ciri-ciri uang tersebut. 

Seperti dijelaskan dalam web BI pintar.bi.go.id uang baru Rp 75.000 dicetak menggunakan durable paper, dengan desain dan unsur pengaman dengan teknologi terkini. 

Inovasi dalam pencetakan tersebut menjadikan uang tersebut mudah dikenali ciri keasliannya dan sulit untuk dipalsukan. 

Sudah Bisa Dipesan ke Bank Indonesia 

Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengatakan, uang peringatan Kemerdekaan RI ini adalah sebagai wujud membagikan kebahagiaan kepada masyarakat Indonesia. 

Oleh sebab itu masyarakat bisa mendapat dan menukarkan uang rupiah edisi khusus ini. 

"Masyarakat dapat memperoleh uang peringatan kemerdekaan ini melalui mekanisme penukaran uang rupiah Rp 75.000. Kami telah distribusikan uang kemerdekaan ke seluruh kantor-kantor Bank Indonesia," kata Perry dalam konferensi pers virtual peluncuran rupiah edisi khusus HUT ke-75 RI, Senin (17/8/2020). 

Ada cara yang perlu diperhatikan untuk bisa menukarkan uang tersebut. Perry bilang, penukaran uang perlu melakukan pemesanan secara online. Pemesanan dilakukan di aplikasi Pintar yang telah disiapkan sejak kemarin. 

"Secara online melalui aplikasi Pintar yang kami siapkan per hari ini, sejalan dengan protokol Covid-19," ujar Perry, Senin (17/08/2020)

Bisa Ditukarkan ke Bank Umum 

Uang edisi khusus ini hanya dicetak sebanyak 75 juta lembar yang bisa ditukarkan melalui bank umum. Bank tersebut diantaranya ialah Bank Mandiri, BNI, BRI, BCA, dan Bank CIMB Niaga. 

Cabang bank umum yang bisa dipilih masyarakat sebagai lokasi penukaran dapat dilihat pada menu aplikasi saat memiliki lokasi penukaran uang.

Namun, penukaran pada bank umum tersebut baru bisa dimulai pada 2 Oktober 2020, hingga seluruh lembar uang edisi khusus telah ditukarkan masyarakat. 

Sedangkan sebelum waktu itu, masyarakat bisa memesan di kantor-kantor Bank Indonesia. Dan sebelumnya melakukan pemesanan online terlebih dahulu. 

Pemesanan bisa dilakukan di aplikasi pintar https://pintar.bi.go.id yang sudah disiapkan sejak kemarin pukul 15.00 WIB.

Desain Uang Pecahan 75 Ribu Edisi Khusus 

Bagian Depan: 

1. Gambar utama Pahlawan Nasional Soekarno-Mohammad Hatta;

2. Gambar bunga Anggrek Bulan yang di dalamnya berisi logo Bank Indonesia yang akan berubah warna dan memiliki efek gerak dinamis jika dilihat dari sudut pandang berbeda;

3. Hasil cetak yang terasa kasar saat diraba pada bagian gambar utama pahlawan, dan tulisan nominal tujuh puluh lima ribu rupiah pada sisi depan uang;

4. Tanda air berupa gambar Pahlawan Nasional Soekarno dan Mohammad Hatta serta electrotype berupa angka "75" yang dapat diterawang; 

5. Gambar saling isi (rectoverso) dari logo Bank Indonesia yang dapat dilihat secara utuh apabila diterawang ke arah cahaya; 

6. Hasil cetak yang memendar dalam 1 (satu) atau beberapa warna jika dilihat dengan sinar ultraviolet berupa:

  • Gambar pengibaran bendera pada peristiwa Proklamasi 17 Agustus 1945
  • Gambar motif songket yang berasal dari daerah Sumatera Selatan; 
  • Jembatan Youtefa Papua.



Bagian Belakang 

1. Gambar anak Indonesia dengan mengenakan pakaian adat daerah;

2. Nomor seri yang meliputi 3 (tiga) huruf dan 6 (enam) angka;

3. Hasil cetak yang terasa kasar apabila diraba di bagian anak indonesia, peta indonesia dalam bola dunia, dan tulisan "DENGAN RAHMAT TUHAN YANG MAHA ESA, NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA MENGELUARKAN RUPIAH SEBAGAI ALAT PEMBAYARAN YANG SAH DENGAN NILAI TUJUH PULUH LIMA RIBU RUPIAH"

4. Tanda air berupa gambar Pahlawan Nasional Soekarno dan Mohammad Hatta serta electrotype berupa angka "75" yang dapat diterawang

5. Gambar saling isi (rectoverso) dari logo Bank Indonesia yang dapat dilihat secara utuh apabila diterawang ke arah cahaya

6. Hasil cetak yang memendar dalam 1 (satu) atau beberapa warna apabila dilihat dengan sinar ultraviolet berupa:

  • Gambar motif tenun Gringsing yang berasal dari Bali
  • Angka "75000";
  • Angka "75"; B
  • Bidang persegi empat yang berisi tulisan "NKRI"
  • Nomor seri yang meliputi 3 (tiga) huruf dan 6 (enam) angka.

Pasti banyak masyarakat Indonesia yang menginginkan uang tersebut. Selain dijadikan sebagai koleksi, uang tersebut juga bisa jadi kenangan dalam kemeriahan peringatan HUT RI yang ke-75. 

loading...