7 Ide Lomba Unik dan Menyenangkan, Dijamin Tetap Aman Dilakukan Saat Pandemi

Penulis Dian Aprilia | Ditayangkan 14 Aug 2020

7 Ide Lomba Unik dan Menyenangkan, Dijamin Tetap Aman Dilakukan Saat Pandemi

Ilustrasi lomba agustusan - Image from kumpulanilmu.com

Agustusan tahun ini akan berbeda dari biasanya 

Gegara pandemi, tentu akan membatasi kita untuk melakukan berbagai kegiatan lomba. Sebab di kegiatan tersebut tentu akan melibatkan kerumunan dan rawan penularan covid-19. Tapi tenang, ini ada 7 ide lomba unik saat pandemi. 

Hari Kemerdekaan Indonesia dirayakan oleh seluruh masyarakat Indonesia setiap tanggal 17 Agustus. Sebentar lagi, masyarakat akan merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-75.

Biasanya, masyarakan merayakannya dengan berbagai kegiatan, mulai dari upacara bendera hingga lomba-lomba.

Ada berbagai lomba yang menjadi populer saat merayakan Hari Kemerdekaan Indonesia, diantaranya ialah lomba makan kerupuk, lari kelereng, dan lain-lain.

Tetapi, karena pandemi virus corona atau Covid-19 ini belum usai, kegiatan lomba jadi tak bisa dilaksanakan. Di masa pandemi seperti ini, ternyata ada cara lain untuk tetap bisa melaksanakan lomba 17 agustus-an. Yakni dengan menggelarnya secara online. 

Bahkan, ide-ide lomba secara online ini tidak monoton dan tak kalah seru dengan berbagai lomba-lomba lainnya. 

Dilansir dari berbagai sumber, berikut adalah berbagai ide lomba online yang bisa dilakukan untuk lomba Agustusan secara daring. 

Lomba E-Sport 

Game online atau e-sport bisa menjadi pilihan untuk jadi lomba Agustusan melalui daring. Saat ini, hampir semua orang memiliki handphone yang bisa digunakan untuk bermain game online.

Selain seru, lomba dengan game online juga mudah dilakukan, karena hanya memerlukan handphone dan juga koneksi internet. 

Lomba TikTok

Siapa yang tidak tahu dengan aplikasi TikTok? Aplikasi ini sangat populer baik di kalangan anak muda maupun orang tua.

Dengan aplikasi tersebut, kita bisa menanfaatkannya untuk mengikuti berbagai lomba. Ada banyak jenis lomba yang bisa dilakukan dengan TikTok, seperti dance challenge atau tantangan menari dengan koreografi yang saat ini tengah viral. 

Lomba mewarnai online

Lomba mewarnai online juga menjadi alternatif lomba yang menarik di tengah pandemi. Caranya cukup mudah, panitia hanya perlu menyiapkan sebuah gambar dan mengirimnya ke peserta via jejaring sosial.

Kemudian peserta bisa mencetak dan mewarnainya di rumah, kemudian dikumpulkan ke panitia.

Lomba cover lagu

Lomba cover lagu juga bisa dilakukan secara online dan tidak kalah seru dengan lomba-lomba yang lainnya. 

Peserta hanya perlu membuat video sambil bermain musik dan menyanyikan lagu tertentu, kemudian mengunggahnya di sosial media. 

Untuk menambah kesan kemerdekaan, bisa menggunakan tema lomba yang nasionalis dan dekat dengan tema-tema kemerdekaan. 

Lomba video kreatif

Lomba video kreatif juga bisa dilakukan untuk menyemarakkan Hari Kemerdekaan Indonesia. Panitia bisa menjadikan kemerdekaan di tengah pandemi sebagai tema lombanya. 

Selain keratif, lomba ini juga bisa mensosialisasikan ide-idemu brilian tentang semangat nasionalisme di masa pandemi. 

Lomba desain

Lomba desain juga salah satu lomba yang bisa dilakukan di masa pandemi seperti ini. 

Selain praktis dan bisa dilakukan di mana saja, lomba desain dengan tema kemerdekaan juga bisa mengasah kemampuan desain dari para peserta. Serta meningkatkan kreativitas.

Lomba membuat masker 

Saat ini, masker jadi salah satu kebutuhan penting bagi masyarakat. Terutama bagi orang-orang yang sering beraktivitas di luar rumah, karena berfungsi untuk melindungi area hidung dan mulut dari virus. 

Nah, panitia lomba juga bisa membuat masker ini jadi alternatif lomba agustusan. Selain melatih kreativitas, masker yang telah dibuat juga bermanfaat untuk keseharian.

Itulah alternatif lomba Agustusan yang bisa panitia lomba adakan selama pandemi. Selamat mencoba. 

SHARE ARTIKEL