Pejual di Pasar Diwajibkan Taati Aturan, Oknum Pejabat Malah Joget Tak Pakai Masker

Penulis Dian Aprilia | Ditayangkan 22 Aug 2020



Pejual di Pasar Diwajibkan Taati Aturan, Oknum Pejabat Malah Joget Tak Pakai Masker

Sejumlah pedagang di Maluku yang tak pakai masker - Image from kompas.com

Kecewa, selama ini suruh taat i aturan para pejabat malah enak-enak

Para pedagang akui susah cari uang gegara pandemi. Di sisi lain para pejabat malah asik-asikan berjoget dan abai dengan protokol kesehatan. Saking geramnya ada yang mengaku tak akan lagi pakai masker. 

Sejumlah warga yang berdagang di Pasar Mardika Ambon, Maluku, mengaku geram dengan sikap yang ditunjukan oknum pejabat saat perayaan HUT ke-75 Provinsi Maluku. 

Pasalnya, dalam perayaan di Kantor DPRD Maluku tersebut mereka terlihat berjoget ria dan abai dengan protokol kesehatan. Rekaman video yang memperlihatkan aksi pejabat itu diketahui sempat viral di media sosial. 

Menyikapi hal tersebut, seorang pedagang bernama Halima mengaku kecewa dengan fenomena tersebut. Sebab, selama ini warga diminta untuk menaati aturan oleh pemerintah. Namun mereka yang membuat kebijakan justru berlaku sebaliknya. 

“Teman tunjukkan video itu buat beta (saya) kemarin. Jujur sakit hati beta lihat video itu, selama ini dong (mereka) suruh kita harus begini begitu sampai katong (kita) susah cari uang, tapi dong sendiri bikin kayak begitu,” kata Halima, Jumat (21/8/2020).

Saking geramnya dengan ulah para pejabat tersebut, ia mengaku mulai sekarang tak akan lagi mengenakan masker. 

Alasannya, sikap yang ditunjukkan pejabat tersebut sudah membuktikan bahwa Covid-19 sudah tidak ada lagi dan tak perlu diwaspadai. 

“Apalagi setiap pakai masker itu kita beli bukan dikasih gratis, jadi tidak perlulah, kita ikut para pejabat saja, kan mereka yang lebih tahu,” katanya.

Hal serupa juga disampaikan pedagang lainnya. Ali mengaku sikap yang ditunjukkan para pejabat saat perayaan HUT Pemprov Maluku tersebut membuktikan bahwa corona sudah tak ada lagi. 

Oleh sebab itu, ia tidak akan lagi memakai masker seperti yang selama ini diperintahkan. 

“Untuk apa pakai masker lagi, kan corona sudah selesai, itu kemarin di Kantor DPRD Maluku sudah joget-joget tak pakai masker,” kata Ali, salah seorang pedagang di Pasar Mardika, Ambon, Jumat.

BACA JUGA

Sebelumnya, Sekwan DPRD Maluku, Bodewil Wattimena menjelaskan, aksi joget yang dilakukan itu dianggap sebagai wujud kegembiraan dalam perayaan HUT Pemprov Maluku. 

“Hari ini kan hari ulang tahun provinsi, masa katong (kita) seng (tidak) bisa bergembira sedikit,” kata Bodewil saat ditemui usai kegiatan. Bodewil mengaku saat acara itu mereka sudah menerapkan protokol Covid-19. 

“Kan kita pakai masker semua itu. Jangan follow up lagi, kita ini kan dalam situasi memperingati HUT provinsi, masa sih katong menuju new normal , masa katong tinggal hidup begini terus,” ujarnya.

Ini jadi curahan hati masyarakat kepada para pejabat khususnya. Jika memang meminta untuk mematuhi protokol kesehatan sebaiknya juga berkomitmen dengan hal yang sama dan memberikan contoh. Bukan malah berperilaku sebaliknya. 

SHARE ARTIKEL