Viral, Seorang Pria di Ngawi Pindahkan Rumah Seluas 120m Hanya dalam 1,5 Jam

Penulis Dian Aprilia | Ditayangkan 09 Jul 2020

Rumah Giman terlihat dikunjungi banyak warga yang penasaran - Image from minangkabaunews.com

Kok bisa seorang diri memindahkan rumah ukuran 10 x 12 meter?

Warga disekitar terheran-heran dengan fenomena tersebut. Bahkan dikabarkan saking herannya banyak warga yang datang untuk melihat rumah yang dipindahkan Giman. Dalam sehari, terhitung 800 orang yang menghampiri rumahnya untuk melihat-lihat. 

Ada yang mengaitkannya dengan kisah Roro Jonggrang hingga kisah Nabi Sulaiman.

Pria di Dusun/Desa Mengger, Kecamatan Karanganyar, Ngawi tengah menjadi perhatian masyarakat. Pasalnya, aksinya memindahkan rumah seorang diri dalam semalam, terdengar tak masuk akal. 

Pria ini bernama Giman (47), Ia mengaku bisa memindahkan (menggeser dan mengangkat) rumahnya tanpa bantuan orang lain. Bahkan aksi tak masuk akal tersebut ia lakukan dalam waktu yang sangat singkat. 

"Saya sendiri yang mindah," ujar Giman dikutip dari detikcom di rumahnya, Kamis (9/7/2020).

Proses memindah rumah itu, kata Giman, dilakukan pada Kamis malam Jumat (25/6). Namun aksi tersebut baru viral dalam seminggu terakhir. 

Giman mengungkapkan ia hanya membutuhkan waktu 1,5 jam untuk memindahkan rumahnya. 

"Proses sekitar satu jam setengah waktu itu. Jadi mungkin banyak orang yang ndak percaya," imbuhnya.

Menurut Giman, rumah yang ia pindahkan merupakan jenis rumah adat Jawa, yang terdiri dari 20 tiang kayu, lengkap dengan atap genting. Rumah itu terbilang cukup besar karena berukuran 10 x 12 meter.

Oleh Giman, rumah itu digeser 60 sentimeter ke depan dan dinaikkan sekitar 1,3 meter dari pondasi lama.

"Panjang pindahnya hanya 60 sentimeter dan naik 1,3 meter," tambahnya.

Kepala Dusun/Desa Mengger Kecamatan Karanganyar, Sudadi mengatakan, banyak warga yang mengaku keheranan atas apa yang dilakukan dan diucapkan oleh Giman. 

"Memang seperti itu kejadiannya sehingga banyak warga yang heran. Bisa dibayangkan dengan sendirian menggeser rumah 60 sentimeter dan naik 1,3 meter," terang Sudadi.

"Pengakuan Pak Giman hanya dalam waktu singkat dalam semalam rumah berpindah atau bergeser dari tempat lama," imbuhnya.

Kisah Nabi Sulaiman 

Sebelumnya diberitakan, Giman viral di media sosial atas aksinya memindah rumah seorang diri dalam semalam. Aksi tersebut dikaitkan dengan kisah Roro Jonggrang dan kisah Nabi Sulaiman.

Dikisahkan pada saat itu, Nabi Sulaiman hendak berdakwah kepada Ratu Balqis, berharap agar ia dan rakyatnya tak lagi menyembah matahari. 

Salah satu strateginya adalah dengan memindahkan singgasana Ratu Balqis ke istananya agar mereka percaya dan berserah diri kepada Allah SWT. 

Sulaiman bertanya kepada para pembesar sebagaimana yang dikisahkan dalam Al Quran sebagai berikut: 

“Berkata Sulaiman: “Hai pembesar-pembesar, siapakah di antara kamu sekalian yang sanggup membawa singgasananya kepadaku sebelum mereka datang kepadaku sebagai orang-orang yang berserah diri”. Berkata ‘Ifrit (yang cerdik) dari golongan jin: “Aku akan datang kepadamu dengan membawa singgsana itu kepadamu sebelum kamu berdiri dari tempat dudukmu; Sesungguhnya aku benar-benar kuat untuk membawanya lagi dapat dipercaya”. (Q.S. An-Naml 27: 38-39)

Pihak pertama yang menyatakan kesanggupannya adalah Jin Ifrit. Dia berkata bahwa ia sanggup memindahkan singgasana tersebut sebelum Baginda Sulaiman berdiri dari duduknya. 

Jika Nabi Sulaiman setuju, kemudian langsung berdiri, maka singgasana tersebut sudah berada di dalam istana beliau.



Nabi Sulaiman belum menjawab, muncul lagi tawaran yang lebih hebat dan lebih cepat. Kali ini datang bukan dari bangsa jin, tapi dari bangsa manusia. Allah SWT berfirman:

“Berkatalah seorang yang mempunyai ilmu dari AI Kitab: “Aku akan membawa singgasana itu kepadamu sebelum matamu berkedip”... (Q.S. An-Naml 27: 40)

Al Quran tidak menceritakan lebih lanjut mengenai jawabn Sulaiman. Namun, begitu mata Sulaiman berkedip secara refleks biasanya manusia, singgasana Ratu Balqis sudah ada dihadapan beliau. 

“… Maka tatkala Sulaiman melihat singgasana itu terletak di hadapannya, iapun berkata: “Ini termasuk kurnia Tuhanku untuk mencoba aku, apakah aku bersyukur atau mengingkari (akan nikmat-Nya). dan barangsiapa yang bersyukur maka sesungguhnya dia bersyukur untuk (kebaikan) dirinya sendiri dan barangsiapa yang ingkar, maka sesungguhnya Tuhanku Maha Kaya lagi Maha Mulia”.(Q.S. An-Naml 27: 40)

Terlepas dari kisah Nabi Sulaiman yang meminta pengikutnya untuk memindahkan singgasana Ratu Balqis, kisah pria ini yang mampu memindahkan rumahnya masih menjadi misteri. 

Bagaimana mungkin, pria seorang diri memindahkan rumah dengan ukuran 10 x 12 m berpindah 60 cm dan ke atas sekitar 1,3 meter. 

Sedangkan kita tahu bahwa jika memindahkan rumah panggung saja butuh berpuluh-puluh orang yang membantu untuk mengangkatnya.

viral minggu ini

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa
share fb