Mengapa Suami Cepat Menikah Lagi Setelah Ditinggal Istri?

Penulis Dian Aprilia | Ditayangkan 09 Jun 2020

Ilustrasi - Image from www.ruangmuslimah.co

Jangan pandang negatif dulu... 

Ada alasan ilmiah mengapa suami cepat menikah lagi setelah ditinggal istri lho Selain itu, ini pandangan agama Islam terkait fenomena tersebut. 

Mayoritas wanita beranggapan bahwa lelaki itu mudah untuk menikah lagi setelah cerai atau ditinggal istrinya (meninggal). 

Terkadang para wanita biasanya akan menganggap sinis, bahkan berpandangan negatif tentang sikap suami tersebut. 

Dianggap punya selingkuhan saat menikah, mudah melupakan kenangan pernikahan sebelumnya, dan lainnya. 

Lantas benarkah anggapan tersebut? Dan benarkah lelaki lebih cepat menikah lagi dibandingkan perempuan jika ditinggal pasangannya? 

Pakar studi gender di Marymount Manhattan College, Susan Shapiro Barash, membenarkan hal itu. Katanya pria cenderung ingin menikah lagi setelah istrinya meninggal. 

Mengapa begitu ya? 

Times menjelaskan, saat istri meninggal pria hancur baik secara fisik maupun psikologis.

Hal ini sesuai dengan penemuan para psikolog di University of Utrecht, Belanda, yang menjelaskan bahwa pria akan mengalami lemah mental, lemah fisik, disabilitas, bunuh diri, dan kematiaan lebih tinggi daripada perempuan ketika ditinggalkan pasangan. 

Terapist, Emily Gordon, juga mengabarkan penemuan terkait hal yang sama. Dijelaskannya bahwa, pria fokus pada kesedihannya, tak punya ruang berbagi cerita yang cukup, serta menyembuhkan lukanya sendiri.

Itu sebabnya ia membutuhkan pendamping hidup dengan menikah lagi.

Namun, penulis Erica Roman juga berpendapat kita tak boleh menghakimi pria yang cenderung ingin menikah lagi setelah istri meninggal kecuali dapat membantunya sembuh dari kesedihan. 

Kondisi Lahir Batin Suami 

Kebanyakan di antara wanita kurang memahami kondisi lahir batin seorang suami. Apalagi jika duda tersebut sudah memiliki anak. 

Kondisi lahir dan jasmani seorang lelaki akan mengalami kesulitan mengasuh anaknya, menjalani hidup sendiri, mengurus perihal rumah tangga yang rinci dan lainnya. 

Mungkin dari permukaan terlihat kuat dan biasa saja, namun sesungguhnya pria yang ditinggal istri meninggal akan sangat rapuh. Dan sangat mungkin memendam kesedihan yang luar biasa.

Jangan Memandang Sebelah Mata Pria yang Menikah Lagi 

Oleh sebab itu, jangan berpandangan negatif terhadap para duda yang menikah lagi. Sebab menikah menjadi salah satu kebutuhannya dan bahkan bisa menjadi obat dari lukanya. 

Apalagi baik Allah SWT dan juga Nabi Muhammmad menganjurkan keputusan tersebut: 

“Dan kawinkanlah orang-orang yang sendirian di antara kamu, dan orang-orang yang layak (berkawin) dari hamba-hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin Allah akan memampukan mereka dengan kurnia-Nya. Dan Allah Maha luas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (An-Nuur: 32)

Selain itu pernikahan juga mampu menciptakan ketenangan dan rasa kasih sayang. Sehingga hal ini baik bagi lelaki yang sedih dan gundah ketika ditinggal istri. 

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman, “Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah Dia menciptakan untukmu isteri-isteri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih dan sayang…” (Ar-Rum: 21)

viral minggu ini

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa
share fb