Jangan Main HP Sambil Tiduran, Ini Bahayanya

Penulis Dian Aprilia | Ditayangkan 19 Jun 2020

Hasil rontgen orang yang sering main hp sambil tidur - Image from today.line.me

Jangan remehkan kebiasaan buruk ini

Jika pernah, sudah saatnya kamu merubah kebiasaan buruk ini. Pasalnya main hp sambil tiduran bisa membahayakan kesehatanmu dan berakibat fatal.

Kalau kamu tergolong gadgetholic atau suka banget mantengin HP sambil tiduran, mending segera ubah kebiasaan burukmu itu. Sebab kebiasaan ini dapat memunculkan dampak yang sangat mengerikan.

Ya, kalau sekedar mata minus mungkin tak akan jadi masalah besar. Lah kalo sampe tulang punggung bengkok hingga jadi bentuk “S”, kan fatal akibatnya. 

Bukan bermaksud berlebihan atau menakut-nakuti aja lho. Karena kejadian ini benar-benar terjadi di Taiwan. Berikut kisah lengkapnya. 

Seorang gadis remaja berumur 16 tahun harus merasakan dampak buruk karena kebiasaan bermain HP sambil tiduran. 

Gadis yang tinggal di Kaohsiung, Taiwan ini harus menerima kenyataan pahit kalau punggungnya berubah bentuk setelah bertahun-tahun melakukan kebiasaan buruk tersebut.

Awalnya, gadis ini tidak menyangka hal buruk ini akan terjadi. Namun, ketika tiba-tiba ia merasakan punggungnya sakit dan sakitnya tidak tertahankan, kemudian Ibunya langsung membawanya ke dokter. 

Beberapa waktu berkonsultasi dan melakukan pemindaian dengan sinar X untuk mencari tahu penyebabnya, si Ibu dan gadis remaja ini sangat terkejut. Hasil yang didapat, punggung anak gadisnya meliuk-liuk persis seperti huruf S. 

Dokter yang melakukan pemindaian X-ray mengatakan jika tulang punggung gadis tersebut mengalami pembengkokan yang mencapai 50 derajat. 

Hasil rontgen punggung - Image from today.line.me

Kemudian, Dokter membuat sebuah rekam jejak medis dan mencari kebiasaan si anak gadis yang menyebabkan tulangnya bengkok. 

Ternyata diketahui, si gadis tersebut sering banget main HP sambil tiduran. Dan akhirnya dokter menyimpulkan jika terjadi tekanan yang berlebihan pada tulang punggungnya hingga menyebabkan pembengkokan. 

Ditambah lagi, adanya fakta bahwa umur-umur 16 tahun merupakan umur pertumbuhan tulang yang membuatnya semakin mudah terbentuk.

Selain itu, dokter juga menjelaskan jika anak gadis ini jarang sekali berolahraga sehingga kekuatan otot dan tulangnya sangat lemah untuk menahan beban yang sering dan dalam waktu lama.

Dokter yang menangani kasus ini sempat mengatakan ada kasus serupa yang pernah terjadi sebelumnya. Namun pembengkokannya hanya sebesar 38 derajat.

Nah loh, jadi jangan main HP sambil tiduran ya kalau gak mau tulang punggungnya bengkok. 

Selain itu, main HP sambil tiduran bisa membuat bengkok punggung, mata sakit, kebiasaan ini juga bisa menyebabkan memar-memar di kepala loh. Sebab tak jarang HP jatuh tepat di muka kita secara nggak sengaja.

So, kalo kamu punya kebiasaan kayak di atas. Lebih baik diubah mulai sekarang, biar tak menuai dampak buruk seperti itu. Sebab jika dibiarkan, tentu akan mengganggu aktivitasmu sehari-hari. 

Jaga selalu kesehatan tulang dan tubuhmu dan jangan lupa berolahraga ya.

viral minggu ini

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa
share fb