Bayi Lahir Tanpa Kedua Tangan dan Kaki, Ternyata Ini Penyebabnya

Penulis Dian Aprilia | Ditayangkan 29 Jun 2020

Ilustrasi - Image from facebook.com

Mengapa kelainan itu bisa terjadi? 

Meski tanpa keempat anggota gerak, bayi tersebut lahir dengan kondisi sehat. Ternyata kejadian ini juga pernah terjadi beberapa tahun sebelumnya. Dan sudah diketahui penyebabnya. 

Bayi perempuan di India lahir tanpa tangan dan kaki karena kelainan genetik langka. Diketahui, ibunya berusia 28 tahun, melahirkan anaknya di desa Sakla, distrik Vidisha, Jumat (26/6/2020). 

Menurut laporan yang dilansir Daily Mail pada Sabtu (27/6/2020), bayi itu lahir dengan kelainan genetik bernama Tetra-Amelia. Kelainan itu membuatnya tidak memiliki keempat anggota badan yakni kedua tangan dan kedua kaki sejak lahir.

Video rekaman yang dicantumkan Daily Mail menunjukkan seorang wanita menggendong bayi tanpa kedua tangan dan kaki itu, yang sedang dibalut selimut. 

Bayi tanpa anggota gerak yang lahir di India - Image from aceh.tribunnews.com

Dr Suresh Aggarwal seorang dokter anak di Rumah Sakit Rajiv Gandhi Smriti, Sironj, mengatakan bayi itu dalam kondisi sehat. Dokter juga mengungkapkan bayi itu akan menjalani pemeriksaan lebih lanjut, apakah organ dalamnya berfungsi dengan baik atau tidak. 

Sindrom Tetra-Amelia adalah kelainan genetik yang disebabkan oleh mutasi pada gen WNT3 dan sangat jarang ditemui. Menurut dokter anak Dr Prabhakar Tiwari yang dikutip Daily Mail, sindrom ini menyerang 1 dari 100.000 bayi yang baru lahir. 

Dia mengaku ini adalah kasus pertama dalam kariernya. Kemudian sebuah studi pada 2011 oleh Dr Eva Bermejo-Sanchez dari Research Center on Congenital Anomalies (CIAC) di Instituto de Salud Carlos III Spanyol mengemukakan, kelainan ini terjadi pada sekitar 1 dari setiap 71.000 kehamilan.

Di beberapa tahun sebelumnya, sindrom ini pernah terjadi, termasuk RJ Wilson dari Florence, South Carolina. Ibunya, Jasmine Self, hamil 5 bulan saat hasil USG menunjukkan anggota badan Wilson tidak tumbuh dengan normal. 

Meski telah disarankan menggugurkan kandungannya, Self dan Rondell Wilson sang kekasih memutuskan untuk tetap melahirkan bayi itu.

Kasus lainnya yang menginspirasi adalah Nicholas James Vujicic. Ia lahir pada 1982 dan juga lahir tanpa keempat anggota geraknya. Ayah empat anak asal Australia itu sekarang menjadi motivator terkenal dan menulis beberapa buku best seller. 

Ia telah mengunjungi lebih dari 44 negara untuk memberikan motivasi, terlepas dari anggota tubuhnya yang tidak sempurna. Dia juga berbagi kisah pengalamannya dengan para murid sekolah, tahanan penjara, dan sejumlah kelompok masyarakat lainnya.

Untuk menghindari kejadian seperti ini, ibu hamil disarankan melakukan cek hamil secara teratur untuk mengetahui kondisi perkembangan janinnya serta menerapkan pola hidup yang sehat. 

viral minggu ini

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa
share fb