6 Ayat Al-Quran yang Bisa Jadi Ikhtiar Menyembuhkan Penyakit

Penulis Dian Aprilia | Ditayangkan 05 Jun 2020

Al Quran - Image from www.madaninews.id

Setiap penyakit ada obatnya 

Separah apapun penyakitnya, Allah SWT tidak akan menurunkan penyakit melainkan menurunkan obatnya juga. Bagi yang sedang sakit, jangan putus asa, coba ikhtiarkan kesembuhan dengan 6 ayat ini. 

Memang benar jika ada ungkapan bahwa kesehatan adalah hal yang paling berharga. 

Sebab percuma jika kita kaya raya, hidup dengan keluarga yang sangat sempurna, pendidikan dan pekerjaan yang baik, tapi kesehatannya buruk. 

Kita tak bisa memanfaatkan segala kebaikan itu semua karena fisik yang tidak prima. 

Misalnya kepala sakit, tak bisa berpikir dengan baik, atau terkena penyakit yang mematikan seperti kanker. 

Membuat tubuh lunglai dan tak bisa bekerja dan beraktivitas seperti biasanya. 

Namun jangan khawatir, sebab inshaallah ada obat untuk segala penyakit yang dialami. Sebagaimana yang tertulis dalam hadist berikut ini : 

"Telah menceritakan kepada kami Harun bin Ma'ruf dan Abu Ath Thahir serta Ahmad bin 'Isa mereka berkata; Telah menceritakan kepada kami Ibnu Wahb; Telah mengabarkan kepadaku 'Amru, yaitu Ibnu al-Harits dari 'Abdu Rabbih bin Sa'id dari Abu Az Zubair dari Jabir dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam, beliau bersabda: "Setiap penyakit ada obatnya. Apabila ditemukan obat yang tepat untuk suatu penyakit, akan sembuhlah penyakit itu dengan izin Allah 'azza wajalla." (HR Muslim).

Sebenarnya dalam Al Quran banyak sekali menyebut tentang ayat-ayat kesembuhan yang memberikan banyak pelajaran penting untuk kesehatan dan obat dari penyakit. 

Berikut adalah keenam ayat Al Quran tersebut : 

1. Surat At Taubah ayat 14

Dibalik segala penyakit dan juga keresahan umat Islam, percayalah bahwa Allah akan melegakan hati para orang-orang yang beriman, sebagaimana bunyi dari ayat berikut ini: 

"Perangilah mereka, niscaya Allah akan menghancurkan mereka dengan (perantaraan) tangan-tanganmu dan Allah akan menghinakan mereka dan menolong kamu terhadap mereka, serta melegakan hati orang-orang yang beriman."

2. Surat An Nahl ayat 69

Madu merupakan salah satu makanan yang sering dikonsumsi oleh Rasulullah SAW. Bahkan dikisahkan dalam hadist bahwa Rasulullah senantiasa konsumsi madu setiap hari. 

Rasulullah rutin mengkonsumsinya setiap pagi. Oleh sebab itu dalam sejarahnya Rasulullah SAW tak pernah sakit fisik. 

Kecuali pada saat mendapatkan sihir dan mendekati ajalnya. 

Dalam kitab Ath-thibb minal Kitab was Sunnah, Muwafiquddin Al Baghdadi menyatakan, 

“Rasulullah SAW biasa minum madu setiap hari, yaitu madu yang dicampur air. Beliau meminumnya di pagi hari ketika perut masih kosong.”

Kebaikan madu yang mengandung obat juga dikisahkan dalam ayat Al Quran Surat An Nahl ayat 69 

"Kemudian makanlah dari tiap-tiap (macam) buah-buahan dan tempuhlah jalan Tuhanmu yang telah dimudahkan (bagimu). Dari perut lebah itu ke luar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan."

Rasulullah SAW bersabda, "Hendaklah kalian menggunakan dua obat yaitu madu dan Al Qur’an." (lihat Sunan Ibnu Majah, j.II, h.1142, hadist no.3452, bab Madu).

3. Surat Yunus ayat 57 

Al Quran bukan hanya petunjuk bagi umat Islam untuk menjalankan syariat agama Islam. 

Melainkan juga berfungsi obat. Obat dari segala penyakit hati, kegundahan, kegelisahan dan juga penyelamat dari akhlak buruk. 

Hal ini tertulis pada ayat berikut ini: 

"Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari Tuhanmu dan penyembuh bagi penyakit-penyakit (yang berada) dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman"

4. Surat Al Isra ayat 82 

Al Quran sebagai obat juga tercermin dalam surat Al Isra berikut ini: 

"Hai manusia, sesungguhnya telah datang kepadamu pelajaran dari Tuhanmu dan penyembuh bagi penyakit-penyakit (yang berada) dalam dada dan petunjuk serta rahmat bagi orang-orang yang beriman."

5. Surat Fussilat ayat 44 

Al Quran juga sebagai penawar bagi orang-orang mukmin: 

"Dan jikalau Kami jadikan Al Quran itu suatu bacaan dalam bahasa selain Arab, tentulah mereka mengatakan: "Mengapa tidak dijelaskan ayat-ayatnya?" Apakah (patut Al Quran) dalam bahasa asing sedang (rasul adalah orang) Arab? Katakanlah: "Al Quran itu adalah petunjuk dan penawar bagi orang-orang mukmin. Dan orang-orang yang tidak beriman pada telinga mereka ada sumbatan, sedang Al Quran itu suatu kegelapan bagi mereka. Mereka itu adalah (seperti) yang dipanggil dari tempat yang jauh".

6. Surat Asy Syuara ayat 80 

Selain itu di Al Quran juga menjelaskan bahwa Allah sebagai penyembuh dari penyakit yang diderita manusia. 

Jadi jangan sampai kita terjerumus dalam keyakinan bahwa penyakit tertentu tidak ada obatnya. 

Padahal jelas-jelas Allah telah menyatakan bahwa Ia berkuasa untuk menyembuhkan penyakit manusia. 

"Dan apabila aku sakit, Dialah Yang menyembuhkan aku,"

Itulah 6 ayat yang bisa diikhtiarkan untuk sembuhkan penyakit. 

Jangan lupa, untuk tanamkan keyakinan dasar bahwasanya setiap penyakit ada obatnya. 

Dan upayakan berbagai hal mulai dari mencari penyembuhan dari dokter, obat-obat alami seperti madu dan lainnya. 

Kemudian tak lupa berdoa kepada Allah. Inshaallah dikabulkan oleh-Nya.

viral minggu ini

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa
share fb