Saat Hidupmu Terasa Berat, Baca 5 Pesan Penting ini

Penulis Dian Aprilia | Ditayangkan 04 Jun 2020

Ilustrasi - Image from seruni.id

Pernah merasa ingin menyerah?

Sebelum berpikiran yang macam-macam, sebaiknya simak dulu 5 pesan penting ini. Pesan ini menyadarkan kita bahwa ada hal luar biasa dari diri kita dan kesulitan yang kita hadapi.

Setiap orang pasti akan menghadapi masalah dan ujian dalam hidupnya. Ketika ujian satu sudah selesai maka pasti akan datang ujian selanjutnya. Namun, janganlah merasa bosan dan mengeluh dengan semua itu. 

Hal-hal seperti itu pasti akan dialami oleh setiap orang di dunia ini. Tak ada seorang pun yang hidup tanpa masalah meski dari luar nampaknya baik-baik saja. 

Namun jangan berkecil hati, sebab justru hal-hal seperti itu yang nantinya akan menguatkan kita di hari-hari selanjutnya. 

Sekarang Anda tidak perlu khawatir ketika menghadapi masalah dalam hidup ini. Berikut ada 5 ayat dari Alquran yang Insya Allah akan memotivasi kita ketika menghadapi masalah, yaitu:

1. Semua Bisa Berubah Jika Mau Merubah Diri

"Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum hingga mereka mengubah diri mereka sendiri," (QS. Ar-Rad:11).

Apa pun kondisinya saat ini, jika mau berubah, maka kamu harus mengubahnya sendiri. Dengan keinginan dan usaha tersebut, yakinlah Allah pasti akan membantu. 

Inilah yang sering dilupakan, banyak yang berharap orang lain di sekitarnya yang berubah, tapi melupakan perubahan dari diri sendiri. 

Ayat ini memotivasi kita untuk mengubah diri kita, maka yang lain akan berubah atas bantuan Allah SWT. 

Misalnya saja masalah kemiskinan. Jika ingin keluar dari jerat kemiskinan, maka berusahalah untuk keluar dari sana. Bukan dengan menuntut bantuan dari Allah tapi tak melakukan apapun. 

2. Bisa Jadi Ada Kebaikan dari Hal yang Dibenci

"Dan boleh jadi kamu membenci sesuatu tetapi ia baik bagimu, dan boleh jadi kamu menyukai sesuatu tetapi ia buruk bagimu, dan Allah mengetahui dan kamu tidak mengetahui," (QS. Al-Baqarah: 216).

Sering kali, saat seseorang mendapati sesuatu yang tidak sesuai dengan harapannya, maka dia akan marah, kecewa, sedih, ngomel, dan akhirnya putus asa. 

Padahal, bisa jadi apa yang tidak dia sukai itu malah sesuatu yang baik baginya. 

Oleh sebab itu, jangan kecewa saat kamu tidak diterima sebagai karyawan di perusahan tertentu. Sebab bisa jadi itu justru suatu kebaikan untukmu. 

Dan bisa jadi Allah sedang mempersiapkan pekerjaan yang lebih baik dari itu. 

Kita tidak pernah mengetahui apa yang akan terjadi di masa depan. Pembelajaran dan kebaikan apa yang didapatkan atas apa yang dihadapi hari ini. 

Untuk itu, syukuri apa pun yang terjadi saat ini termasuk penolakan dan beragam kekecewaan lainnya.

3. Kita Semua Pasti Mampu 

"Allah tidak membebani seseorang itu melainkan sesuai dengan kesanggupannya," (QS. Al-Baqarah: 286).

Jika Anda mengatakan, "saya tidak akan sanggup", sebenarnya kamu sudah mendahului Allah SWT. Kata siapa kamu tidak mampu? Sebab Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. 

Untuk itu, ketika menghadapi banyak kesulitan, yakinlah ujian di depan mata tak mungkin lebih dari kesanggupanmu. Jadi semua yang kamu hadapi pasti sanggup untuk kamu lewati. 

4. Kemudahan bersama kesulitan

"Maka sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan. Sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan," (QS. Al-Insyirah: 5-6).

Kebanyakan orang, saat menghadapi kesulitan, dia berhenti alias angkat tangan. Ada juga yang mengeluh, berharap orang lain mau membantunya mengatasi kesulitan dia. Padahal, bersama kesulitan itu pasti ada kemudahan. 

Jika kamu berharap orang lain yang mengatasi kesulitan, maka kemudahan akan menjadi milik orang lain. Sedangkan kamu tidak akan mendapatkan kemudahan dari kematangan, keterampilan, dan pengalaman yang didapatkan dalam mengatasinya. 

5. Takwa dan tawakal

"Barang siapa bertakwa kepada Allah maka Dia akan menjadikan jalan keluar baginya, dan memberinya rezeki dari jalan yang tidak ia sangka, dan barang siapa yang bertawakal kepada Allah maka cukuplah Allah baginya, Sesungguhnya Allah melaksanakan kehendak-Nya, Dia telah menjadikan untuk setiap sesuatu kadarnya," (QS. Ath-Thalaq: 2-3).

Dua akhlak ini memiliki kekuatan yang luar biasa. Tak ada yang bisaa mengalahkannya. 

Apakah saat ini kamu sedang menghadapi masalah atau tantangan besar? Butuh jalan keluar? 

Maka bertakwalah, Allah akan memberikan jalan dan juga nikmat serta rezeki yang tak diduga-duga sebelumnya.

Itulah 5 ayat yang diturunkan oleh Allah SWT untuk memotivasi hamba-Nya agar tak menyerah dengan keadaan. Semoga bisa kita renungkan dan jadi pengingat untuk senantiasa menjalani hidup dengan lebih baik lagi.

viral minggu ini

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa
share fb