Tips Mudah Bedakan Daging Sapi dan Daging Babi, Tak Hanya Cek Warna

Penulis Dian Aprilia | Ditayangkan 12 May 2020

Beli daging sapi, jangan asal murah

Kasus pemalsuan daging sapi yang ternyata adalah daging babi sangat mengkhawatirkan masyarakat. Oleh sebab itu, Bunda harus tau cara dan tips untuk bedakan daging sapi dan babi, agar tak tertipu.

Pada Senin (11/05), heboh pemberitaan beredarnya daging babi yang disulap mirip daging sapi, dan beredar di 3 kecamatan di Kabupaten Bandung. 

Daging babi itu diolah sedemikian rupa menggunakan boraks, lalu diawetkan sehingga mirip betul dengan daging sapi. 

Hal itu membuat warga yang kerap berbelanja di pasaran, tentu khawatir membeli daging babi. Utamanya bagi pemeluk agama Islam, sebab daging babi merupakan makanan yang haram dikonsumsi oleh Umat Islam. 

Meski keempat pelaku dan dua pengecer tersebut telah ditangkap, namun sejumlah daging babi dinyatakan terlanjur beredar luas di pasar wilayah Kabupaten Bandung.

Baca juga : Ngeri, Daging Babi 63 Ton Disulap Jadi Daging Sapi, Laris Manis di 3 Kecamatan ini

Menyikapi kasus tersebut, sebaiknya setiap orang yang hendak berbelanja daging sapi, memahami perbedaannya dengan daging babi agar tak tertipu. 

Ketua Bidang 1 Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia Cabang Jawa Barat 1 sekaligus Pengurus pada ONT Assosiasi Kesehatan Masyarakat Veteriner Indonesia (Askesmaveti), Drh. Indriantari mengatakan sangat mudah untuk membedakan daging babi dengan daging sapi.

Perbedaan Daging Babi dan Daging Sapi 

Tekstur daging 

Menurutnya, daging babi memiliki tekstur yang lebih lembut dibandingkan dengan daging sapi. Tekstur daging sapi cenderung lebih kaku dan padat. 

Serat daging 

Daging sapai akan terlihat jelas serat-serta dagingnya. Serat terlihat sangat padat dan garis daging tampak jelas. Sedangkan daging babi, serat daging cenderung samar dan renggang. 

Warna daging 

Selain itu dari segi warna, daging babi akan terlihat lebih pucat dan baunya lebih anyir dibanding daging sapi. Secara warna, daging babi ini akan terlihat sangat mirip dengan daging ayam. 

"Daging babi teksturnya beda sekali dengan daging sapi. Dia (daging babi) lebih lembut, warnanya lebih pucat, dan baunya lebih anyir, karena banyak lemak diantara daging-dagingnya. Sedangkan daging sapi lemaknya itu ada di tempat-tempat tertentu, dan warna lebih terang dibanding daging babi," kata Indriantari saat On Air di Radio PRFM 107.5 News Channel pada Senin, 11 Mei 2020. 

Aroma daging

Ia menambahkan perbedaan paling mudah diketahui adalah dengan cara mencium aromanya. 

Bau daging babi rata-rata tidak segar sebab prosesnya didapat dari hasil buruan.

Sementara daging sapi, aromanya lebih segar karena diproses lebih baik saat pemotongan. 

"Sapi pasti dipotong di rumah potong hewan yang diawasi, sehingga dari aroma, tekstur lebih baik," tambahnya.

Ia pun menjelaskan, sebenarnya daging babi paling sulit dibedakan dengan daging kerbau.

Sebab serat daging babi kasar ditambah warnanya yang gelap, dan hal ini hampir sama dengan daging kerbau.

"Serat daging babi lebih kasar dan warnanya lebih gelap dibanding dengan daging sapi," ujarnya.

Seharusnya, ibu-ibu yang biasa belanja daging sapi di pasar mengetahui perbedaan daging babi dengan sapi.

Namun karena sebagian besar cenderung abai dan hanya akrab dengan daging sapi, membuat setiap orang jadi sulit membedakan keduanya.

"Harusnya bisa dibedakan (daging sapi dan daging babi), hanya saja kalau daging yang dioplos, pelaku biasanya menyiram daging babi dengan darah sapi, sehingga aromanya mendekati aroma daging sapi," tambahnya.

Beli di Toko yang Terpercaya

Lebih lanjut ia mengimbau kepada masyarakat untuk membeli daging di tempat atau penjual yang terpercaya dan jelas.

Masyarakat pun diminta membeli daging di tempat penjualan daging yang sudah menetap di pasar.

"Belilah daging di tempat penjualan yang kiosnya ada namanya, dan selalu menetap disitu. Karena ketika di kios mereka pajang nama kios, ada izin dari pasar, berarti mereka tiap hari ada disitu, jadi punya jaminan terhadap produk. Kemudian penanganannya juga pasti baik," pungkasnya.

Itu Bun, tips membedakan daging sapi dan daging babi. Sebaiknya Bunda lebih berhati-hati ya jika ingin membeli daging sapi, jangan sampai tertipu dan akibatnya keluarga bisa mengonsumsi makanan haram dan tak sehat bagi tubuh. 

Selamat mencoba!

viral minggu ini

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa
share fb