Simak, Cara Mudah untuk Dapat Bantuan Listrik Gratis dari Mei - Oktober

Penulis Dian Aprilia | Ditayangkan 15 May 2020

Simak, Cara Mudah untuk Dapat Bantuan Listrik Gratis dari Mei - Oktober

Mau dapatkan bantuan listrik gratis?

PLN berkomitmen untuk memberikan stimulus listrik ini demi meringankan beban masyarakat. Pihaknya juga berkeinginan agar bantuan listrik ini bisa menjangkau pelanggan di daerah terpencil. 

Pemerintah memberikan keringanan biaya listrik kepada masyarakat melalui PT PLN (Persero), bantuan ini diberikan pemerintah untuk meringankan dampak ekonomi masyarakat akibat wabah Corona ini.

Setidaknya sejak April lalu stimulus ini sudah mulai berjalan, PLN memastikan juga bahwa stimulus listrik COVID-19 bulan Mei akan tetap diberikan kepada masyarakat.

Bagi pelanggan pascabayar, listrik gratis dan diskon listrik akan langsung mengurangi tagihan rekening listrik bulan Mei. Sementara untuk 11,8 juta pelanggan prabayar, token listrik bisa didapatkan melalui website PLN.

Baca juga : Perhatian, Diskon Listrik untuk Pelanggan 1300 VA & 900 VA Nonsubsidi, Simak Caranya

"Kami mengimbau seluruh pelanggan prabayar yang berhak mendapatkan stimulus ini dapat mengambil tokennya melalui website ataupun layanan WhatsApp yang telah disediakan," jelas Executive Vice President Corporate Communication and CSR PLN, I Made Suprateka, Kamis (14/5/2020).

Made menjelaskan ada 4 golongan yang berhak mendapatkan stimulus listrik dari PLN. Pertama, pelanggan rumah tangga dengan daya 450 VA berhak mendapatkan listrik gratis selama 3 bulan, dari April - Juni. 

Lalu, pelanggan rumah tangga dengan daya 900 VA Subsidi PLN akan memberikan diskon 50% selama 3 bulan, dari April - Juni.

Selain itu, PLN juga memberikan stimulus untuk pelanggan bisnis kecil (B1) dan pelanggan industri kecil (I1) daya 450 VA. Mereka akan mendapatkan listrik gratis selama 6 bulan, dari Mei sampai Oktober.

PLN juga akan memastikan agar bantuan listrik juga didapatkan oleh pelanggan di daerah terpencil. Oleh sebab itu, PLN akan bekerja sama dengan perangkat pemerintah mulai dari tingkat kecamatan, hingga desa untuk memastikan bantuan listrik dapat dinikmati masyarakat. 

"Kami akan terus memastikan stimulus listrik ini dapat diterima oleh masyarakat, sehingga dapat meringankan beban di tengah pandemi COVID-19 ini," ungkap Made.

Cara Mendapatkan Listrik Gratis PLN

Website Resmi PLN 

Token listrik stimulus COVID-19 bisa didapatkan dari website resmi PLN, begini caranya:

  1. Buka Alamat www.pln.co.id kemudian pilih menu Stimulus COVID-19 (Token Gratis/Diskon)
  2. Masukkan ID Pelanggan/ Nomor Meter
  3. Kemudian Token Gratis akan ditampilkan di Layar
  4. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan

Whatsapp

Selain itu, PLN juga menggunakan layanan WhatsApp untuk mempermudah pelanggan mendapatkan token listrik dengan cara:

  1.  Buka Aplikasi WhatsApp
  2. Chat WhatsApp ke 08122-123-123 , ikuti petunjuk, salah salah satunya masukkan ID Pelanggan
  3. Token gratis akan muncul
  4. Pelanggan tinggal memasukkan Token Gratis tersebut ke meteran yang sesuai dengan ID Pelanggan

SHARE ARTIKEL