Sering Lupa Rakaat Sholat? Tak Usah Bingung, Lakukan Anjuran Rasulullah ini

Penulis Dian Aprilia | Ditayangkan 12 May 2020

Aduh, tadi udah rakaat keberapa ya? 

Jangan risau, Rasulullah SAW pun pernah lupa rakaat shalat. Beliau menganjurkan umat Islam untuk melakukan amalan ini ketika lupa rakaat shalat untuk memperbaiki kualitas shalatnya.

Suatu ketika Rasulullah SAW lupa berapa jumlah rakaat ketika shalat. Setelah shalat, beliau ditanya oleh para sahabat, apakah ada perubahan jumlah rakaat dalam shalat tersebut?

Jawab Rasulullah SAW, "Saya hanyalah manusia biasa. Saya bisa lupa sebagaimana kalian lupa. Jika saya lupa, ingatkanlah aku. Jika kalian ragu tentang jumlah rakaat shalat kalian, pilih yang paling meyakinkan, dan selesaikan shalatnya. Kemudian lakukan sujud sahwi." (HR. Bukhari & Muslim).

Sahwi bermakna lupa. Sujud sahwi dilakukan ketika lupa saat sedang shalat. Untuk itulah, sujud sahwi dianjurkan dalam rangka menutup kekurangan ketika sholat yang disebabkan karena lupa.

Baca juga : Janji Allah Nyata, Siapa Memudahkan Akan Dimudahkan

Penyebab Perlunya Sujud Sahwi 

1. Kekurangan rakaat
2. Kelebihan rakaat
3. Tak melakukan tasyahud awal
4. Ragu jumlah rakaat 

Tata Cara Sujud Sahwi 

1) Niat 

Dalam menunaikannya, kamu perlu berniat terlebih dahulu pada penghujung rakaat terakhir. Sesudah tahiyat akhir, sebelum memberi salam, ucapkan takbir dan sujud dengan membaca lafadz sujud sahwi. 

2) Sujud

Lafadz ini dibacakan 3 kali dalam sujud sahwi:

سُبْحَانَ مَنْ لاَ يَنَامُ وَلاَيَسْهُوْ

(Subhana Man Laa Yanaamu Walaa Yashuu) 

Artinya : Maha suci Allah, zat yang tidak pernah tidur dan tidak pernah lupa

3) Duduk diantara 2 sujud

Selepas membaca lafadz tersebut, bangun daripada sujud dan duduk dalam posisi di antara dua sujud, sama seperti yang biasa kita lakukan dalam sholat. Bacaan juga sama seperti duduk antara dua sujud.

4) Sujud sekali lagi 

Setelah itu duduk kembali pada posisi duduk di antara dua sujud lalu lakukan sujud sahwi sekali lagi. Kemudian duduk tahiyat akhir dan beri salam seperti biasa (tanpa perlu mengulang bacaan tahiyat akhir sekali lagi).

Hikmah Sujud Sahwi 

Sujud sahwi sangat dianjurkan untuk memperbaiki shalat yang tidak sempurna. Dalam amalan ini terkandung pembelajaran bagi umat muslim. Yakni kita sebagai manusia dan hamba-Nya sangat penuh dengan kekurangan. 

Salah satunya adalah sifat lupa. Oleh sebab itu, Rasulullah SAW menganjurkan kita menunaikan sujud sahwi untuk menutup kekurangan dalam shalat. 

Selain itu, kita juga bisa menarik hikmah bahwa Allah SWT adalah Tuhan yang Maha Penyayang lagi Maha Pengampun. Dia memberikan ampunan atas kesalahan yang kita perbuat serta tetap memberikan peluang pada kita untuk memperbaikinya.

Semoga kita semua dapat memperbaiki kualitas ibadah kita dan mengumpulkan sebanyak mungkin bekal untuk akhirat kelak.

viral minggu ini

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa
share fb