Sebelum Orang Tua Meninggal, Lakukan 5 Hal ini Agar Tak Menyesal

Penulis Dian Aprilia | Ditayangkan 16 Apr 2020

Sebelum Orang Tua Meninggal, Lakukan 5 Hal ini Agar Tak Menyesal

Jangan sampai menyesal, 

Orang tua kita semakin hari semakin sepuh, tapi apakah kita sudah memberi kebahagiaan untuk mereka? Orangtua kita tak perlu harta toh juga tak akan mereka bawa meninggal, walau apapun di dunia ini tak bisa dibandingkan jasa-jasanya, tapi bisa melakukan hal-hal ini.

Tanpa kita sadari, semakin hari umur kita semakin bertambah dan menjadi lebih dewasa. Bahkan ada yang sudah menikah dan punya anak-anak. 

Hal ini sejalan dengan orang tua kita yang semakin hari semakin menua. Banyak hal-hal yang mungkin belum kita lakukan untuk membalas kebaikan mereka. Meski kasih sayang dan kerja keras mereka tak ternilai dan tak terbatas. 

Baca juga :  Pilih Pasangan itu yang Bisa Merubahmu Jadi Shalihah!!!

5 Hal yang Perlu Kamu Lakukan Sebelum Kepergian Orang Tuamu 

Oleh sebab itu, jangan lupa, bahagiakanlah keduanya sebelum mereka berpulang. Berikut 5 hal yang perlu Anda lakukan pada orang tua.

 1. Berdamai dengan masa lalu 

Tidak ada orang tua yang sempurna. Begitu pun dengan seluruh manusia di dunia ini. Masing-masing dari kita punya kelebihan dan kekurangan. Sama halnya dengan orang tuamu. 

Meski jauh dari sempurna, ingatlah banyak jasa dan kebaikan mereka yang tak mampu kau balas dengan apapun. Mereka sudah berusaha sekuat tenaga memberikanmu kehidupan untuk berdiri sampai di titik ini. 

Meskipun terkadang ada konflik dan perselisihan dengan mereka. Serta berbagai hal yang menimbulkan luka di hati. Hal baik yang bisa Anda lakukan saat ini adalah berdamai dengan masa lalu dan memaafkan mereka.

2. Abadikan momen bersama mereka 

Kalau dulu orangtuamu yang sering mengabadikan tumbuh kembangmu, sekarang saatnya kita mengabadikan kehadiran mereka di sisi kita. Mengabadikan momen-momen kebersamaan dengan mereka, yang mungkin suatu saat nanti takkan bisa terulang. 

Habiskan waktu bersama mereka dan nikmati momen bersama. Buat kenangan-kenangan baru sebelum mereka pergi dari hidup kita selamanya. Setidaknya ketika sudah tidak ada di sisi kita, kita bisa mengenang mereka melalui foto dan video bersamanya.

3. Cari tahu dimana mereka akan tinggal 

Saat seseorang semakin menua, mereka sudah cukup lelah bekerja, pasti ada sebuah tempat beristirahat yang sangat mereka inginkan. Ada orangtua yang masih ingin dekat dengan anaknya atau ada orangtua yang ingin kembali ke tempat masa kecilnya. 

Kamu bisa menanyakan keinginan di mana mereka akan tinggal menghabiskan sisa hidupnya. Ajaklah mereka berbicara dan berdiskusi mengenai hal itu. Biarkan mereka bercerita dan mengungkapkan apa yang mereka inginkan nanti.

4. Ajak mereka untuk berolahraga 

Semakin seseorang menginjak usia tua, kesehatan mereka pun lambat laun akan menurun. Mereka tidak sebugar dulu saat masih bekerja dengan kita yang masih balita dan remaja. 

Ajaklah mereka sesekali untuk berolahraga ringan. Walaupun mungkin akan ada sedikit penolakan, kamu bisa meluangkan waktu dan menemaninya. 

Mengingat mereka sejak dulu selalu siap siaga menjaga kesehatanmu agar tumbuh menjadi anak yang sehat dan sekarang saatnya kita yang peduli akan kesehatan mereka.

5. Urus mereka dengan baik 

Usaha mereka dalam mengasuh dan memberikan kasih sayang pada kita dari bayi, anak-anak, remaja hingga dewasa, sungguh tak ternilai hargannya. 

Mereka rela berkekurangan demi kecukupan anak-anaknya. Mereka rela berlelahan dan tak ada waktu istirahat, semata demi anak-anaknya. Mereka yang mendukung kita hingga di titi ini. Saat usia mereka telah sepuh, maka saatnya kita untuk mengurunya dengan baik. 

Membalas kasih sayang yang telah mereka berikan. Membalas semaksimal mungkin dengan apa yang kita bisa. Jaga orangtuamu, balas kasih sayang mereka dengan kasih sayangmu. 

Semoga orang tua kita semua dikaruniai panjang umur dan keberkahan di usianya. Dan semoga kebahagiaan meliputi kita semua.

Artikel Terkait
viral minggu ini

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa
share fb