Ibu-ibu Tak Usah Khawatir, Jokowi Janji Harga Gula dan Bawang Putih Turun

Penulis Dian Aprilia | Ditayangkan 03 Apr 2020

Ibu-ibu Tak Usah Khawatir, Jokowi Janji Harga Gula dan Bawang Putih Turun

Ilustrasi warung bahan pokok - Image from wajibbaca.com

Tenang, harga bahan pokok akan segera turun. 

Jangan melakukan panic buying sebab akan rusak harga di pasaran. Minggu depan, Jokowi telah pastikan harga bahan pokok akan turun. Bulan Ramadhan datang, bahan makanan siap sedia dan terjangkau. 

Presiden Joko Widodo menjanjikan harga bahan pokok akan kembali stabil menjelang Ramadan, bulan April ini. Jokowi juga menyebut, harga gula dan bawang putih yang dalam sebulan belakangan ini cukup melejit dipastikan akan segera turun. 

"Untuk gula, saya dapat laporan Mentan bahwa minggu depan akan turun ke kondisi normal yakni Rp 12.500/kg. Bawang beberapa juga sudah masuk. Kita harapkan bawang putih, minggu depan atau syukur, minggu ini kembali normal di harga Rp 20-30 ribu/kg," ujar Jokowi di Istana Kepresidenan, Bogor, 2 April 2020.

Baca juga : Terlanjur Sebar Undangan, Kapolsek Kembangan Gelar Pesta Nikah Berujung Mutasi

Rincian Harga Bahan Pokok 

Mengacu pada data Pusat Informasi Harga Pangan Strategis (PIHPS) Nasional, sejumlah bahan makanan pokok memang diketahui naik dari harga biasanya. Rata-rata harga cabai rawit merah di pasar tradisional seluruh provinsi per kilonya mencapai Rp 50.850 atau naik 27 persen dibanding dengan harga pada 3 Maret 2020, yang berkisar Rp 40.000 an. 

Kenaikan harga bahan pokok yang melonjak tidak hanya dialami cabe rawit namun juga gula pasir. Rata-rata harga gula pasir lokal di seluruh pasar tradisional di tanah air saat ini mencapai Rp 18.450. Harga gula pasir ini naik 23,4 persen dibandingkan harga pada 3 Maret lalu. 

Adapun harga bawang merah juga naik per kilonya menjadi Rp 40.700/Kg. Sedangkan harga bawang putih di dalam negeri masih berada di kisaran Rp.45.000/kg.

Sehingga dengan rincian data tersebut, maka gula pasir yang awalnya mencapai Rp 18.450 akan turun menjadi Rp 12.500, sedangkan harga bawang putih yang saat ini mencapai harga Rp.45.000 akan turun menjadi Rp 20.000 - Rp 30.000.
"Kita harapkan Minggu depan semua sudah normal dan kita harus memastikan distribusi logistik ini lancar sehingga bahan pokok tersedia di pasar-pasar," ujar Jokowi.

Jokowi Pastikan Tidak Ada Gangguan Distribusi 

Selain berfokus pada penurunan harga bahan pangan, Jokowi juga melihat ada angguan distribusi karena ada beberapa daerah yang memblokir jalan akibat wabah Corona atau Covid-19 ini. Ia kemudian mengutus Mendagri untuk menegur daerah-daerah yang memblokir jalan. 

"Saya harapkan Mendagri tegur daerah yang memblokir jalannya di daerah agar urusan distribusi logistik tidak terganggu. Saya dapat laporan dari 3 daerah, beras terganggu karena jalan ditutup. Tolong kepala daerah diberitahu ini," ujar Jokowi.

Artikel Terkait
viral minggu ini

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa
share fb