Tertular Corona Saat Dansa, Lakukan ini Agar Tak Mudah Tertular

Penulis Dian Aprilia | Ditayangkan 03 Mar 2020

Tertular Corona Saat Dansa, Lakukan ini Agar Tak Mudah Tertular

Ilustrasi Corona - Image from cdn.pixabay.com

Indonesia masuk dalam deretan negara yang berstatus positif terinfeksi virus corona. Status tersebut ditetapkan setelah dua warga Depok dikabarkan positif terinfeksi virus corona. 

Untuk itu kita diharap selalu waspada agar tidak tertular virus corona yang menghantui dunia ini. Dengan melakukan beberapa tips ini insyaAllah dapat mencegah terinfeksi virus.

Mereka adalah ibu dan anak, sang Ibu berusia 64 tahun dan sang puteri berusia 31 tahun. Keduanya tertular virus corona sebab sempat berhubungan dengan warga negara Jepang yang datang ke Indonesia.

Tidak lama setelah meninggalkan Indonesia, warga Jepang itu dikabarkan positif corona ketika berada di Malaysia. 

Awal mula penularannya diduga ketika sang anak berdansa dengan warga negara Jepang di sebuah klub di Jakarta pada 14 Februari lalu. 

Ahmad Yurianto selaku Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes Achmad Yurianto menyebutkan total ada 50 orang yang berdansa di acara tersebut. 

"Setelah selesai dansa kurang lebih 50 orang, dan itu multinasional, maka tanggal 16 Februari si wanita mengeluh batuk dan agak panas, kemudian berobat ke dokter," kata Yuri di Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (2/3/2020) 

Baca juga : 

"Kami tracking kelompok dansanya karena nationality-nya banyak warga beberapa negara, sedang kita tracking dengan pemeriksaan lebih lanjut," kata dia 

Menkes : 'Corona penyakit yang bisa sembuh sendiri' 

Terawan Agus Putranto, Menteri Kesehatan menyatakan virus corona termasuk jenis penyakit self limited disease atau dikenal bisa sembuh dengan sendirinya.

"Harus diingat ini penyakit self limited disease, penyakit yang bisa sembuh sendiri. Sama seperti virus lain," ujar Terawan di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (2/3).

Terawan menambahkan pula, penyakit yang termasuk dalam self limited disease dapat sembuh dengan sendirinya karena kekebalan tubuh yang baik, sehingga bisa melawan virus-virus tersebut. Penyakit dengan jenis yang sama diantaranya ialah cacar air, flu, dan batuk tanpa radang. 

Oleh sebab itu, Terawan mengingatkan kepada masyarakat untuk senantiasa menjaga kesehatan dengan meningkatkan imunitas tubuh. Sebab dengan imunitas yang baik, seseorang tidak mudah terjangkit virus penyakit. 

"Dari awal saya bilang, jaga imunitas tubuh, jaga higienis. Gerakan masyarakat hidup sehat itu juga kita gaungkan di mana-mana," katanya.

Beliau juga mengingatkan agar masyarakat tidak paranoid dengan mewabahnya virus ini. Sebab paranoid yang berlebihan dapat menurunkan imunitas tubuh. 

"Paranoid berlebihan bisa mempengaruhi imunitas, justru kalau imunitas turun lebih mudah terserang penyakit," ujarnya.

Beliau menjelaskan pula, bahwa virus corona tidak bisa berkembang di dalam tubuh yang sehat, oleh sebab itu ia menghimbau masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat. 

"Yang penting menjaga perilaku hidup sehat, gerakan masyarakat sehat, supaya imunitas meningkat," ujarnya.

Imunitas Jadi Kunci Pencegahan dan Pengobatan Corona

Terawan juga menjelaskan bahwa pengobatan pasien terinfeksi corona sama dengan penyakit influenza, yakni dengan mengobati gejala-gejala yang timbul seperti demam, flu, dan batuk. Pasien juga diberikan vitamin untuk memperkuat imunitas tubuhnya. 

"Tidak diberi antibiotik karena bukan disebabkan bakteri, hanya pengobatan flu, serta diberikan vitamin dan makanan sehat untuk mengobati gejala yang timbul," jelasnya.

Direktur Utama (Dirut) RSPI Sulianti Saroso, Mohammad Syahril menyampaikan hal senada, bahwa tidak ada pengobatan khusus untuk membunuh virus corona.

"Pengobatannya itu self limited disease, tidak ada pengobatan khusus, pasien akan sembuh sendiri dengan meningkatkan imunitas," ujarnya.

Benarkah Jamu Bisa Menangkal Virus Corona?

Beberapa kali muncul resep menangkal virus corona yang menggunakan rempah-rempah lokal, seperti temulawak, jahe, sereh dan kunyit. Menanggapi hal tersebut, Terawan buka suara. 

"Semua yang bisa meningkatkan imunitas tubuh berarti itu penangkal," kata Terawan menjawab pertanyaan perihal kemanjuran jamu penangkal corona. 

Terawan menambahkan pula bahwa cara apapun yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh berarti juga bisa menangkal virus, apapun jenis virusnya tidak hanya corona.

"Yang umum saja, termasuk apa saja yang bisa meningkatkan imunitas," kata Terawan 

Cara Meningkatkan Imunitas Tubuh 

Imunitas tubuh menjadi benteng pertahanan utama dalam mencegah terinfeksi virus corona. Lantas bagaimana cara untuk meningkatkan imunitas tubuh? Berikut adalah cara-cara untuk meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga tidak mudah terserang penyakit. 

1. Perbanyak makan sayur dan buah 

Untuk meningkatkan dan menjaga daya tahan tubuh, Anda disarankan memperbanyak konsumsi buah dan sayur. Menurut penelitian, orang yang mengonsumsi sayur dan buah secara teratur dan cukup, tidak akan mudah sakit. 

Sebab sayur dan buah mengandung bitamin dan mineral sehingga bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh guna melawan virus dan bakteri penyebab penyakit. 

Brokoli dan bayam adalah jenis sayuran yang kaya vitamin A dan C serta antioksidan yang tinggi sehingga efektif untuk memperkuat kekebalan tubuh. 

2. Istirahat yang cukup 

Kurang tidur dapat menurunkan daya tahan tubuh. Oleh sebab itu penting untuk menjaga agar waktu tidur sesuai dengan kebutuhan. Umumnya orang dewasa membutuhkan waktu tidur sekitar 7-8 jam, sedangkan remaja membutuhkan waktu tidur sekitar 9-10 jam.

3. Hindari stress 

Stress yang berkepanjangan bis ameningkatkan produksi hormon kortisol. Hormon ini dapat mengakibatkan penurunan fungsi kekebalan tubuh. 

Oleh sebab itu penting untuk mengelola stress agar hormon kortisol tidak meningkat. Sesekali Anda bisa melakukan meditasi, relaksasi, atau jalan-jalan untuk menyegarkan pikiran. 

4. Berolahraga secara teratur 

Dengan banyaknya rutinitas yang Anda lakukan setiap hari, pastikan ada waktu untuk berolahraga. Disarankan dilakukan setiap hari dengan durasi 30 menit per hati. 

Hal ini juga ampuh untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Lakukan olahraga yang Anda sukai, selain sehat, dengan berolahraga juga bisa membantu suasana hati membaik, sebab menghasilkan hormon endorfin yang berguna pula untuk meredakan stress.

5. Konsumsi herbal untuk peningkat imunitas

Selain sayuran dan buah, mengonsumsi herbal juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi kunyit. Warna kuning pada kunyit menunjukkan bahwa rempah ini mengandung kurkumin. 

Kurkumin adalah antioksidan yang juga berperan untuk menguatkan sistem kekebalan tubuh.

viral minggu ini

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa
share fb