Ibu-ibu Dijambret, 100 Juta Raib, Hati-hati Kejahatan Terjadi Karena Ada Kesempatan

Penulis Dian Aprilia | Ditayangkan 06 Mar 2020

Ibu-ibu Dijambret, 100 Juta Raib, Hati-hati Kejahatan Terjadi Karena Ada Kesempatan

Viral, ibu-ibu dijambret - Image from Youtube

Kejahatan bukan hanya karena niat pelakunya, tapi karena ada kesempatan. Selalu waspada!!!

Hati-hati jika mengambil uang di bank dengan uang jumlah besar jangan sendirian. Kejadian viral, video ibu-ibu membawa uang 100 juta, dirampok tepat di depan bank ini menjadi pembelajaran agar selalu waspada dan jangan ceroboh. 

Baru-baru ini tersebar video yang merekam seorang ibu yang diduga dijambret oleh lelaki, video tersebut diketahui merupakan hasil rekaman kamera pengintai.

Menurut informasi, peristiwa tersebut terjadi di Kecamatan Lubuk Alung, Kabupaten Padang Pariaman, pada Selasa (3/3/2020) lalu.

Dalam video viral tersebut, ibu-ibu itu sedang mengenakan kerudung warna hitam, ia terlihat sedang duduk di depan Bank Nagari Pasar Lubuk Alung, Padang Pariaman.

Baca juga : 

Ibu tersebut agak terseret ke depan dan terjatuh saat kantong berisi uang yang dipegangnya dirampas paksa oleh seorang lelaki dari belakang. 

Namun, lelaki penjambret itu langsung kabur dengan berlari dan langsung menuju ke atas sepeda motor yang sudah menunggunya di pinggir jalan tepat setelah merampas tas ibu itu.

Dalam peristiwa itu, diperkirakan uang yang dirampok tersebut berkisar Rp 100 juta yang sengaja disimpan di kantong yang dipegangnya. 

Sementara itu, Kasubbag Humas Polres Padang Pariaman, AKP Emel mengaku polisi telah mengetahui kejadian tersebut. Dan saat ini, pihaknya telah melakukan penyelidikan untuk mengungkap pelaku yang telah menjambret ibu-ibu tersebut.

Patuhi Aturan Keamanan ini, Agar Uang Anda Tetap Aman 

Mengingat pesan dari bang napi yang sering berkata, "Kejahatan terjadi bukan hanya karena niat pelakunya, tapi juga karena ada kesempatan. Waspadalah, waspadalah!"

Pesan tersebut nampaknya sangat relevan dengan kejadian ini, sebab di rekaman CCTV tersebut terlihat sang ibu, duduk sendirian tanpa ada kerabat atau penjaga lain. Dan posisi duduk yang santai, seakan tidak membawa uang ratusan juta. 

Jelas ibu itu jadi sasaran empuk bagi penjambret, peluang keberhasilan mencopet juga cukup besar. Sebab ibu-ibu itu cenderung tidak memiliki kekuatan untuk melawan, dan sedang tidak dijaga siapa-siapa yang berpotensi bisa melawan penjambret. 

Ini juga bisa jadi peringatan bagi siapapun yang ingin mengambil uang dari bank dengan jumlah yang banyak untuk berhati-hati dan mematuhi aturan keamanan berikut ini.

Kabag Penerangan Umum Divisi Humas Polri Kombes Martinus Sitompul pernah membagikan beberapa tips kepada masyarakat yang hendak membawa uang dalam jumlah besar. Hal tersebut diungkapkannya pada Kamis (15/6/2017).

Tips-tips keamanan yang perlu dilakukan, diantaranya ialah : 

  1. Sebelum pergi ke bank untuk mengambil uang, pastikan pada saat perjalanan tidak ada orang yang mencurigakan dan mengikutimu. Selain itu, pastikan tidak ada orang yang tahu jumlah uang yang akan diambil. 
  2. Jika ada orang yang mencurigakan sedang mengikutimu, segera laporkan pada petugas terkait. Anda bisa laporkan pada satpam yang ada di bank, ataupun pada polisi.
  3. Perlu diperhatikan juga, agar tidak pergi sendirian jika akan membawa uang dalam jumlah besar. Ajak keluarga terdekat, teman atau orang yang bisa dipercaya lainnya. Jika memungkinkan ajak kerabat laki-laki yang kuat dan berpotensi melindungi jika terjadi apa-apa.
  4. Pelaku pencurian atau perampokan biasanya lebih dari satu orang. Jika ada orang yang mengaku ban kempis, jangan langsung percaya dan berhenti. Lebih baik berhentilah di dekat pos polisi atau di tempat keramaian, untuk menghambat aksi perampokan. 
  5. Selain itu, masyarakat juga bisa meminta bantuan pengamanan ke polsek terdekat saat ingin membawa uang dalam jumlah besar. Petugas kepolisian akan siap mengamankan warga secara gratis.
viral minggu ini

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa
share fb