Darurat Corona, MUI Imbau Baca Qunut Nazilah, Begini Bacaan dan Artinya 

Penulis Dian Aprilia | Ditayangkan 30 Mar 2020

Darurat Corona, MUI Imbau Baca Qunut Nazilah, Begini Bacaan dan Artinya 

Ilustrasi membaca doa qunut - Image from detik.com

Baca Qunut Nazilah, doa untuk menolak bala. 

Selain berupaya untuk terhindar corona dengan menjaga kesehatan, kebersihan diri, dan jaga jarak dengan orang lain. Penting bagi kita sebagai umat Islam untuk meminta pertolongan kepada Allah SWT yang maha kuasa, agar memberikan kita semua keselamatan dan perlindungan. 

Salah satunya adalah dengan cara membaca Qunut Nazilah, ini bacaan, arti dan cara menunaikannya. 

Jumlah korban corona di Indonesia kian hari terus bertambah. Data per Minggu 30 Maret 2020, jumlah pasien positif Covid-19 mencapai orang 1.285 orang, 114 orang dinyatakan meninggal dunia, dan 64 orang yang berhasil sembuh.

Menanggapi wabah corona yang menyebar luas ini, Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengimbau kepada masyarakat, khususnya umat Islam, untuk terus berkontribusi dalam mencegah Covid-19 dengan cara ikhtiar lahir dan batin. 

MUI menjabarkan ikhtiar batin yang perlu dilakukan bersama agar terhindar dari musibah ini. 

"Ikhtiar batin terus kita laksanakan adalah dengan cara meningkatkan keimanan, ibadah kepada Allah SWT, memperbanyak munajat. Dan dalam setiap kali pelaksanaan salat fardu diselingi doa kepada Allah dengan penuh khusuk dan tawadhu, dan menambahkan dengan qunut nazilah yang dibaca secara khusus karena ada masalah yaitu covid-19," ujar Sekretaris Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH Asrorun Niam Sholeh di Gedung BNPB, Jakarta, Sabtu (28/3/2020).

Selain itu, masyarakat juga harus memperhatikan protokol kesehatan dalam menjalankan ibadah. Salah satunya dengan menghindari kerumunan sebisa mungkin, sekalipun atas nama agama dan beribadah. 

Karena itu penting, tegas Asrorun, MUI mengingatkan agar masyarakat mengikuti fatwa MUI tentang pedoman pelaksanaan ibadah di tengah wabah corona ini. 

MUI tidak bermaksud untuk melarang masyarakat beribadah di masjid. Namun hal tersebut adalah salah satu upaya untuk menghindari kerumunan, yang merupakan cara efektif penularan virus corona. 

Baca juga: Efek Samping Jika Menggunakan Hand Sanitizer Berlebihan

Dengan ketaatan masyarakat terhadap anjuran tersebut, maka bisa menjadi bentuk kontribusi nyata dalam menyelamatkan diri dan orang lain dari tertular virus tersebut. 

"Ibadah yang dilaksanakan secara berkerumun seminimal mungkin dilarang dan dihindari semata untuk kepentingan hifdhul annasi (menjaga manusia). Karena itu, mari bersama-sama memakmurkan bumi Allah dengan ibadah. Ibadah tidak hanya di masjid dan mushola, tapi juga di rumah masing-masing," kata dia.

Apa itu Qunut Nazilah?

Qunut Nazilah adalah amalan yang dicontohkan oleh Rasulullah untuk dilaksanakan saat umat Islam menghadapi persoalan keamanan, pertanian, bencana alam, bencana kemanusiaan, dan lain sebagainya. 

Oleh sebab itu, MUI menganjurkan agar umat Islam melakukan amalan ini guna menangkal musibah wabah Virus Corona yang beberapa waktu terakhir meresahkan masyarakat. 

Doa Qunut Nazilah dianjurkan dilaksanakan pada salat lima waktu, dari shubuh sampai isya. Cara membacanya adalah dengan melafalkan dengan keras saat salat subuh, maghrib, dan isya, sedangkan saat salat zuhur dan ashar dibaca lirih.

Bacaan qunut nazilah disesuaikan dengan musibah yang sedang menimpa umat Islam. Doa tersebut dilafalkan dalam bahasa Arab yang intinya memohon kepada Allah SWT agar musibah tersebut segera diangkat oleh Allah dan berakhir. 

Bacaan Qunut Nazilah dan Arti 

Berikut adalah bacaan doa Qunut Nazilah dan artinya yang wajib diketahui umat Islam. Sebenarnya, qunut nazilah ini tidak berbeda jauh dengan bacaan doa qunut subuh. 

Bedanya pada qunut nazilah, dapat disesuaikan dengan kepentingan terkait dengan musibah yang terjadi.

Contohnya saja ketika dalam kondisi seperti ini, ketika mewabahnya virus corona. Kita bisa memohon kepada Allah SWT agar wabah virus ini segera berakhir serta kita dilindungi dari virus tersebut. 

Qunut Nazilah ini dibaca saat masih berdiri dalam gerakan I'tidak, sebelum sujud pada rakaat terakhir di setiap shalat wajib yang lima waktu. 

Berikut bacaan Doa Qunut:

Allaahummahdinii fii man hadaiit, wa aafinii fii man aafaiit, wa tawallanii fi man tawallaiit, wa baarik lii fiimaa a’thaiit. Wa qinii syarra maa qadhaiit. Fa innaka taqdhii wa laa yuqdhaa ‘alaiik. Innahu laa yadzillu maw waalaiit.

Wa laa ya’izzu man ‘aadaiit. Tabaarakta rabbanaa wa ta’aalait. Fa lakal-hamdu ‘alaa maa qadhaiit, Astaghfiruka wa atuubu ilaik wa shallallahu ‘ala sayyidina muhammadin nabiyyil ummuyyi wa ‘alaa aalihii wa shahbihii wa sallam.

Artinya:

“Ya Allah, berilah aku petunjuk seperti orang-orang yang telah Engkau beri petunjuk. Berilah aku kesehatan seperti orang yang telah Engkau beri kesehatan. Pimpinlah aku bersama-sama orang-orang yang telah Engkau pimpin. Berilah berkah pada segala apa yang telah Engkau pimpin. 

Berilah berkah pada segala apa yang telah Engkau berikan kepadaku. Dan peliharalah aku dari kejahatan yang Engkau pastikan. Karena sesungguhnya Engkau-lah yang menentukan dan tidak ada yang menghukum (menentukan) atas Engkau. Sesungguhnya tidaklah akan hina orang-orang yang telah Engkau beri kekuasaan.

Dan tidaklah akan mulia orang yang Engkau musuhi. Maha Berkahlah Engkau dan Maha Luhurlah Engkau. Segala puji bagi-Mu atas yang telah Engkau pastikan. Aku mohon ampun dan tobat kepada Engkau. Semoga Allah memberi rahmat dan salam atas junjungan kami Nabi Muhammad SAW beserta seluruh keluarganya dan sahabatnya.”

Bacaan Doa Qunut Nazilah Tambahan

Selain doa qunut subuh, pada qunut nazilah ini sebaiknya ditambahkan dengan doa qunut yang dibaca Sayyidina Umar dan Ibnu Umar RA.

Berikut bacaan Doa Qunut Nazilah dan artinya:

Allâhumma innâ nasta‘înuka wa nastaghfiruk, wa nastahdîka wa nu’minu bik wa natawakkalu alaik, wa nutsnî alaikal khaira kullahu nasykuruka wa lâ nakfuruk, wa nakhla‘u wa natruku man yafjuruk. Allâhumma iyyâka na‘budu, wa laka nushallî wa nasjud, wa ilaika nas‘â wa nahfid, narjû rahmataka wa nakhsyâ adzâbak, inna adzâbakal jidda bil kuffâri mulhaq.

Artinya:

“Tuhan kami, kami memohon bantuan-Mu, meminta ampunan-Mu, mengharap petunjuk-Mu, beriman kepada-Mu, bertawakkal kepada-Mu, memuji-Mu, bersyukur dan tidak mengingkari atas semua kebaikan-Mu, dan kami menarik diri serta meninggalkan mereka yang mendurhakai-Mu. Tuhan kami, hanya Kau yang kami sembah, hanya kepada-Mu kami hadapkan shalat ini dan bersujud, hanya kepada-Mu kami berjalan dan berlari. Kami mengaharapkan rahmat-Mu. Kami takut pada siksa-Mu karena siksa-Mu yang keras itu akan menimpa orang-orang kafir.”

Itulah Doa Qunut Nazilah yang bisa kamu amalkan setiap harinya pada setiap sholat wajib agar terhindar dari musibah termasuk virus corona. Semoga kita semua senantiasa dalam lindungan Allah SWT. 

Artikel Terkait
viral minggu ini

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa
share fb