Cerita Perjuangan Dokter Handoko 80 Tahun Tak Gentar Lawan Corona

Penulis Dian Aprilia | Ditayangkan 18 Mar 2020

Cerita Perjuangan Dokter Handoko 80 Tahun Tak Gentar Lawan Corona

Potret dr. Handoko - Image from hot.liputan6.com

Walau dilarang keluarga Dokter Handoko tetap menolong pasien corona

Sungguh ironis, saat banyak rumah sakit menolak kasus pasien positif Covid-19 ditambah lagi dokter muda yang takut merawat pasien corona, Dokter Handoko dengan usia 80 tahun maju serta tak gentar sedikitpun. Hingga akhirnya ia harus dilarikan juga ke ICU karena dikabarkan mengalami sesak nafas.

Semoga Dokter Handoko senantiasa dikaruniai kesehatan dan kekuatan. 

Pemerintah Indonesia kini tengah fokus berperang dengan virus Corona yang mulai menjangkiti masyarakat Tanah Air. 

Hingga kini menurut data Kementerian Kesehatan sudah tercatat 172 kasus pasien positif virus Corona dan 7 orang meninggal di Indonesia. 

Baca juga : 

Dalam upaya menangani pasien positif Covid-19, pemerintah telah menunjuk 132 rumah sakit yang dijadikan rujukan menangani virus Corona tersebut.

Virus Corona yang mulai menjangkiti puluhan bahkan ratusan orang di Indonesia, membuat pihak staf medis bergegas melakukan perawatan dan mengupayakan penyembuhan kepada mereka. 

Salah satu dokter yang menjadi ahli medis untuk merawat pasien Corona adalah dr. Handoko Gunawan, Sp.P. 

Dokter Handoko Gunawan adalah salah satu Dokter Spesialis Paru. Namanya mendadak viral di media sosial lantaran menjadi salah satu dari jajaran dokter yang langsung menangani pasien Corona.

Padahal dokter Handoko Gunawan sudah masuk usia lanjut, sebab saat ini beliau telah berusia 80 tahun. 

Namun hal tersebut tak menyurutkan langkahnya untuk mengabdi dan berperan langsung dalam menangani wabah virus corona. 

Berita ini beredar viral, karena berawal dari unggahan di Facebook milik Noviana Kusumawardhani dan Hengky yang membagikan potret dokter Handoko yang tetap berjuang merawat pasien terinfeksi corona, meski sudah dilarang pihak keluarganya.

Perjuangan Dokter Handoko Gunawan Saat Rawat Pasien Corona

Dilansir dari Facebook milik Noviana Kusumawardhani, Selasa (17/3/2020) ia menuliskan jika dokter Handoko merupakan dokter ahli paru di RS Grha Kedoya yang sudah berusia sekitar 80 tahun. 

Diusianya yang sudah senja, dokter Handoko rela bekerja merawat pasien hingga jam 3 pagi.

"Boleh tolong bantu juga doakan salah satu dokter yg handle covid dokter Gunawan ahli paru di Graha Kedoya usia sdh mendekati 80. Saat ini beliau terus kerja sampai jam 3 pagi karena dokter yg muda banyak yg takut. Anak anaknya udah saranin jgn ikut terjun krn sudah tua tp katanya kalau dia mati jg gpp. Mestinya kita mulai start berita2 spt ini ya drpd nebarin ketakutan terus. Beliau adalah dokter Handoko Gunawan, dokter spesialis penyakit paru di RS Graha Kedoya. Alumni SMAK I. Pengabdiannya luar biasa utk kemanusiaan. #pahlawancovid19" tulis akun Facebook Noviana Kusumawardhani yang diunggah pada Selasa (17/2/2020).

Postingan tersebut juga menampilkan foto dokter Handoko Gunawan yang menggunakan baju anti kontaminasi lengkap dengan masker dan sepatunya. 

Banyak Netizen yang Mendoakan dan Memuji Perjuangannya

Upaya pemerintah dalam melawan Corona memang tak lepas dari kerja keras tim medis yang berada di jajaran depan. Akun Facebook Hengky juga menuliskan jika dokter Handoko merupakan sosok pengabdi kemanusiaan yang luar biasa.

Beragam komentar dari netizen menghiasi laman Facebook tersebut.

"Semoga dr Handoko sehat selalu dan di berikan panjang umur. Semangat....." tulis salah satu netizen.

"Semoga pak dokter d jaga tuhan , selalu sehat dan panjang umur.. GBU pak dokter yg baik hati" timpal lainnya.

"Ikut mendoakan utk semua dokter dan petugas RS dimanapun" imbuh lainnya.

Baca juga: Warga +62 Malah Liburan Ditengah Wabah Corona, `Oh santai aja, kan cuma flu ini!`

dr. Handoko Kini Terbaring di ICU 

Dikabarkan melalui akun instagram @lambe_turah, saat ini beliau sedang terbaring di ICU. 

Dinyatakan di informasi tersebut bahwa dr. Handoko mengalami sesak nafas. Gambar memperlihatkan beliau terbaring di tempat tidur dengan berselimut warna cokelat. 

"A very dedicated dokter, sejak WKS nya dia di Kalimantan, Naik sampan mengunjungi desa-desa di sepanjang sungai. Bayarannya sayur dan buah-buahan. Kadang-kadang saja ada penduduk yang berikan ayam" ungkap pesan dari teks tersebut. 

Pihak Keluarga Mengucapkan Terimakasih 

Melalui akun instagram @lambe_turah juga, diinformasikan tanggapan dari keluarganya, yang bertuliskan kondisi dr. Handoko saat ini. 

Dan ungkapan terima kasih kepada orang-orang yang telah perhatian dan simpati serta mendoakan kebaikan untuk dr. Handoko. 

Lebih jelasnya, informasi tersebut menjelaskan : 

  1. dr. Handoko Gunawan saat ini sudah dalam penanganan RS dan staf medis yang kompeten; 
  2. dr. Handoko Gunawan dalam kondisi sadar dan dapat berkomunikasi dengan baik. (tentunya komunikasi dibatasi) 
  3. Kami keluarga besar dr. Handoko Gunawan mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya atas perhatian, simpati dan doa-doa yang dipanjatkan untuk dr. Handoko Gunawan, baik dari teman-teman, kerabat, netizen dna seluruh lapisan masyarakat yang memberikan semangat dan dukungan.
  4. Kiranya Tuhan Yang Maha Kuasa membalas budi baik kalian semuanya. 
viral minggu ini

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa
share fb