Cegah Corona, Artis Korea Sumbang hingga Milyaran, Artis Indonesia?

Penulis Dian Aprilia | Ditayangkan 16 Mar 2020

Cegah Corona, Artis Korea Sumbang hingga Milyaran, Artis Indonesia?

Artis korena sumbang untuk cegah corona - Image from today.line.me

Menghentikan corona tidak cukup dengan strategi, kebijakan pemerintah, ilmu, namun juga dana super besar!

Salah satu teladan yang bisa kita contoh adalah para artis korea ini, yang rela menyumbang hingga miliaran demi mencegah wabah covid-19 meluas. Hal ini juga jadi perbincangan hangat di twitter, tak sedikit pula yang menyindir para artis ibukota dan Youtuber untuk bisa mencontoh aksi berderma artis Korea.

Bulan Februari lalu, penyebaran virus corona di Korea Selatan kian mengkhawatirkan. 

Belakangan ini, jumlah pasien yang dinyatakan positif mengidap virus ini bertambah ratusan orang dari hari ke hari di seluruh penjuru dunia.

Bahkan data terakhir yang dilaporkan per 15 Maret 2020 menyebutkan bahwa sudah ada 8.086 orang positif menderita virus corona dan 72 meninggal akibat virus tersebut. 

Salah satu keberhasilan Corona untuk menghambat penyebaran virus corona ini adalah karena keterlibatan tidak hanya dari pemerintah Korea Selatan saja melainkan juga para selebritis yang ikut bahu membahu dalam melawan virus corona. 

Puluhan artis Korea mengambil peran dengan berdonasi yang nilainya sangat besar, mencapai ratusan juta won. Bila dikonversikan ke rupiah, angkanya bisa mencapai miliaran rupiah.

Baca juga

2. Suzy

Suzy mendonasikan sebanyak 100 juta won, atau sekitar Rp 1,1 miliar, untuk mencegah penyebaran virus corona. Donasi ini ditujukan kepada keluarga dengan ekonomi ke bawah atau berpendapatan rendah. 

Informasi ini dibenarkan agensinya yang menyebutkan, "Suzy memberi 100 juta won kepada LSM Good Neighbors."

3. Son Ye Jin

Son Ye Jin juga turut ambil peran, dia menyumbang sebesar 100 juta won untuk wilayah Daegu. Terkait sumbangannya tersebut, ternyata Son Ye Jin memiliki makna tersendiri yang berhubungan dengan personalnya.

"Daegu adalah kampung halamanku tempat aku lahir dan dibesarkan, juga tempat di mana orangtuaku hidup sekarang ini. Karena ini adalah tempat spesial bagiku, berita di Daegu ini sangat menghancurkan hatiku," kata dia. 

Sebelumnya diinformasikan pula, Daegu adalah lokasi terdampak covid-19 di Korsel yang paling parah.

Baca juga: `Social Distance` Ampuh Cegah Penyebaran Corona, Simak Info Lengkapnya

4. Kim Woo Bin 

Penghayatan Woo Bin terhadap perjuangan dan dinamika keluarga kurang mampu mengetuk hatinya untuk menyumbangkan 100 juta won.

"Tolong gunakan donasi ini agar orang yang kurang beruntung dan berjuang secara ekonomi, tidak menjadi lebih berisiko untuk terpapar COVID-19 yang berbahaya," tuturnya.

5. Gong Yoo 

Selain deretan artis Korea diatas, Gong Yoo juga menyumbang sebesar 100 juta won kepada masyarakat kurang mampu untuk mencegah virus corona ini. Uniknya, seperti dilaporkan oleh OSEN, Gong Yoo menyumbang dengan menggunakan nama aslinya, yakni Gong Ji Chul.

Realitas tersebut seakan menjadi pengingat bagi orang-orang di Indonesia, tidak hanya artis, pengusaha, dan juga orang-orang dengan kalangan ekonomi ke atas untuk turut andil dalam mencegah penyebaran corona.

Salah satu caranya adalah dengan memberikan sumbangan dana kepada pemerintah untuk disalurkan pada orang yang membutuhkan demi menghambat penyebaran virus corona. Hal ini jadi pembahasan trending di twitter yang dikutip di akun instagram @lambe_turah. 

Semoga dengan adanya pembahasan ini bisa mengetuk hati para dermawan khususnya orang-orang yang mampu, agar bisa bersedekah serta meringankan tanggungan pemerintah. 

Sebagaimana janji Allah, bersedekah tidak akan mengurangi harta kita, justru akan menjadikan harta bertambah berlipat-lipat ganda. Seperti halnya firman Allah dalam surat Al Baqarah ayat 261 :

مَثَلُ الَّذِينَ يُنْفِقُونَ أَمْوَالَهُمْ فِي سَبِيلِ اللَّهِ كَمَثَلِ حَبَّةٍ أَنْبَتَتْ سَبْعَ سَنَابِلَ فِي كُلِّ سُنْبُلَةٍ مِائَةُ حَبَّةٍ ۗ وَاللَّهُ يُضَاعِفُ لِمَنْ يَشَاءُ ۗ وَاللَّهُ وَاسِعٌ عَلِيمٌ

Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui. (QS. Al Baqarah : 261)

Sedekah Tidak Mengurangi Harta

Deretan Artis Korea yang Menyumbang untuk Mencegah Corona

1. Lee Min Ho

Aktor Lee Min Ho menjadi salah satu artis Korea Selatan dengan donasi terbesar untuk mengatasi dan mencegah penyebaran virus corona di negaranya. 

Dilansir dari Allkpop, Lee Min Ho menyumbang melalui delapan lembaga atau organisasi sosial sekaligus. Totalnya, Lee Min Hoo berdonasi hingga 300 juta won Korea atau jika dikonversikan pada nilai rupiah ialah sekitar Rp 3,5 miliar.

Sumbangan tersebut disalurkan melalui berbagai lembaga diantaranya ialah lembaga Fruit of Love, Good Neighbors, Love Bridge, Save the Children, Green Umbrella, dan tiga organisasi peduli anak lainnya. 

Kemudian, donasi tersebut akan disalurkan untuk membantu pengobatan dan pencegahan covid-19 utamanya pada anak-anak yang berasal dari keluarga tidak mampu. Sebelumnya, SM Entertainment mendonasikan dana sebesar 500 juta won Korea (411.488 dollar AS) atau sekitar Rp 5,7 miliar.

Tidak hanya Lee Min Ho saja yang menyumbang uang guna mencegah penyebaran virus corona. Aksi berderma ini juga diikuti belasan artis Korea lainnya. Seakan saling berlomba-lomba untuk memberikan dana terbaik yang bisa diberikan sebagai wujud kepedulian atas wabah corona ini. Diantaranya ialah :

SHARE ARTIKEL