Hindari Plagiat Dengan Situs Cek Plagiarisme Online ini

09 Dec 2019  Bima P

Hindari Plagiat Dengan Situs Cek Plagiarisme Online ini

cek plagiarisme online - Image from futureeducators.org

Sebuah karya ilmiah ataupun artikel online yang baik adalah sebuah tulisan yang benar-benar tertuang dari pemikiran sang penulis sendiri. Pemikiran tersebutlah yang dapat memberi pandangan, wawasan, hingga ilmu baru bagi pembacanya.

Namun dikarenakan sudah banyaknya suatu karya ilmiah atau artikel dengan tema yang hampir serupa, membuat sebuah rangkaian kata di tulisan yang keluar dari pemikiran satu penulis sama dengan penulis yang lain. Untuk itu cek plagiarisme online gratis, cek plagiarisme online free, cek plagiarisme online free Indonesia ini anda butuhkan.

Tulisan yang sama tersebut rentan akan tuduhan plagiarisme. Dan sudah menjadi hal umum bahwa plagiarisme merupakan suatu yang dilarang dalam pembuatan suatu karya ilmiah atau artikel. Sehingga penting untuk cek plagiarisme online bahasa indonesia, check plagiarism online, dan check plagiarism online free

Untuk anda yang saat ini sedang mengerjakan sebuah karya ilmiah atau anda seorang penulis artikel dan tidak ingin dicap tulisannya sebagai sebuah plagiarisme, anda dapat melakukan cek plagiarisme online hasil tulisan anda secara online. Berikut cek plagiat online, cek plagiat online free, dan cek plagiat online gratis

Daftar Situs Cek Plagiarisme Online

1. DupliChecker

Hindari Plagiat Dengan Situs Cek Plagiarisme Online ini

duplichecker - Image from duplichecker.com

Cek plagiarisme online Anda dapat langsung melakukan pengecekan teks atau file langsung menggunakan DupliChecker. Dalam website ini tersedia halaman khusus untuk melakukan pengecekan konten plagiat. Anda hanya harus memasukkan tulisan anda dengan maksimal 1000 kata ke dalam sebuah form yang tersedia.
Dalam website ini Anda akan disuguhkan informasi berapa besar kemiripan konten Anda dengan konten yang lainnya dalam bentuk persen. Jika tulisan anda tidak memiliki indikasi adanya kesamaan konten, website akan memunculkan informasi “No Plagiarism Detected!”.
Fitur lain yang tersedia selain pengecekan tingkat plagiat sebuah konten, website ini juga menyediakan sistem pengecekan lainnya, seperti grammar, paraphrasing, keyword position checker, domain authority, backlink checker, dan masih banyak lainnya.

2. Copyscape

Hindari Plagiat Dengan Situs Cek Plagiarisme Online ini

Copyscape - Image from lifeselfmastery.com

Cek plagiarisme online bagi yang ingin aplikasi plagiarism checker gratis, situs ini mungkin bisa jadi pilihan tepat bagi Anda. Anda dapat langsung mengunjungi copyscape dan menjajal bagaimana situs ini bisa mengetes seberapa jauh tulisan Anda terdeteksi plagiat.
Selain akun gratis yang bisa dimanfaatkan, Anda juga boleh juga memilih akun berbayar. Tentunya, akun berbayar menawarkan fasilitas yang lebih kompleks. 

Bagi para blogger, aplikasi ini memiliki fitur berupa perlindungan situs agar situs Anda bisa dipantau dari tindak plagiasi. Ketika ada situs yang memiliki konten mirip dengan tulisan di situs Anda, maka Anda pun akan mendapat email peringatan.

3. Unicheck

Hindari Plagiat Dengan Situs Cek Plagiarisme Online ini

unicheck - Image from unicheck.com

Cek plagiarisme online selanjutnya adalah Unicheck merupakan website pengecekan konten plagiat yang cukup populer. Website ini digunakan di dalam dunia pendidikan, penulis, peneliti, dan juga editor.

Hingga artikel ini ditulis, tidak kurang dari 1 juta pengguna di seluruh dunia dan 124 juta file sudah dicek menggunakan Unicheck.

Baca JugaTata Cara Penulisan Daftar Pustaka dan Contohnya
Website ini sangat dapat diandalkan untuk dijadikan sebagai senjata untuk mengecek tingkat plagiat konten atau dokumen. 

Website ini menyediakan fitur seperti pencarian yang akurat dengan mengakses lebih dari 40 milyar halaman web, database edukasi, dan file perpustakaan institusional.

Tampilan yang ditawarkan juga cukup interaktif menggunakan berbagai kombinasi warna dengan tambahan informasi yang bisa didapatkan dengan mudah.
Yang tak kalah menarik, aplikasi ini memungkinkan dipasang secara embed ke dalam sistem eLearning. Bagi Anda yang bekerja di institusi pendidikan tentu saja fitur ini cukup bermanfaat, apalagi jika mempunyai sistem eLearning. 

Di dalam eLearning, aplikasi ini akan secara otomatis mengecek setiap paper dan menyediakan laporan yang mudah dibaca.

4. Dustball

Hindari Plagiat Dengan Situs Cek Plagiarisme Online ini

Dustball - Image from niksto.com

Cek plagiarisme online dengan menggunakan situs dustball, Anda bisa menikmati layanan untuk mendeteksi apakah tulisan Anda memiliki kemiripan dengan tulisan lain yang tersedia di dunia maya atau tidak. Menariknya, Anda bisa memanfaatkan fasilitas ini secara gratis.

5. Writecheck

Hindari Plagiat Dengan Situs Cek Plagiarisme Online ini

Writecheck - Image from accessify.com

Cek plagiarisme online aplikasi writecheck adalah aplikasi menarik yang akan mendeteksi plagiarism dalam tulisan. Hal menarik lainnya dari aplikasi writecheck adalah fitur untuk mendeteksi kesalahan tata bahasa dan ejaan dalam tulisan.
Cara penggunaan aplikasi ini pun sangat mudah. Anda dapat mengupload dokumen yang akan dicek dengan format Microsoft Word, WordPerfect, PostScript, .pdf, html, dan rtf. Kemudian, akan keluar hasil berupa laporan plagiarisme yang disertai link langsung menuju sumber plagiasi.
Namun sayangnya Anda tidak bisa mencoba aplikasi yang ditawarkan secara gratis. Anda harus melakukan registrasi dan berlangganan untuk bisa menikmati manfaatnya.

6. PlagScan

Hindari Plagiat Dengan Situs Cek Plagiarisme Online ini

PlagScan - Image from plagscan.com

Cek plagiarisme online dengan plagscan, Anda bisa langsung melakukan deteksi plagiat dengan cara copy paste tulisan di kolong yang sudah disediakan. Anda juga dapat mengupload file yang akan dipindai dengan format ms word dan pdf. 

Hasil teks yang dipindai adalah berupa persentase kemiripan tulisan dengan tulisan lain yang tersedia di dunia maya. Ada fasilitas percobaan gratis untuk menjajal situs ini.

7. PlagiarismChecker.com

Hindari Plagiat Dengan Situs Cek Plagiarisme Online ini

PlagiarismChecker.com - Image from researchgate.net

Cek plagiarisme online pada situs ini, Anda bisa mendapatkan fasilitas pendeteksi plagiat dari tulisan -tulisan Anda secara gratis dan mudah. Situs ini akan mencari berbagai tulisan yang dideteksi oleh search engine Google dan Yahoo.

8. PlagTracker

Hindari Plagiat Dengan Situs Cek Plagiarisme Online ini

PlagTracker - Image from techinasia.com

Cek plagiarisme online adalah website yang menyediakan alat pengecekan konten plagiat yang cukup lengkap. Tapi sayangnya fitur lengkap yang ditawarkan tidak bersifat gratis alias Anda harus menggunakan layanan premium dari PlagTracker. 

Akan tersedia layanan seperti laporan yang cepat, pengecekan grammar, laporan dalam bentuk PDF, pengecekan database, dapat mengecek banyak file (.doc, docx, .txt), pengecekan dengan volume yang unlimited, dan masih banyak lainnya.

Baca JugaKumpulan Doa-Doa Pendek Sehari-Hari yang Mudah Dihafal
Website ini adalah penyedia layanan pengecekan plagiarisme secara profesional. Akan terdapat tim profesional yang khusus melakukan pengecekan konten Anda. Tim yang ditawarkan akan melakukan pengecekan kesalahan sintaksis, tata bahasa, dan alur sesuai dengan semestinya.
Meskipun layanan ini berbayar, tapi tenang saja karena PlagTracker juga menyediakan layanan gratis yang bisa dimanfaatkan. Yang tak kalah menarik, jika layanan pengecekan plagiat lain hanya dibatasi sampai dengan 1000 kata, di PlagTracker, Anda dapat melakukan pengecekan hingga 5000 kata.

9. Viper Anti-Plagiarism Scanner

Hindari Plagiat Dengan Situs Cek Plagiarisme Online ini

viper anti plagiarism scanner - Image from hosteko.com

Cek plagiarisme online cara cek plagiarisme kali ini tidak dilakukan dengan cara langsung mengunjungi situs. Untuk dapat menggunakawebsite pendeteksi plagiat berupa viper anti-plagiarism scanner, Anda bisa mengunduh aplikasinya, lalu diinstal di perangkat komputer. Lalu, lakukan registrasi terlebih dahulu.
Setelah anda selesai install dan registrasi, Anda dapat memanfaatkan aplikasi ini untuk memeriksa seberapa dalam plagiasi yang ditemukan pada tulisan Anda. Ada sekitar 10 miliar sumber yang tersedia untuk diperbandingkan dengan tulisan Anda.

10. Plagiarism Checker SmallSEOTools

Hindari Plagiat Dengan Situs Cek Plagiarisme Online ini

Small SEO Tools - Image from smallseotools.com

Dari seluruh situs cek plagiarisme online yang kami sebutkan di atas, Plagiarism Checker Small SEO Tools tergolong paling populer dibandingkan dengan yang lainnya. 

Pasalnya selain mudah untuk digunakan, yang terbaik dari situs ini adalah Anda dapat menggunakannya secara gratis, tanpa harus melakukan registrasi.
Website ini juga sangat bersifat informatif, yang artinya memberikan informasi secara detail dan mudah untuk dipahami. Tidak hanya cek plagiarisme, terdapat banyak fitur lain yang ditawarkan website ini.
Fitur tersebut seperti Plagiarism Checker, Grammar Check, Reverse Image Search, Word Counter, What is My IP, PDF To Word Converter, Internet Speed Test, dan SEO checker. 

Selain melakukan pengecekan plagiarism, keunggulan lain dari website ini adalah layanan ini adalah tersedianya SEO Checker.
Jadi Webmaster atau praktisi SEO profesional juga dapat memanfaatkan keuntungan menggunakannya. 

Small SEO Tools juga menjamin konten yang dipublikasikan untuk kepentingan SEO menjadi lebih unik dan bebas dari unsur plagiarisme. 

Karena dengan konten yang fresh dan unik menjadi sebuah acuan untuk mendapatkan ranking tinggi di dalam mesin pencari.

Di atas adalah daftar situs untuk cek plagiarisme online. Dengan situs-situs di atas, hasil karya tulisan anda dapat terbebas dari sebuah plagiarisme. Selamat mencoba.

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa