Greater Jakarta itu Apa Sih? Berikut Penjelasan Lengkapnya

 15 Nov 2019  Bima P

Greater Jakarta itu Apa Sih? Berikut Penjelasan Lengkapnya

Greater jakarta - Image from fonolo.com

Anda pernah mendapat panggilan dengan id bernamakan Greater Jakarta? Anda pernah ragu untuk mengangkatnya karena anda bertempat tinggal di luar daerah Jakarta? Atau anda sudah mengangkatnya namun belum yakin dengan apa yang mereka bicarakan? Takut jika itu sebuah penipuan?

Tenang saja, anda tidak sendiri, banyak orang yang kebingungan dan bertanya-tanya siapa sebenarnya Greater Jakarta 2019 ini.

Berikut kami akan mencoba memberikan penjelasan tentang penelpon dengan id Greater Jakarta yang tiba-tiba menelpon anda.

Greater Jakarta itu Apa Sih?

Sebenarnya panggilan dengan id Greater Jakarta tidak dapat selalu diasosiasikan dengan panggilan penipuan. Karena pada umumnya panggilan dengan id tersebut biasanya menawarkan produk dari perusahaan mereka.

Lalu apa sebenarnya Greater Jakarta? Kenapa anda mendapat panggilan dengan id tersebut namun dengan nomor yang berbeda-beda?

Seperti namanya, Greater Jakarta adalah id yang diberikan kepada penelpon yang memiliki nomor depan dengan kode +6221 atau 021. Ini berarti jika penelpon tersebut memiliki nomor depan dengan angka tersebut, sudah dipastikan penelpon tersebut berasal dari wilayah Jakarta ataupun Jabodetabek, karena +6221 atau 021 sudah menjadi kode untuk area tersebut.

Jadi anda sampai disini sudah mengerti apa maksud dari id dengan nama Greater Jakarta artinya yang menelpon anda.

Lalu kenapa orang-orang atau perusahaan yang berada di wilayah Jabodetabek dan sekitarnya menelpon anda? Alasannya beragam, berikut kami coba berikan contohnya.

Penyebab Greater Jakarta Menghubungi Anda

1. Anda sedang atau proses dalam mengajukan kredit

Coba anda ingat-ingat, apakah sebelum anda mendapat telepon dari Greater Jakarta anda sedang atau dalam proses pengajuan kredit? 

Jika iya, maka besar kemungkinan Greater Jakarta yang menghubungi anda merupakan kantor pusat dari tempat anda mengajukan kredit. Tujuan mereka biasanya adalah untuk melakukan verifikasi kepada anda apakah benar anda mengajukan kredit di perusahaan mereka.


2. Bank yang menawarkan jasa kartu kredit

Anda seorang nasabah bank yang memiliki gaji tetap 3 juta atau lebih? Bisa jadi Greater Jakarta yang menghubungi anda adalah kantor pusat dari bank tempat anda menabung. 

Mereka biasanya menawarkan jasa kartu kredit jika mereka menilai anda memiliki keuangan yang "sehat". Tenang saja, jika anda tidak yakin, anda bisa mengecek nomor mereka di internet. Jika memang nomor tersebut benar nomor kantor pusat dari bank tempat anda menabung, pasti nomor tersebut akan tercantum di website resmi mereka.

3. Perusahaan Asuransi menawarkan produk mereka

Sama seperti halnya yang dilakukan kantor pusat dari bank tempat anda menabung, perusahaan asuransi bisa menghubungi anda karena mereka mendapat info dari bank tempat anda menabung bahwa anda memiliki keuangan yang "sehat".

Lalu kenapa perusahaan asuransi tersebut bisa mendapat info dari bank tempat anda menabung? Ini dikarenakan sudah menjadi hal yang umum bagi perusahaan asuransi dan bank dalam bekerja sama untuk berbagi info tentang customer yang dinilai memiliki potensi menjadi customer yang baik.

4. Perusahaan tempat anda melamar kerja

Anda telah mengirimkan lamaran kerja anda kepada beberapa perusahaan harus bersiap sedia untuk mengangkat telepon yang menghubungi anda, dari siapapun itu, termasuk Greater Jakarta. Karena ada kemungkinan Greater Jakarta yang menghubungi anda adalah perusahaan tempat anda melamar kerja.

Namun anda tetap harus berhati-hati terhadap modus penipuan. Jika anda diminta untuk membayarkan sejumlah uang kepada orang yang menghubungi anda, sebaiknya jangan anda hiraukan, apapun alasannya.

Baca Juga :
1. Waspada Modus Penipuan Situs Lowongan Kerja, Sudah Memakan Korban
2. Penipuan Lewat WhatsApp, Jangan Klik Jika dapat Pesan Semacam ini
3. Jika Dapat "Missed Call" dari Nomor Luar Negeri Berikut ini Jangan Diangkat, Awas Perampokan

Anda juga bisa langsung mengecek di website resmi perusahaan tempat anda melamar kerja apakah benar nomor yang menghubungi anda benar-benar nomor resmi dari perusahaan tersebut.

5. Pengumuman anda memenangkan undian atau hadiah

Alasan terakhir ini rentan sekali menjadi sebuah modus penipuan. Memang kami tidak menyangkal jika ada kemungkinan bahwa anda benar-benar menang sebuah undian atau hadiah. Namun kami harap anda tetap harus berhati-hati.

Anda harus ingat-ingat apakah benar anda mengikuti sebuah event undian, apakah benar anda mengikuti event berhadiah sebelumnya. Karena banyak sekali kasus penipuan dengan berkedok hal seperti ini.

Sebenarnya masih ada lagi beberapa alasan kenapa Greater Jakarta menghubungi anda, namun tujuan kami disini adalah untuk memberikan pandangan kepada anda tentang Greater Jakarta.

Kami harap informasi yang kami berikan dapat membantu anda paham tentang konsep Greater, dan membuat anda tidak takut sekaligus berhati-hati dalam merespon panggilan dengan id Greater Jakarta.