Cara Membuka File PDF yang Terkunci

 12 Nov 2019  Bima P

Cara Membuka File PDF yang Terkunci

Cara membuka file pdf - Image from techadvisor.co.uk

File pdf merupakan jenis ekstensi file yang sering anda temui ketika anda memiliki sebuah ebook, e-magazine, kumpulan soal yang anda unduh secara online, dan masih banyak lagi.

Tapi pernahkan anda setelah mengunduh file pdf secara online, ternyata file pdf tersebut tidak dapat anda copy, anda print, atau bahkan anda buka? 

Hal seperti itu terjadi karena sang pembuat file pdf telah memproteksi file pdf dengan password agar file pdf miliknya tidak dapat dimanipulasi secara bebas.

Hal seperti ini seringkali terjadi ketika anda sangat membutuhkan isi dari file pdf tersebut. Tapi anda boleh berlega hati, karena ternyata masih ada cara untuk buka pdf yang terkunci tersebut.

Kami disini akan memberikan panduan cara membuka file pdf yang terkunci. Namun sebelum memberikan panduan tersebut, kami akan menjelaskan sedikit tentang apa itu pdf serta kelebihannya.

Pengertian PDF

Apa itu pdf? PDF (Portable Document Format) merupakan jenis ekstensi dokumen atau berkas yang berguna untuk keperluan pertukaran dokumen digital yang dibuat oleh Adobe System pada tahun 1993.

Fungsi dasar dari file pdf ini pada awalnya adalah digunakan untuk kepentingan pertukaran dokumen digital, namun sekarang format PDF juga banyak digunakan untuk presentasi dokumen dua dimensi yang terdiri dari huruf, teks, grafik vector dan citra.

Tak hanya itu saja, Adobe System Inc kini juga mengembangkan program Acrobat 3-D berupa kemampuan PDF untuk membaca dokumen tiga dimensi. Saat ini PDF sudah menjadi standar ISO dengan kode 32000-1:2008 terhitung sejak Juli 2008.

Kelebihan PDF

1. Format PDF fleksibel digunakan

Seperti yang dijelaskan pada pengertian PDF sebelumnya, dimana portable mengacu pada produk digital yang fleksibel sehingga memungkinkan format ini bisa dibuka pada perangkat apapun seperti komputer maupun pada smartphone.

Meskipun format ini dibuka pada perangkat dengan versi yang berbeda, tidak akan mengubah isi dari dari file. File dengan ekstensi pdf memiliki isi yang bersifat tetap dan tidak akan berubah tanpa adanya bantuan software lain untuk mengubah isi teks didalamnya.

Namun hal tersebut merupakan kelebihan PDF dibanding Microsoft Word yang cenderung akan mengalami perubahan susunan isi jika dibuka pada versi Microsoft yang berbeda.

2. PDF memiliki fitur lock

Adobe System mengembangkan fitur kunci atau lock pada PDF. Sehingga jika Anda ingin merahasiakan dokumen, membuat dokumen tidak bisa disalin atau ingin dokumen dilihat orang lain bisa menggunakan fitur lock untuk memberikan password pada dokumen PDF Anda.

3. PDF dapat diedit

Anda khawatir dokumen yang sudah terlanjur anda konversi atau buat ke PDF tidak bisa di edit lagi? Atau ternyata ada susunan teks yang kacau? Anda tidak perlu khawatir, karena Anda bisa mengedit isi file PDF dengan bantuan software PDF reader.

4. PDF dapat menyimpan gambar

Tidak hanya file berupa teks saja, di format PDF Anda juga bisa menyimpan data berupa gambar, foto maupun grafik. Kelebihan lainnya adalah dengan mengkonversi file ke format PDF dapat mengurangi ukuran atau size dari file tersebut.

5. Kompatibel dengan berbagai komputer

Berbeda dengan format doc dan lainnya yang hanya bisa dibuka pada komputer yang terinstall software Microsoft Office. Format PDF kompatibel dengan berbagai macam sistem operasi komputer seperti Windows, Linux, Mac-OS dan lainnya.

Karena saat ini PDF sudah diterima dan banyak digunakan masyarakat, maka Anda bisa dengan mudah mendapatkan aplikasi pembaca pdf karena aplikasi tersebut tidak terbatas hanya Adobe Reader saja.

Tips Cara Membuka File PDF yang Dikunci

1. Unlock-pdf.com

Unlock-pdf merupakan salah satu website yang menyediakan jasa untuk membuka file pdf yang terproteksi. Caranya hanya mudah, pertama-tama buka Unlock-pdf.com.

Lalu browse file PDF yang ingin Unlock. Lalu klik UNLOCK FILE, tunggu sebentar. Dan download file PDF yang sudah di Unlock.

Cara Membuka File PDF yang Terkunci

unlock-pdf.com - Image from https://panduan.temanweb.com/

2. Crackmypdf.com

Pada dasarnya Crackmypdf.com memiliki fungsi yang sama dengan website di atas. Cara penggunaannya pun sama.

Pertama anda buka website crackmypdf.com lalu browse file PDF yang akan di Unlock, setelah file PDF terpilih kemudian klik UNLOCK.

Anda hanya tinggal menunggu beberapa saat, dan jika sudah selesai, anda dapat mengunduh file pdf yang sudah ter-unlock.

Cara Membuka File PDF yang Terkunci

crackmypdf.com - Image from panduan.temanweb.com

3. Pdfunlock.com

Pertama buka pdfunlock.com untuk membuka file PDF. Lalu pilih PDF yang akan di Unlock dengan menekan My Computer, Lalu tekan UNLOCK untuk membuka file PDF. Tunggu beberapa saat lalu downloadlah file PDF yang sudah di UNLOCK tadi.

Baca Juga :
1. Download Kalender 2020 CDR dan PDF
2. Download Logo SMK Bisa (CDR AI EPS PSD MAC PCT PNG JPG)

Di atas adalah daftar website untuk membuka file pdf anda yang terproteksi. Jika masih ada yang ingin ditanyakan, silahkan berikan komentar dibawah. Selamat mencoba.