Download Kalender 2020 CDR dan PDF

 09 Oct 2019  Bima P

Download Kalender 2020 CDR dan PDF

2020 - Image from entrepreneur.com

Tahun baru 2020 tidak terasa semakin dekat, hal ini membuat kita harus mereview apa saja pencapaian kita dalam tahun 2019 ini dan yang tak kalah penting adalah rencana kita di tahun 2020.

Untuk membantu anda dalam merencanakan target apa saja yang ingin anda capai di tahun 2020, kali ini kami wajibbaca.com akan menyediakan template kalender 2020 yang bisa anda unduh.

Kalender 2020 ini akan berformat CDR dan PDF anda bisa memilih format apa yang anda rasa cocok bagi anda.

Tapi sebelumnya kami akan memberikan informasi terkait kalender dan tanggal libur di tahun 2020.

Download Kalender 2020 CDR dan PDF

kalender 2020 januari - Image from kangtutorial.com

Penjelasan Penanggalan Jawa

Kalender jawa menggunakan penanggalan yang sudah lama digunakan sejak zaman kerajaan mataram dan kerajaan pecahannya. Dalam penanggalan jawa kita mengenal adanya hari pasaran jawa, weton dan wuku hari. 

Penanggalan ini penting dan biasa digunakan untuk mencari hari baik dalam melakukan suatu kegiatan. Wuku adalah bagian dari suatu siklus dalam penanggalan Jawa untuk menentukan hari keberuntungan (hari baik) dan hari sial (naas) serta terkait dengan weton.

Daftar bulan Jawa Islam yaitu: Sura, Sapar, Mulud, Bakda Mulud, Jumadilawal, Jumadilakir, Rejeb, Ruwah (Arwah, Saban), Pasa (Puwasa, Siyam, Ramelan), Sawal, Sela (Dulkangidah, Apit), Besar (Dulkahijjah).

Beberapa nama dari bulan jawa islam diambil dari Kalender Hijriyah, dengan nama-nama Arab. walau ada juga diantaranya yang diambil dari bahasa bahasa Sanskerta. Penamaan bulan sebagian berkaitan dengan hari-hari besar yang ada dalam bulan hijriah.

Hari-hari pasaran atau pekan dalam penanggalan jawa terdiri atas 5 hari yaitu Legi, Pahing, Pon, Wage, Kliwon. Ada juga pekan yang menggunakan 7 hari di wilayah tertentu di Indonesia seperti pulau Bali dan di Tengger.

Baca Juga : Primbon Jawa Arti Nama, Pekerjaan, Tanggal Lahir, Weton dan Watak

Penjelasan Penanggalan Hijriyah

Kalender Hijriyah atau Kalender Islam menggunakan peredaran bulan sebagai referensi atau patokannya. Berbeda dengan kalender masehi yang menggunakan peredaran matahari. 

Kalender Hijriyah digunakan oleh umat Islam, terutama untuk menentukan tanggal dalam ibadah seperti misalnya puasa ramadhan dan hari besar lainnya.

Kalender Hijriyah terdiri dari 12 bulan, berikut ini adalah nama-nama bulannya: Muharram, Safar, Rabiul awal, Rabiul akhir, Jumadil awal, Jumadil akhir, Rajab, Sya’ban, Ramadhan, Syawal, Dzulkaidah, Dzulhijjah.

Nama-nama hari kalender Hijriyah yaitu: Al-Ahad (Ahad),Al-Ithnayn (Senin), Ats-Tsalaatsa’ (Selasa), Al-Arbaa-a/Ar-Raabi’ (Rabu), Al-Khamsah (Kamis), Al-Jumu’ah (Jumat), As-Sabt (Sabtu).

Baca JugaTernyata ini Alasan Kenapa Ramadhan dan Idul Fitri Selalu Maju Tiap Tahun

Manfaat Lain Kalender

1. Pengingat

Kalender juga sangat bagus untuk digunakan untuk mengingatkan kita tentang sesuatu yang harus dilakukan, peristiwa penting dan banyak lagi.
Cukup tandai tanggal dalam bulan tertentu dan isi informasi ringkasannya.

Misalnya, hari ketiga bulan berikutnya adalah hari ulang tahun pacarnya.

Nah agar tidak lupa, lingkari sekitar ketiga dan isi informasi yang disingkat. Dengan cara ini Anda tidak akan melupakan hari-hari penting yang dapat menentukan masa depan.

2. Mengukur Masa Pakai

Ini berarti: misalnya, tabung gas besar digunakan di rumah untuk keperluan memasak dan Anda ingin tahu berapa lama gas akan digunakan.

3. Catatan Kehadiran

Misalnya, Anda ingin mendaftarkan pengajar ke rumah anak yang datang dua kali seminggu. Setiap kali Anda tiba, Anda dapat mengitari tanggal hari ini dan menindaklanjutinya hingga satu bulan.

4. Menetapkan tujuan

Katakanlah Anda ingin menyelesaikan pekerjaan kantor pada tanggal 23 bulan ini.
Kemudian tempatkan sebuah lingkaran pada hari ke 23 bulan itu dan isi tugas yang harus diselesaikan. Setiap kali Anda melihat kalender, Anda akan mengingat tugas yang harus diselesaikan segera. Mudah bukan

Download Kalender 2020 CDR

Download Kalender 2020 CDR​

Download Kalender 2020 PDF

Di atas telah kami sediakan link download untuk kalender 2020. Semoga dengan template kalender 2020 yang kami sediakan dapat membuat anda merencanakan 2020 lebih matang.