6 Aplikasi Kompres Video untuk PC dan Laptop

 22 Nov 2019  Bima P

6 Aplikasi Kompres Video untuk PC dan Laptop

Aplikasi kompres video - Image from tomshardware.com

File video yang berada di perangkat kita seringkali memiliki ukuran yang besar. Hal ini membuat file video tersebut memakan sebagian besar kapasitas memori yang ada di perangkat kita.

Namun anda tidak perlu khawatir, karena ada aplikasi yang dapat memperkecil ukuran dari file video tersebut. Hal ini biasa disebut dengan kompres video.

Kami disini akan memberikan beberapa aplikasi yang dapat anda gunakan untuk mengompres sebuah video. Aplikasi yang kami bagikan akan berbasis aplikasi untuk perangkat PC.

Aplikasi kompres video PC yang kami bagikan tidak akan merusak kualitas video yang akan kompres, baik tidaknya kualitas dilihat dari kualitas awal video tersebut sebelum di kompres. Jika dari awal memang memiliki kualitas bagus, saat di kompres pun hasilnya tidak akan jauh beda.

Kami hanya akan membahas aplikasi dengan fungsi untuk mengompres video saja, jika anda tertarik dengan aplikasi edit video secara penuh, bisa anda baca disini :

Baca Juga: 10 Aplikasi Edit Video PC dan Laptop yang Ringan

Selanjutnya mari kita simak daftar aplikasi kompres video PC di bawah ini :

Daftar Aplikasi Kompres Video PC dan Laptop

1. Avidemux

6 Aplikasi Kompres Video untuk PC dan Laptop

Avidemux compress - Image from ytimg.com

Jika belum mengenal Avidemux, maka sayang sekali. Karena di aplikasi ini kita bisa mengatur berbagai jenis setting, seperti encode, FPS, bitrate dan lain-lain, dengan support format video yang beragam.

Interfacenya juga bisa dibilang simple. Menurut kami cocok untuk digunakan pemula sekalipun yang belum pernah mencobanya.

Tidak lupa juga, selain untuk meresize, aplikasi ini juga punya fitur crop. Jadi Anda bisa menghapus durasi video yang tidak diinginkan.

2. HandBrake

6 Aplikasi Kompres Video untuk PC dan Laptop

Handbrake - Image from scottiestech.info

Handbrake merupakan sebuah software video converter multi-platform. Aplikasi gratis ini bisa kita jalankan di beberapa sistem operasi seperti Windows 64 dan 32 bit, Linux, maupun Mac OS.

Dengan handbrake kita dapat mengatur ukuran video yang akan dihasilkan sesuai dengan keinginan kita. Dan pastinya kualitas terjamin tetap bagus.

Bagi kalian yang memiliki spesifikasi minim tidak perlu takut untuk menginstal aplikasi yang satu ini. Karena aplikasi ini cukup ringan untuk dijalankan. Handbrake juga mendukung hampir semua format video.

3. Windows Movie Maker

6 Aplikasi Kompres Video untuk PC dan Laptop

Windows Movie Maker - Image from malavida.com

Movie Maker adalah aplikasi edit video yang telah terkenal di kalangan pengguna Windows. Software ini memiliki size yang kecil, user interface simpel, serta fitur-fitur yang cukup lengkap untuk anda yang masih pemula.

Hasil kompres yang kami dapat dengan aplikasi ini cukup bervariasi. Tapi rata-rata hingga 80% untuk durasi video 3 sampai 4 menit, dengan kualitas yang menyesuaikan tentunya.

Karena interfacenya yang simpel, mengedit videonya bisa dibilang mudah.

4. Freemake

6 Aplikasi Kompres Video untuk PC dan Laptop

Freemake - Image from freemake.com

Freemake adalah sebuah aplikasi video converter gratis dengan berbagai fitur yang cukup lengkap di dalamnya seperti mendukung beberapa format video.

Selain itu aplikasi ini juga memiliki tampilan yang sangat menarik. Freemake tidak hanya bisa kita gunakan untuk kompres video saja.

Melainkan kita juga kompres berbagai file lain seperti audio dan juga gambar. Cara menggunakannya juga cukup mudah

5. VideoPad Video Editor

6 Aplikasi Kompres Video untuk PC dan Laptop

VideoPad Video Editor - Image from pcworld.com

Selain Movie Maker, VideoPad adalah salah satu aplikasi lain untuk mengedit video yang saya biasa juga pakai. Aplikasi ini memiliki berbagai macam fitur, yang sangat berguna untuk menyesuaikan hasil video milik anda.

Contohnya, me-rotate video, memberi zoom video, mengatur jarak antara video, crop hingga memperbesar suara video yang tadinya kecil.

Baca Juga :
1. 8 Aplikasi Jual Pulsa Murah Dapat Buat Usaha Sampingan
2. 10 Aplikasi Edit Lagu dan Audio Terbaik untuk PC
3. 10 Aplikasi Edit Foto yang Ringan untuk PC atau Laptop

Untuk cara kompres, disini Anda hanya perlu melakukan import video yang diinginkan, kemudian melakukan encode dengan cara menyimpan ulang video tersebut.

6. Wondershare Video Converter

6 Aplikasi Kompres Video untuk PC dan Laptop

Wondershare Video Converter - Image from softpedia.com

Wondershare video converter, adalah aplikasi khusus untuk anda yang ingin mengurangi ukuran video, sekaligus ingin meng-convert ekstensi secara lengkap dengan sentuhan beragam pengeditan pada videonya.

Bukan itu saja, di aplikasi ini kita mengatur video agar bisa sesuai dengan DVD, bahkan juga memungkinkan untuk mengubah format video biasa menjadi VR yang saat ini sedang kekinian.

Tidak heran, Wondershare Video Converter ini cukup terkenal dikalangan editor video (Pemula sampai Professional), terutama para Youtuber.

Itulah 6 aplikasi kompres video pc yang dapat memenuhi kebutuhan anda untuk mengompres file video yang dirasa ukurannya terlalu besar. Selamat mencoba.