HP ini, Tahun 2020 Nggak Bisa Dipakai Chat WhatsApp

 04 Dec 2019  Arief Prasetyo

HP ini, Tahun 2020 Nggak Bisa Dipakai Chat WhatsApp

khusus smartphone berikut whatsapp tidak bisa digunakan tahun 2020 - Image from manado.tribunnews.com

Kalau Anda punya segera ganti!!!

Aplikasi WhatsApp tak bisa dipakai lagi di smartphone ini mulai 1 Februari 2020.

Saat ini aplikasi WhatsApp dijadikan andalan bagi sebagian besar orang untuk berkomunikasi.

WhatsApp sendiri merupakan aplikasi pesan lintas platform yang memungkinkan penggunanya untuk bertukar pesan atau melakukan panggilan tanpa biaya SMS atau telepon.

Namun, untuk beberapa bulan mendatang, pengguna ponsel tertentu mungkin tak akan bisa mengakses WhatsApp lagi.

Melansir Livemint, pengguna iPhone dan Android yang tidak memperbarui ke versi sistem operasi terbaru mungkin tak bisa menggunakan WhatsApp.

Sebab WhatsApp akan menghentikan dukungannya untuk sejumlah versi Android dan iOS.

Menurut laman FAQ layanan pengiriman pesan instan milik Facebook tersebut tertulis bahwa pengguna yang tidak memenuhi syarat minimal versi sistem operasi tidak akan lagi bisa membuat akun baru atau memverifikasi ulang akun yang sudah ada

Hal tersebut mulai berlaku pada 1 Februari 2020 mendatang. Versi sistem operasi yang dimaksud adalah iPhone dengan iOS 8 dan sebelumnya serta semua ponsel Android dengan OS Android 2.3.7 alias Gingerbread dan yang lebih lama.

Artinya, jika WhatsApp saat ini aktif di perangkat iOS 8, Anda hanya bisa menggunakannya sampai beberapa bulan lagi.

Pengguna ponsel ini tidak akan bisa menggunakan WhatsApp lagi
"Di iOS 8, Anda tidak dapat lagi membuat akun baru atau memverifikasi ulang akun yang ada," tulis WhatsApp dalam lamannya.

Baca Juga : 

Jadi pengguna iPhone akan membutuhkan iOS 9 atau lebih baru untuk menggunakan WhatsApp.

"Untuk pengalaman terbaik, kami sarankan Anda menggunakan versi terbaru iOS yang tersedia untuk ponsel Anda," tambah WhatsApp.

"Kami tidak secara eksplisit membatasi penggunaan perangkat yang di-jailbreak atau di-unblocked. Namun, karena modifikasi ini dapat memengaruhi fungsionalitas perangkat Anda.

Kami tidak dapat memberikan dukungan untuk perangkat yang menggunakan sistem sistem operasi iPhone yang sudah dimodifikasi," tambahnya.

Namun WhatsApp menerangkan pengguna ponsel dengan sistem operasi di atas akan dapat terus menggunakan WhatsApp hingga 1 Februari 2020.

Baca Juga :

WhatsApp terus mengembangkan aplikasinya untuk membuat penggunanya nyaman. Baru-baru ini, muncul fitur baru di WhatsApp, di mana WhatsApp Status bisa langsung terkoneksi dengan Facebook Story.

Bagaimana caranya? Simak langkah-langkah berikut ini. WhatsApp telah merilis fitur barunya untuk menautkan langsung WhatsApp Status ke Facebook Story.

Fitur ini sudah bisa dijajal oleh beberapa pengguna WhatsApp di Indonesia. Namun, apabila fitur itu belum muncul di aplikasi WhatsApp, kemungkinan persebaran pembaruannya belum merata.

Atau versi WhatsApp di perangkat Android dan iOS yang dimilki belum diperbarui. Dirangkum dari berbagai sumber, Opsi membagikan WhatsApp Status ke Facebook Story hadir secara khusus (dedicated).

Namun, sejatinya status tersebut tidak bisa dibagikan ke aplikasi lain, termasuk aplikasi yang berada di bawah naungan Facebook, seperti Twitter atau Telegram.

Lalu, bagaimana cara menggunakan fitur ini?

Baca Juga :

HP ini, Tahun 2020 Nggak Bisa Dipakai Chat WhatsApp

khusus smartphone berikut whatsapp tidak bisa digunakan tahun 2020 - Image from style.tribunnews.com

Dirangkum dari berbagai sumber, opsi membagikan Status WhatsApp ke Facebook Story tersedia secara dedicated, terutama untuk WhatsApp Status baru.

Opsi itu akan muncul setelah berhasil menggunggah status baru. Untuk membagikannya ke Facebook Story, cukup klik pilihan tersebut dan secara otomatis akan tersambung ke aplikasi Facebook.

Agak berbeda dengan WhatsApp Status lama yang sudah tertimpa status baru atau telah diunggah beberapa jam lalu.

Namun, apabila fitur itu belum muncul di aplikasi WhatsApp, kemungkinan persebaran pembaruannya belum merata.

Atau versi WhatsApp di perangkat Android dan iOS yang dimilki belum diperbarui.

Untuk WhatsApp Status versi lama, opsi membagikan ke Facebook Story bisa ditemukan dengan mengklik ikon titik tiga di sebelah kanan status untuk versi Android, dan opsi "My Status" di iOS.

Baca Juga :

Kemudian pilih opis "bagikan ke Facebook Story". Namun, kita harus login terlebih dahulu dengan akun Facebook.

Setelah terhubung ke Facebook akan muncul foto profil lengkap dengan pengaturan privasi konten.

Privasi itu bisa digunakan untuk menyaring, apakah Facebook Story bisa dilihat secara publik atau hanya akun yang berteman saja. Setelah diatur, kemudian pilih "bagikan sekarang".

Secara otomatis, WhatsApp Status akan muncul sebagai Facebook Story, lengkap dengan gambar dan keterangannya.

Namun, ada beberapa hal yang dibatasi saat WhatsApp Status dibagikan ke Facebook Story. Khususnya untuk WhatsApp Status yang berisi link atau tautan.

Apabila dibagikan ke Facebook Stroy, tautan tersebut hanya akan muncul sebagai teks, lebih mirip dengan bidikan layar (screen shot).

HP ini, Tahun 2020 Nggak Bisa Dipakai Chat WhatsApp

khusus smartphone berikut whatsapp tidak bisa digunakan tahun 2020 - Image from style.tribunnews.com

Artinya, tautan tersebut tidak bisa diakses secara langsung. Seperti WhatsApp, Facebook Story juga akan bertahan selama 24 jam.

Meskipun terkoneksi, kedua platform ini tidak saling berhubungan secara simultan.

Artinya, jika WhatsApp Status asli dihapus, makan konten yang sama di Facebook Story akan tetap muncul.

Demikianlah informasi mengenai beberapa smartphone yang tidak bisa menggunakan whatsapp mulai 1 februari 2020. Semoga menambah wawasan anda tentang dunia teknologi. Terimakasih.