2019, Gubernur Sumbar 12 Kali ke Luar Negeri, Berapa ya Tunjangannya?

 18 Dec 2019  Arief Prasetyo

2019, Gubernur Sumbar 12 Kali ke Luar Negeri, Berapa ya Tunjangannya?

Gubernur 12 Kali ke LN, Andre Rosiade: Kok Hobi Banget, Jokowi Saja Enggak Sampai... - Image from www.gelora.co

Apakah anda juga penasaran berapa tunjangan Gubernur, bisa tiap bulan ke luar negeri?

Owh mungkin ada pekerjaan, tapi katanya Presiden saja nggak sampai 12 kali dalam setahun.


Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Gerindra Andre Rosiade mempertanyakan kunjungan luar negeri yang dilakukan Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno.

Pasalnya, Irwan Prayitno melakukan perjalanan ke luar negeri sebanyak 12 kali pada 2019.

Bahkan, ada indikasi bahwa Irwan Prayitno melakukan 16 kali perjalanan luar negeri pada 2018.

Andre pun lalu membandingkan hal itu dengan kunjungan kerja Presiden Joko Widodo.

Baca Juga:

"Ini murni ada seorang Gubernur Sumbar yang hampir tiap bulan berangkat ke luar negeri, padahal APBD Sumbar begitu kecil, lalu kita bertanya urgensi bagi warga Sumbar apa? Kok hobi banget ya.

Pak Presiden Jokowi saja nggak sampe 12 kali setahun," ucap Andre Rosiade kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (16/12/2019).

Andre Rosiade pun menegaskan perintahnya kepada Fraksi Gerindra DPRD Sumbar untuk mengajukan hak interpelasi atas kunjungan kerja Gubernur Sumbar ke luar negeri semata-mata karena aspirasi masyarakat.

Gerindra Sumbar mengaku menangkap keresahan warga atas kunker Irwan ke luar negeri. Inisiatif hak interpelasi Irwan Prayitno karena perjalanan dinas ke luar negeri yang dianggap terlalu sering dilakukan.

Menurut Kemendagri Semua Perjalanan Gubernur Sumbar ke Luar Negeri Sesuai Aturan

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mengatakan semua perjalan Irwan ke luar negeri sudah sesuai aturan. "(Gubernur) Sumbar kan sudah sesuai ketentuan perundangan-undangan.

Sudah ada izinnya saya sudah konfirmasi ke Kepala Biro Fasilitasi Kerja Sama Luar Negeri Kemendagri Nelson Simanjuntak sudah sesuai aturan perundangan-undangan," kata Kepala Pusat Penerangan Kemendagri, Bahtiar, saat dihubungi, Senin (16/12/2019).

Namun, Bahtiar mengaku tak hafal berapa kali Irwan pergi ke luar negeri dalam kurun waktu tertentu. Dia hanya memastikan semua perjalanan dilakukan Irwan sesuai prosedur yang berlaku.

"Itu sesuai dengan ketentuan perundang-undangan. Jumlahnya nggak tahu semua perjalanan Gubernur Sumbar selama jadi Gubernur semuanya sesuai dengan peraturan perundang-undang, prosedurnya, ada izinnya tapi berapanya nggak.

Tapi saya sudah konfirmasi ke Pak Nelson semua perjalanan gubernur Sumbar sesuai ketentuan perundangan-undangan," ucap Bahtiar.

Baca Juga:

Sebelumnya, Andre Rosiade mempertanyakan kunjungan Gubernur Sumbar dan membandingkannya dengan kunker Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke luar negeri.

Irwan Prayitno sendiri disebut melakukan 12 kali perjalanan ke luar negeri sebagai Gubernur Sumbar pada 2019 untuk memenuhi undangan.

"Ini murni ada seorang Gubernur Sumbar yang hampir tiap bulan berangkat ke luar negeri, padahal APBD Sumbar begitu kecil, lalu kita bertanya urgensi bagi warga Sumbar apa? Kok hobi banget ya.

Pak Presiden Jokowi saja nggak sampe 12 kali setahun," ucap Andre di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (16/12)

Andre mengaku mendapatkan data kunjungan kerja Gubernur Irwan ke luar negeri. Data valid yang dia ketahui adalah soal kunjungan luar negeri Gubernur Sumbar selama tahun 2019.

"Menurut data yang kami dapatkan hampir setiap bulan pergi ke luar negeri, hampir setiap bulan. Bahkan ada yang satu bulan itu dua kali. Data yang sudah saya dapatkan secara valid 2019 ini saja sudah 12 kali kunjungan ke luar negeri," kata Andre.

"2018 katanya lebih banyak, tapi saya belum pegang data validnya, indikasinya 16, katanya 2018, tapi data validnya saya lagi tunggu secara resmi. Yang pasti yang valid 2019 itu 12 kali," sambungnya.

Baca Juga: Awas Jika 3 Aplikasi ini Ada di HP Anda, Artinya WhatsApp Anda Disadap

Irwan juga sudah angkat bicara soal kunjungan kerjanya sebagai Gubernur Sumbar ke luar negeri yang jadi sorotan. Dia menanggapi santai upaya Gerindra Sumbar mengajukan hak interpelasi.


"Nggak masalah, itu hak DPRD terhadap pemerintah daerah. Kalau memang itu ada, kita terima, kita layani apa yang mau ditanya, kita jawab semuanya, nggak masalah," kata Irwan Prayitno kepada detikcom, Senin (16/12).

Irwan menegaskan semua kunjungan luar negerinya sesuai dengan aturan. Selain mengantongi izin, Irwan sepulang dari luar negeri pun menyusun laporan dan membawa manfaat untuk daerahnya.