Apakah Satria Fu 150 Masih Worth It di Tahun 2019?

 15 Nov 2019  Arief Prasetyo

Apakah Satria Fu 150 Masih Worth It di Tahun 2019?

Satria fu 2012 warna merah menjadi primadona anak muda saat awal kemunculannya sampai sekarang. - Image from cabangmodifikasi.blogspot.com

Siapa yang tak kenal dengan Suzuki Satria fu 2012 ? Motor bebek yang banyak disebut ayam jago ini memiliki desain dan karakter yang khas.

Sejak awal kemunculannya tahun 2004, banyak diminati anak muda penggila kecepatan terutama dengan livery Satria Fu 2012 merah dan juga satria fu 2012 biru hitam

Sampai saat ini penjualan motor bekasnya relatif tinggi di Indonesia dibanding varian lainnya. Harga Satria Fu 2012 bekas juga masih tergolong standar untuk motor keluaran tahun 2012.

Hingga saat ini Satria FU 2012 masih banyak diincar orang-orang. Namun, tahu nggak apa sih yang menjadi alasan banyak orang memilih Satria FU 2012 di tahun ini? 

Untuk kamu yang sedang ingin membeli Satria Fu 2012 bekas, kamu perlu tahu beberapa alasan berikut ini agar lebih yakin memilih Satria Fu 2012 ini sebagai tunggangan kamu di tahun 2019 ini.

Simak penjelasannya dibawah ini

Baca Juga : 
1. Terbongkar, Ini Rahasia Menghilangkan Retakan Pada Speedometer Motor! Dijamin Ampuh
2. Lengkapi Surat-Surat Kendaraan Anda, Tak Ada SIM Motor Bakal Ngandang

Apa Saja Sih yang Membuat Satria Fu 2012 Masih Diminati?

Sebagai pengganti atau penerus, pabrikan Suzuki mengeluarkan Suzuki All New Satria F-150 FI atau Satria FU yang sudah menggusung teknologi injeksi.

Seperti disebutkan di awal, setelah dinyatakan stop produksi, peminat Suzuki Satria Fu 2012 karburator tetap banyak, karena peminat dan yang cari unit sekennya masih banyak, itu lantas bikin harga seken atau bekas Suzuki Satria Fu 2012 versi karburator naik di beberapa sentra penjualan motor bekas.

Beberapa merek dan tipe motor yang sudah diskontinu malah menjadi buruan oleh konsumen.

Contoh merek dan tipe motor yang sudah diskontinu adalah Suzuki Satria Fu 2012 atau Satria FU yang masih menggunakan karburator pada 2016 lalu.

Sebagai pengganti atau penerus, pabrikan Suzuki mengeluarkan Suzuki All New Satria Fu 150 FI atau Satria FU yang sudah menggusung teknologi injeksi.

Seperti disebutkan di awal, setelah dinyatakan stop produksi, peminat Suzuki Satria Fu 2012 karburator tetap banyak, karena peminat dan yang cari unit sekennya masih banyak, itu lantas bikin harga seken atau bekas Suzuki Satria Fu 2012 versi karburator naik di beberapa sentra penjualan motor bekas.

“Satria Fu 150 tipe karbu, terutama untuk tahun 2012-2015 peminatnya masih lumayan banyak ketimbang Satria Fu 150 versi injeksi. Harga pasarannya sekarang berkisar Rp 15 jutaan jika kondisi bagus dan mulus. Padahal tahun lalu harga bekasnya masih di Rp 14 jutaan”

Alasan beberapa konsumen masih mencari hyperunderbone Suzuki yang masih mengandalkan sistem pengabutan bahan bakar pakai karburator itu karena desain veris lama dirasa masih jauh lebih oke ketimbang Satria F-150 injeksi.

Penjelasan lain, beberapa konsumen menganggap tipe karburator masih lebih mudah dioprek, juga ketersedaian komponen masih lebih banyak ketimbang Satria F-150 versi injeks

Berikut kelebihan dan kekurangan Satria Fu 2012

KELEBIHAN :

  • Model Sporty dan garang.
  • Satria FU cocok untuk menembus kemacetan.
  • Tarikan yang sangat kencang.
  • Body yang simpel mempermudah pembersihan.
  • Nyaman di tikungan.
  • Spedometer digital, memberikan secara tepat kecepatan saat melaju.
  • Terdapat radioator pendingin oli.
  • Memiliki Body yang ramping, nyaman dijalanan kota sangat cocok untuk anak muda.
  • Mudah dalam melakukan Modifikasi
  • Terdapat pilihan mode riding : irit, power, normal.
  • Lampu yang terang (repair dari keluaran 2005 pada lampu depan yang gelap)

KEKURANGAN :

  • Getaran akan muncul saat kecepatan tinggi.
  • Posisi tempat duduk saat berboncengan terasa kurang nyaman.
  • Tensioner rantai keteng yang sangat rapuh.
  • Konsumsi bahan bakar yang terhitung boros.
  • Tangki bensin terlalu kecil sehingga Anda harus sering mampir ke pom bensin.


Spesifikasi Satria Fu 2012

Kapasitas mesin 150 cc , Mesin 1 silinder DOHC, Transmisi 6 percepatan

Apakah Satria Fu 150 Masih Worth It di Tahun 2019?

satria fu 2012 - Image from fherrypramana01.blogspot.com

Menggunakan teknologi moge suzuki, bermesin Twin Cam atau DOHC, 4-valve, 4-stroke, 150cc, dilengkapi air-cooled/sacs (suzuki advanced cooling system) didukung transmisi 6-percepatan yang responsif.

Baca Juga :
1. Fakta Penyebab Balap Liar Susah Diatasi yang Aksinya Seringkali Meresahkan Masyarakat
2. Jangan Kredit Motor/Mobil/Rumah, Dosa Riba Sebesar 36X Zina, "Halah yang Penting Nggak Nyolong

Alasan Para Pria Memilih Satria Fu 2012 di tahun 2019


1. Teknologi DOHC 4 Valve 

Teknologi ini merupakan teknologi terbaru dalam mesin motor yang diganakan untuk menyeimbangkan dan menambah kecepatan menengah dan tinggi. Fungsinya jelas, agar ketika sepeda motor digeber bisa melampaui kecepatan maksimun yang biasanya sudah tidak bisa dilaksanakan oleh sepeda bebek biasa. 

2. Desain Sporty 

Seperti yang dibahas sebelumnya desain sporty merupakan salah satu faktor penting ketika pembeli memilih sepeda. Satria FU menampilkan desain motor yang berbeda dengan sebelumnya. Hal ini juga meningkatkan penjualan Suzuki, dengan memakai body yang ramping namun tetap stylish, Satria FU tetap mempertahankan posisinya di penjualan sepeda motor untuk para laki laki. 

3. Warna Ngejreng Namun Tetap OK 

Perpaduan warna yang menarik memang bisa jadi andalan dan keberanian Suzuki Satria FU 2013 ini. Salah satunya yang bisa saya komentari adalah warna pink yang dipakai, meskipun cowok atau laki, warna pink yang tergolong warna feminim bisa menarik perhatian lawan jenis pecinta warna pink, ditambah dengan variasi dan mempertahankan kesan Sporty menambah kelebihan di lini tampilan. 

4. Kecepatan Tinggi 

Memang tidak semua orang suka dengan kecepatan tinggi, ini juga yang di target oleh Suzuki untuk segmen pembeli yang suka tantangan lebih, ketika membeli motor Suzuki Satria FU ini pembeli akan penasaran tentang bagaimana kecepatan sebenarnya dari sepeda ini. 

5. Indikator Digital 

Untuk motor Satria FU 2013, memang menggunakan indikator digital agar terlihat lebih modern dan canggih. 

6. Disukai Oleh Para Wanita 

Meskipun bukan alasan teknis, namun ini juga berpengaruh pada penjualan FU 150, dikarenakan body nya yang ramping dan menawan, banyak kaum hawa yang mengidolakan motor ini. Sepeda bebek sporty yang juga bisa digunakan oleh para perempuan, meskipun memang tidak semua perempuan suka pada kecepatan tinggi. 

7. Mendongkrak Penampilan 

Sebagai salah satu motor bebek terlaris, salah satu alasan cowok untuk membeli Satria FU adalah karena dengan memakai atau menunggangi motor ini bisa menambah dan mendongkrak penampilan si pemilik motor, ini juga alasan serius mengapa motor Sporty masih tetap di gemari di Indonesia. 

8. Mudah di Modifikasi 

Sepeda ini mudah untuk ditambahkan atau dikurangi dalam spare partnya, oleh karena itu sepeda Satria FU adalah sepeda yang cocok untuk modifikasi. Karena pada dasarnya memiliki desain yang menarik dengan memodifikasi sedikit bisa menambah penampilan sepeda ini.

Apa Saja yang Harus di Cek Ketika Membeli Satria Fu 2012 ?

Apakah Satria Fu 150 Masih Worth It di Tahun 2019?

Cek dulu sebelum anda beli bekas motor Satria Fu 2012 - Image from otojurnalisme.com

Beberapa hal yang harus anda lakukan sebelum membeli Satria Fu 2012 bekas :

  • As sok depan diberi pelindung.
  • Pengereman harus normal.
  • Cek kondisi monoshock, pastikan tidak ada kebocoran atau rembesan oli.
  • Cek gir set jika telah aus
  • Cek Speedometer berjalan normal atau tidak.
  • Kondisi oil cooler normal, agar tidak mengganggu pen­dinginan mesin.
  • Ganti aki jika sudah soak.

Harga Bekas Satria Fu 2012

Apakah Satria Fu 150 Masih Worth It di Tahun 2019?

Harga Satria Fu 2012 lebih terjangkau - Image from www.bukalapak.com

Meski masih banyak yang meminati model Satria F150 lama, bukan berarti penjualan Satria Fu 150 injeksi sepi.

Menurut beberapa pendapat, penjualan Satria Fu 150 2012 di dealer Second masih tetap tinggi peminat pengingat beberapa tahun ini .

"Per bulan rata-rata kami bisa menjual 30 unit perbulan. Jadi demam motor 150 cc memang masih cukup tinggi

Satria fu 150 harga bekas sekitar Rp. 8 Jutaan, sebagai contoh, Suzuki Satria F150 Fi warna MotoGP 2018, bekasnya di Jakarta dan Bandung rata-rata dijual Rp. 14,9 Jutaan, untuk harga barunya masih berkisar  Rp. 23,6 Jutaan.

Sementara Suzuki Satria FU150 bekas tahun 2017 di Jakarta dijual dengan harga rata-rata Rp. 13 jutaan dengan kondisi motor masih mulus dan surat-surat lengkap.

Untuk Suzuki Satria FU 150 karbu bekas tahun 2014 dijual dengan harga Rp. 10 jutaan.