Wahai Wanita, Jangan Sedih Saat Keguguran, Ini Imbalannya Dari Allah SWT 

Penulis Arief Prasetyo | Ditayangkan 14 Feb 2020

Wahai Wanita, Jangan Sedih Saat Keguguran, Ini Imbalannya Dari Allah SWT 

keguguran - Image from facebook.com

Jangan bersedih dan gundah, Allah akan menggantinya

Kehilangan buah hati yang sangat dinanti" pastinya membuat luka dihati setiap orangtua. Pasalnya sudah menanti-nanti datangnya keluarga baru, tetapi jika Allah berkehendak lain bisa berbuat apa. 

Namun dibalik itu semua bukan berarti Allah akan membiarkan begitu saja, Allah berjanji akan mengganti dengan lebih baik.

Kehilangan buah hati saat masih dalam kandungan tentunya membuat orangtua, khususnya ibu, merasa sangat terpukul dan sedih. Keguguran bisa terjadi di trimester berapa pun, bahkan ketika jelang persalinan.

Dikutip dari Bincang Muslimah, penting untuk mengetahui ada balasan yang begitu besar untuk para ibu yang mengalami keguguran. Asalkan, tetap berprasangka baik terhadap Allah SWT.

Selalu ada balasan yang membahagiakan bagi setiap orang yang ditimpa musibah, dan kemudian ia bersabar karenanya. Termasuk seorang ibu yang mengalami keguguran.

Meninggalnya calon bayi karena keguguran yang tidak disengaja, kemudian sang ibu menerima dengan hati yang ikhlas dan sabar, dijanjikan surga dari Allah SWT.
Hal tersebut sesuai dengan hadist berikut :

Baca Juga:

عَنْ أَبِي حَسَّانَ قَالَ قُلْتُ لِأَبِي هُرَيْرَةَ إِنَّهُ قَدْ مَاتَ لِيَ ابْنَانِ فَمَا أَنْتَ مُحَدِّثِي عَنْ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بِحَدِيثٍ تُطَيِّبُ بِهِ أَنْفُسَنَا عَنْ مَوْتَانَا قَالَ قَالَ نَعَمْ صِغَارُهُمْ دَعَامِيصُ الْجَنَّةِ يَتَلَقَّى أَحَدُهُمْ أَبَاهُ أَوْ قَالَ أَبَوَيْهِ فَيَأْخُذُ بِثَوْبِهِ أَوْ قَالَ بِيَدِهِ كَمَا آخُذُ أَنَا بِصَنِفَةِ ثَوْبِكَ هَذَا فَلَا يَتَنَاهَى أَوْ قَالَ فَلَا يَنْتَهِي حَتَّى يُدْخِلَهُ اللَّهُ وَأَبَاهُ الْجَنَّة

Artinya: "Dari Abu Hasan dia berkata, ‘Aku berkata kepada Abu Hurairah; Kedua putraku telah meninggal, Apakah kamu mendengar dari Rasulullah sebuah hadits yang dapat engkau bacakan untuk kami, dengannya kami dapat menenangkan hati kami dari kesedihan atas sepeninggalnya anak-anak kami?' Abu Hurairah berkata; Ya; 'Anak-anak kecil mereka berlarian di surga dengan bebas, salah seorang dari mereka berjumpa dengan bapaknya atau kedua orangtuanya, lalu dia meraih ujung bajunya, atau beliau mengatakan; ‘Dengan tangannya sebagaimana aku memegang ujung bajumu ini, dia tidak akan berpisah dengan bapaknya sehingga Allah memasukkan dia dan bapaknya ke dalam surga.” (HR. Muslim)

Baitul Hamdi

Tidak hanya itu, Allah juga telah menyiapkan bangunan indah dan kokoh yang bernama Baitul Hamdi. Bangunan tersebut untuk ibu dan orangtua yang sabar menghadapi bingkisan cobaan dari-Nya berupa keguguran. Dari Abu Musa Al-Asy’ari radhiyallahu ‘anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

إِذَا مَاتَ وَلَدُ الْعَبْدِ قَالَ اللَّهُ لِمَلاَئِكَتِهِ قَبَضْتُمْ وَلَدَ عَبْدِى. فَيَقُولُونَ نَعَمْ. فَيَقُولُ قَبَضْتُمْ ثَمَرَةَ فُؤَادِهِ. فَيَقُولُونَ نَعَمْ. فَيَقُولُ مَاذَا قَالَ عَبْدِى فَيَقُولُونَ حَمِدَكَ وَاسْتَرْجَعَ. فَيَقُولُ اللَّهُ ابْنُوا لِعَبْدِى بَيْتًا فِى الْجَنَّةِ وَسَمُّوهُ بَيْتَ الْحَمْدِ

Artinya: “Apabila anak seorang hamba meninggal dunia, Allah berfirman kepada malaikat-Nya, 'Kalian telah mencabut nyawa anak hamba-Ku?' Mereka berkata, 'Benar', Allah berfirman, 'Kalian telah mencabut nyawa buah hatinya?, Mereka menjawab, 'Benar'. Allah berfirman, 'Apa yang diucapkan oleh hamba-Ku saat itu?', Mereka berkata, 'Ia memujimu dan mengucapkan istirja’ (innaa lilaahi wa innaa ilaihi raaji’uun).” Allah berfirman, 'Bangunkan untuk hamba-Ku di surga, dan namai ia dengan nama baitul hamdi (rumah pujian).” (HR. Tirmidzi)

Artikel Terkait
viral minggu ini

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa
share fb