Benarkah Kopi dan Durian Bisa Bikin Mati? Ini Fakta yang Sebenarnya

Penulis Arief Prasetyo | Ditayangkan 13 Feb 2020

Benarkah Kopi dan Durian Bisa Bikin Mati? Ini Fakta yang Sebenarnya

Benarkah, Kopi dan Durian Bikin Mati? Ini Penjelasannya - Image from kumparan.com

Apa iya bisa bikin mati?

Hal ini berkembang dengan adanya kasus kematian yang berkaitan dengan durian dan kopi. Padahal belum terbukti korelasinya. Apakah isu tersebut benar? Simak faktanya berikut ini

Ada anggapan yang berkembang di kalangan masyarakat bahwa setelah menyantap durian lantas bersamaan atau beberapa saat kemudian menenggak kopi, bisa membikin orang tersebut limbung dan akhirnya semaput hingga meninggal.

Pandangan ini berkembang seiring dengan adanya kasus-kasus kematian yang dikaitkan dengan menyantap durian dan meminum kopi bersamaan yang belum terbukti korelasinya.

Sandi, 26 tahun, pemuda warga Desa Suluan, Kecamatan Tombulu, Kabupaten Minahasa, Sulawesi Utara. Pada Kamis (7/2) dini hari, Sandi ditemukan meregang nyawa setelah diketahui beberapa jam sebelumnya mengkonsumsi durian dan minum kopi.

Sandi sempat kejang-kejang sebelum akhirnya tubuhnya membiru dan tidak lagi bernyawa, seperti dikutip dari Kompas. 

Pihak keluarga menolak otopsi jenazah Sandi. Polisi akhirnya hanya melakukan olah TKP di kamar kos pacarnya tempat Sandi meregang nyawa. 

Selain makan durian dan minum kopi, Sandi juga sempat menenggak minuman energi dan berhubungan intim dengan kekasihnya sebelum akhirnya dinyatakan meninggal dunia.

Baca Juga:

Mitos mengkonsumsi durian lantas meminum kopi dapat menyebabkan kematian memang hanyalah isapan jempol belaka. Pasalnya, selalu ada faktor lain yang mengiringi kematian seseorang tersebut. Durian dan kopi tidak bisa dijadikan tersangka tunggal.

Setidaknya ini yang dijelaskan oleh dr Diana F. Suganda, M.Kes., SpGK dari Rumah Sakit Ibu dan Anak (RSIA) Asih, Panglima Polim dan Rumah Sakit Pondok Indah (RSIP) Bintaro Jaya.

"Enggak ada sampai meninggal kalau tidak ada penyakit tertentu. Saya rasa dari makanan itu (durian dan kopi) enggak deh. Cuma durian dan kopi engga bikin meninggal. Pasti ada penyakit yang lain," ujar Diana.

Menurut Diana, durian justru buah yang bagus karena berserat tinggi dan mengandung vitamin C yang tinggi. Namun, karena durian juga mengandung kalori yang cukup tinggi, yang perlu diwaspadai adalah untuk tidak mengkonsumsinya terlalu banyak.

Makan durian bersamaan dengan menikmati kopi bahkan menjadi sebuah sajian khas di sejumlah tempat. Di Gunungkidul, Yogyakarta misalnya, pada musim durian November dan Desember 2018, beberapa penjual durian selain menjajakan dagangannya turut menjual menu kopi durian.

Segelas kopi hitam panas dicelupkan sebutir buah durian. Menurut penjualnya, konsumen bakal merasakan "sensasi lain" ketika menyeduh segelas kopi durian.

Lain lagi dengan sebuah kedai kopi di Tendean, Jakarta Selatan.

Kedai kopi tersebut menyajikan latte kopi dari jus buah-buahan termasuk buah durian. Diklaim, konsumen bakal menikmati sensasi minum kopi dengan cita rasa buah yang menonjol.
Di balik segala kebaikan yang terkandung dalam buah durian, mengkonsumsi secara berlebihan sangat tidak dianjurkan. 

Gangguan kesehatan tidak hanya membikin penumpukan lemak pada tubuh, tetapi juga dapat bereaksi lain seperti kembung, gangguan pencernaan, dan rasa tidak nyaman akibat organ hati yang bekerja keras memetabolisme lemak dan gula.

Artikel Terkait
viral minggu ini

BAGIKAN !

Jika kontent kami bermanfaat
share wa
share fb